Thursday, February 25, 2016

Khawatir Obesitas Saat Mengandung? Ikuti Info ibu hamil Berikut Ini

info ibu hamil
Ibu dan Balita

Info ibu hamil berikut ini pantas untuk perhatikan khususnya bagi wanita yang sudah pernah mengalami masalah dengan berat badan yang berlebihan. Masalah berat badan yang berlebihan sering disebut dengan obesitas. Bagi wanita yang tidak sedang mengandung, keluhan kesehatan yang satu ini sangatlah berbahaya, apalagi bagi ibu yang sekarang sedang mengandung.



Perlu dilakukan langkah-langkah penting agar obesitas bisa dicegah. Apalagi jika ibu pernah mengalami masalah obesitas sebelumnya, ibu harus ekstra hati-hati.

Bahaya Obesitas pada Ibu Hamil

Apakah obesitas yang ibu derita bisa berakibat pada janin dalam kandungan? Tentu saja. Setiap masalah kesehatan yang dialami oleh ibu hamil bisa berimbas pada bayi dalam rahim. Itulah pentingnya menyimak info seputar ibu hamil agar ibu tahu apa saja yang harus ibu lakukan agar janin selalu sehat hingga proses melahirkan nanti.

Diabetes bisa mengakibatkan keguguran. Meskipun terdengar tidak mungkin, tapi para ahli kesehatan ibu hamil mengatakan bahwa salah satu penyebab bayi keguguran adalah obesitas yang dialami oleh seorang ibu hamil. Mungkin selama ini ibu hanya tahu bahwa keguguran itu sering diakibatkan kurangnya asupan protein sehingga bayi tidak berkembang normal atau ibu jatuh sehingga goncangan pada rahim membuat janin gugur. Namun, ternyata, menurut info ibu hamil, obesitas juga termasuk faktor penyebab keguguran.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya lagi kenapa ibu harus mengantisipasi obesitas saat hamil adalah resiko bayi lahir dengan keadaan cacat tulang belakang. Sebenarnya inilah yang menjadi titik terpenting kenapa dokter kandungan sangat menekankan agar ibu hamil yang mengalami masalah obesitas harus segera mendapatkan treatment yang tepat.

Tentu saja ada lagi gangguan lain yang bisa terjadi pada bayi jika ibu mengalami obesitas. Jika obesitas yang ibu alami sudah sangat parah, sebaiknya ibu melakukan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan. Untuk langkah pencegah, apa yang harus ibu lakukan?

Cara Mengatasi Obesitas untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi obat diet tentu bukan cara yang tepat. Pasalnya, obat diet biasanya membuat ibu kehilangan nafsu makan dan jelas hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Seorang ibu hamil harus lebih banyak makan agar nutrisi yang dibutuhkan janin untuk perkembangan tercukupi. Hanya saja, yang perlu ibu lakukan adalah bagaimana menerapkan pola makan yang tidak membuat ibu mengalami obesitas.

Hal pertama yang harus ibu lakukan adalah menghindari fast food. Tahukah ibu bahwa fast food itu menjadi penyebab obesitas di Amerika Serikat? Dan jika ibu masih saja mengkonsumsi fast food, bukan tidak mungkin ibu akan mengalami obesitas. Sebaiknya ibu cari info ibu hamil yang menjelaskan tentang menu makanan mudah dibuat dan sehat untuk ibu hamil.

Lebih dari itu, ibu harus banyak bergerak, entah melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki setiap pagi. Akan lebih banyak mendapatkan manfaat jika ibu mengikuti program ibu hamil seperti program senam ibu hamil atau yoga untuk ibu hamil. Jadi, selain mencegah obesitas, ibu juga akan lebih fit dan lebih siap untuk menjalani masa kehamilan.

Istirahat yang cukup juga tak kalah penting. Banyak ibu hamil yang memiliki masalah dengan kualitas tidur. Ada juga yang mengalami insomnia. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin ibu akan mengalami obesitas.

Jadi, sebenarnya tidak sulit untuk menerapkan cara mengatasi serta mencegah obesitas. Yang diperlukan hanyalah kemamuan serta konsistensi ibu dalam menerapkan info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment