Tuesday, February 23, 2016

Info Ibu Hamil yang Patut untuk Dicermati Seputar Ngidam


info ibu hamil
Friso Indonesia
Info ibu hamil tidak melulu membahas seputar hal-hal yang berat seperti kesehatan ibu hamil, keluhan pada masa kehamilan, atau tentang gangguan yang mungkin terjadi pada janin. Kali ini, ibu akan mendapatkan hal yang sepele namun bisa memperluas wawasan ibu seputar ibu hamil, yaitu tentang ngidam.
Apa yang ibu ketahui tentang ngidam? Apakah ibu percaya jika ibu yang saat ini hamil dan ngidam terhadap sesuatu, keinginan apapun harus dituruti? Banyak sekali orang yang percaya bahwa apabila keinginan ibu hamil yang sedang ngidam tidak dituruti, maka bayi akan lahir dan sering mengeluarkan air liur. Apakah ibu juga bekeyakinan hal yang sama seperti itu?
Sebenarnya, ngidam ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Artinya, para ahli kesehatan mengatahui apa sebenarnya yang membuat seorang ibu hamil ngidam. Berikut info ibu hamil yang patut untuk ibu ketahui.
Ngidam dan Kebutuhan Nutrisi
Mungkin ibu tidak sadar bahwa ketika ibu ngidam dengan makanan tertentu, maka itu artinya tubuh ibu secara otomatis memberikan tanda bahwa ada nutrisi yang kurang dan butuh untuk segera dicukupi.
Seperti contoh, banyak ibu yang ngidam ingin mengkonsumsi cokelat. Itu bukan berarti janin dalam kandungan ingin sekali makan cokelat tapi tubuh kekurangan zat yang terkandung di dalam cokelat seperti magnesium.
Lalu, bagaimana jika ibu hanya menginginkan cokelat dengan merk tertentu saja? Sebenarnya, keinginan ini juga dipengaruhi oleh pengetahuan serta kesenangan ibu saja. Pada dasarnya, tubuh ibu hanya memberikan tanda saja bahwa ada zat yang kurang di mana zat tersebut bisa didapatkan dari cokelat. Hanya saja, selama ini, ibu tahu ada cokelat yang sangat ibu suka sehingga secara otomatis ibu ingin sekali atau ngidam ingin makan cokelat dengan merk tertentu.
Ada beberapa hal berkaitan Info seputar ibu hamil yang pada dasarnya berhubungan dengan hal medis sering dianggap mitos saja. Contohnya saja ngidam. Masyarakat awam menganggap ngidam merupakan keinginan janin. Padahal, itu seolah menjadi alarm dari tubuh saja.
Lalu, bagaimana jika seorang ibu ngidam bukan tentang makanan tapi sesuatu hal yang lain selain makanan? Seperti contoh seorang ibu hamil ingin pergi ke suatu tempat.
Sebenarnya, untuk hal seperti itu bukan juga keinginan janin. Seperti kasus ngidam cokelat, kenapa ibu hamil hanya ingin makan cokelat dengan merk tertentu karena memang itu berdasarkan pengetahuan serta kesukaan ibu, bukan? Begitu juga dengan ngidam ingin pergi ke suatu tempat. Tidak lain itu hanya keinginan ibu saja.
Ngidam yang Berbahaya
Apakah ada seorang ibu hamil yang ngidam hal yang berbahaya? Tentu saja ada. Ada keinginan ibu yang sangat kuat untuk mengkonsumsi makanan tertentu misalnya yang sebenarnya makanan tersebut bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Seperti contoh, ibu senang sekali makanan mie instan rasa tentu dan selama masa kehamilan ibu berusaha untuk menghindari mengkonsumsi mie instan tersebut. Tentu saja keinginan masih ada sehingga seolah-olah ibu sedang ngidam mie instan.
Apakah ibu akan tetap makan mie instan? Akan lebih baik jika ibu menahan karena jelas mie instan tidak bagi perkembangan janin dalam kandungan walalupun sebenarnya ada ibu hamil yang masih diperbolehkan mengkonsumsi mie instan. Apakah ibu termasuk yang diperbolehkan? Silakan konsultasi kehamilan untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janin sehingga ibu bisa tahu apakah mie instan boleh makan mie instan dalam kadar tertentu atau tidak boleh sama sekali.
Semoga informasi ini membuka wawasan ibu tentang kehamilan. Update terus pengetahuan ibu seputar info ibu hamil tentang ngidam.

No comments:

Post a Comment