Monday, February 15, 2016

Pertanyaan Seputar Perawatan Rambut yang Sering Ditanyakan Di Forum Info Ibu Hamil


info ibu hamil
 Ibu dan Balita

Info ibu hamil kali ini merupakan rangkuman dari beberapa pertanyaan yang sering diajukan di forum kehamilan. Pertanyaan tersebut seputar aman atau tidakkah mendapatkan perawatan rambut saat hamil.

Kelihatannya memang tidak masalah jika ibu mendapatkan perawatan rambut. Walaupun sedang hamil, ibu juga membutuhkan penampilan yang stylish, bukan? Apalagi jika ibu adalah seorang wanita karir. Tentu penampilan ibu harus diperhatikan.
Namun, jangan asal-asalan dalam merawat rambut ketika ada janin di dalam kandungan. Berikut pertanyaan yang sering diajukan oleh ibu hamil. Semoga info ibu hamil kali ini bermanfaat.
Bolehkah Mewarnai Rambut Saat Hamil?
Saat ini, mewarnai rambut menjadi trend. Dulu, mewarnai rambut mungkin hanya dilakukan oleh wanita muda yang ada di kota besar saja. Saat ini, tidak hanya wanita muda saja, ibu-ibu juga suka untuk mewarnai rambut karena tidak ingin kalah trendy dengan wanita muda. Ibu juga bisa lihat tidak hanya wanita yang tinggal di kota besar saja yang mulai berani tampil beda dengan mengecat rambut mereka.
Namun, pertanyaannya adalah ketika ibu sedang hamil, bolehkah ibu mewarnai rambut?
Menurut para ahli kesehatan, mewarnai rambut memang tidak berbahaya. Hanya saja, resiko terjadinya hal-hal yang berbahaya bisa terjadi. Ibu pasti tahu ada zat kimia yang ada di dalam produk cat rambut. Dikhawatirkan, zat kimia tersebut masuk ke dalam pembuluh darah dan akhirnya menuju ke seluruh tubuh. Lebih mengkhawatirkan lagi jika hal tersebut mengganggu perkembangan janin dalam kandungan.
Bagaimana jika ibu menggunakan pewarna rambut yang tidak mengandung zat kimia? Untuk produk yang satu ini, sangat diperbolehkan. Hanya saja, apakah ibu yakin semua zat yang ada di dalam produk tersebut benar-benar alami tanpa sedikitpun mengandung zat kimia? Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ibu menahan diri dulu. Jangan mengecat rambut hingga nanti setelah proses persalinan.
Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Curling?
Rambut keriting memang sudah tidak lagi menjadi trend saat ini. Hanya saja, banyaknya style rambut di mana seorang wanita harus menggunakan curling iron membuat trend rambut keriting dengan gaya yang sedikit lebih beda masih ada.
Ternyata, dari beberapa info ibu hamil seputar perawatan rambut, tidak ada masalah jika ibu menggunakan curling iron ketika hamil. Hal tersebut tidak akah membahayakan janin dalam kandungan.
Bolehkah Perawatan Creambath saat Hamil?
Untuk perawatan rambut yang satu ini, ada pro dan kontra. Lagi-lagi masalah kandungan di dalam produk creambath. Menurut info ibu hamil trimeseter pertama, sebaiknya ibu hamil muda tidak usah melakukan perawatan creambath karena dikhawatirkan zat kimia yang ada di dalam produk tersebut membahayakan bagi perkembangan janin. Apalagi usia janin yang masih belum sempurna. Jelas sekecil apapun hal yang bisa membahayakan bayi dalam kandungan sebaiknya dihindari.
Bahkan, pemakaian shampoo khusus untuk menghilangkan ketombe saja tidak dianjurkan. Pasalnya, shampoo yang seperti ini biasanya mengandung bahan kimia yang sangat kuat.
Jika ibu ingin melakukan perawatan rambut, alangkah lebih baik jika ibu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil saja. Karena pada dasarnya, makananlah yang memberikan nutrisi untuk semua organ tubuh, terutama rambut. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil, ibu tidak hanya akan mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil dalam kandungan, tapi sekaligus menjaga kesehatan rambut.
Sekecil apapun resiko buruk yang mungkin terjadi, sebaiknya ibu hindari ketika ibu sedang hamil. Semoga ibu menjadi lebih bijak dalam menenutukan sikap untuk menjaga kesehatan rambut setelah mengetahui info ibu hamil ini.

No comments:

Post a Comment