Tuesday, September 6, 2016

Masih Menyepelekan Tips Ibu Hamil Muda? Tidak Lagi Jika Ibu Tahu Hal Ini


Kematian bayi ketka sudah dilahirkan ke dunia ternyata bisa disebabkan karena nutrisi yang dikonsumsi saat ibu hamil. Ini fakta yang harus diketahui oleh semua ibu hamil.



Dengan satu harapan, agar setiap ibu hamil memperhatikan nutrisi yang mereka penuhi selama masa kehamilan.

Kesimpulan bawasannya bayi rentan terhadap penyakit dan akhirnya meninggal dalam usia yang masih sangat belia diambil dari penelitian yang dilakukan oleh Britain’s Medical Research Council.

Bahkan, peneliti juga bisa membuat skala di mana bayi yang selama masih di dalam rahim tidak mendapatkan nutrisi yang cukup 7 kali lebih beresiko meninggal.

Itulah aneh jika masih saja ada orang yang menganggap tips ibu hamil muda itu hal yang sepele. Mungkin jika mereka sudah tahu fakta mengerikan tentang pentingnya nutrisi kehamilan tersebut di atas, mereka akan sadar dan akan selalu berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan.

Memang tips untuk ibu hamil muda tidak hanya berkisar antara makanan atau minuman yang bergizi saja. Tentu ada hal lain selain nutrisi seperti olahraga.

Proses Metilasi
Tentu ibu mudah sekali mendapatkan tips menjaga kehamilan. Tips tersebut bisa ibu dapatkan dari mana saja, seperti dari internet atau bertanya langsung kepada para ahli kesehatan.

Tapi di sini yang juga harus ibu ketahui adalah proses metilasi. Karena ini yang berhubungan dengan kesehatan bayi saat ibu sudah lahirkan nanti.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bayi yang saat masih di dalam rahim tidak mendapatkan nutrisi yang cukup berisiko meninggal. Dan risiko tersebut cukup tinggi.

Itu disebabkan proses metilasi yang kurang baik. Saat proses metilasi, gen yang bertugas mengatur sistem kekebalan tubuh janin ternyata lebih aktif. Saat itulah yang paling penting karena berpengaruh terhadap kesehatan bayi ketika sudah lahir.

Proses metilasi ini akan berjalan lancar dan kekebalan tubuh janin akan meningkat jika seorang ibu hamil rajin mengkonsumsi sayur-sayuran hijau yang masih segar. Hal ini pula yang menjadi salah satu kesimpulan yang disampaikan oleh peneliti di Britain’s Medical Research Council.

Tentu saja ada tips kehamilan lainnya yang bisa membuat gen peningkat kekebalan tubuh janin aktif seperti mengkonsumsi buah dan juga minum susu ibu hamil.

Yang Harus Dipahami
Setiap ibu hamil harus menyadari pentingnya menerapkan tips seputar ibu hamil terutama ketika kehamilan muda. Menjalankan tips kehamilan tidak hanya diperlukan untuk menjaga kesehatan tapi juga untuk memastikan bayi ketika dilahirkan nanti sehat.

Ini yang seharusnya menjadi motivasi tersendiri bagi setiap ibu hamil. Karena kesehatan saat hamil tidak hanya harus dijaga untuk memastikan janin sehat saja, tapi ketika lahir nanti juga sehat.

Ada banyak sekali cobaan bagi ibu hamil. Mereka susah sekali untuk secara konsisten menjalani pola hidup yang sehat sesuai dengan tips kehamilan.

Hal ini semakin diperparah dengan kurangnya kesadaran beberapa ibu hamil sehingga sedikit menyepelekan tentang bagaimana menjaga kehamilan.

Namun, setelah mengetahui fakta ini, semoga semakin banyak ibu hamil yang memperhatikan nutrisi kehamilan setiap hari dan pola hidupnya. Karena dua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan.


Diharapkan, jika janin sehat, maka ketika bayi ibu lahir nanti pun sehat. Dan tingginya risiko kematian yang seperti dijelaskan sebelumnya tidak perlu dikhawatirkan lagi.

No comments:

Post a Comment