Thursday, September 1, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Manfaat Vaksinasi Flu


Seberapa penting vaksin flu untuk ibu hamil? Ada yang bilang sangat penting. Akan tetapi, banyak juga yang ragu karena mereka menganggap obat-obatan termasuk juga vaksin bisa berpengaruh buruk terhadap janin di dalam kandungan.



Ibu pasti pernah dengar nasehat agar sebisa mungkin menghindari mengkonsumsi apapun. Kalaupun ibu tidak dalam keadaan yang sehat, sebisa mungkin ibu istirahat agar kondisi kembali fit tanpa harus mengkonsumsi obat.

Ini info ibu hamil yang paling banyak ibu sering dengar, bukan?

Akan tetapi, bagaimana tentang vaksin flu?

Melihat Vaksin dari Sisi Positif
Semakin banyak ibu hamil yang mendapatkan vaksinasi. Sebenarnya ada dua manfaat utama ketika ibu mendapatkan vaksinasi.

Yang pertama, ibu akana terhindar dari keluhan penyakit yang diakibatkan oleh penurunan kekebalan tubuh seperti flu. Karena memang risiko seorang ibu hamil terkena flu itu sangat tinggi. Apalagi jika cuaca kurang mendukung seperti sedang musim hujan.

Maka, akan lebih baik jika ibu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara vaksinasi flu daripada mengkonsumsi obat ketika sudah terkena gejala flu.

Namun, tidak hanya ibu yang mendapatkan manfaat saja. Manfaat juga didapatkan oleh janin yang ibu kandung. Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ternyata bayi memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi jika saat ketika hamil ibu mendapatkan vaksinasi.

Ini menjadi alternatif terbaik karena bayi yang usianya baru beberapa minggu tidak boleh mendapatkan vaksinasi flu.

Jadi, vaksinasi yang ibu dapatkan ketika masih hamil bisa memberikan manfaat tidak hanya untuk ibu tapi juga untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

Dan ibu harus tahu bawasannya bayi yang usianya di bawah 6 bulan mudah sekali terkena penyakit. Sementara itu, dokter anak tidak menyarankan untuk memberikan vaksinasi flu jika usia bayi di bawah 6 bulan.

Ini seolah menjadi solusi yang terbaik untuk ibu dan juga bayi. Kesehatan ibu bisa terjaga karena kekebalan tubuh lebih kuat. Sementara itu, bayi yang akan ibu lahirkan nanti juga tidak mudah sakit karena sudah mendapatkan tambahan kekebalan tubuh ketika ibu mendapatkan vaksin flu ketika hamil.

Kapan Sebaiknya Mendapatkan Vaksinasi Flu?
Sebenarnya tidak masalah jika ibu melakukan vaksinasi ketika ibu mendengar kabar bahwa ibu sedang hamil. Hanya saja, akan lebih baik jika ibu konsultasikan dulu dengan dokter kandungan. Karena dokter akan memberikan masukan berdasarkan kondisi kesehatan ibu.

Secara umum, vaksinasi itu tidak berakibat buruk terhadap janin yang ibu kandung. Justru semakin cepat maka semakin baik karena kekebalan tubuh lebih kuat sehingga mulai awal kehamilan ibu tidak terkena penyakit.

Menurut info kehamilan, ada beberapa vaksinasi kehamilan yang juga dianjurkan selain vaksin flu seperti hepatitis B, TT, dan juga Meningococcal. Vaksinasi tersebut diberikan untuk memastikan ibu tidak terkena penyakit serius yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Lebih dari itu, vaksinasi tersebut diberikan untuk mencegah kemungkinan ada penyakit yang bisa menular ke bayi yang ada di dalam rahim.


Bahkan pemerintah sekarang melakukan pencegahan penularan HIV AIDS dengan cara setiap ibu hamil harus melakukan tes HIV. Hal ini dilakukan agar seandainya seorang ibu hamil terjangkit virus HIV AIDS, penyakit tersebut tidak ditularkan ke bayi yang sedang ia kandung.

No comments:

Post a Comment