Friday, September 9, 2016

Tips Kehamilan untuk Wanita yang Baru Pertama Kali Hamil

Pasti senang sekali setelah mendapatkan kabar bawasannya ibu sedang hamil. Apalagi jika kehamilan tersebut sudah ibu nanti-nantikan beberapa tahun. Sebuah kesenangan yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata.



Akan tetapi, ibu tidak boleh larut ke dalam suka cita. Karena ada banyak hal yang harus ibu lakukan untuk menjaga kehamilan. Ibu harus mulai membaca tips kehamilan dan apa saja yang berhubungan dengan kehamilan.

Yang paling penting ibu harus mematuhi aturan yang mungkin akan membuat ibu seperti berada di penjara. Karena banyak aturan yang membuat ibu tidak bisa melakukan hal yang paling ibu sukai.

Dilarang Berlibur
Sebenarnya bukan berliburnya yang dilarang, tapi perjalanannya. Karena perjalanan yang jauh akan membuat ibu lelah. Dan jika ibu terlalu lelah, maka hal tersebut tidak baik untuk perkembangan janin yang baru berusia beberapa minggu atau bahkan baru beberapa hari.

Jika ibu ingin sekali berlibur, ibu bisa memilih berlibur di tempat wisata yang tidak jauh dari tempat tinggal. Karena bisa dipahami ibu juga butuh refreshing. Akan tetapi, jika ibu selama ini refreshing dengan cara traveling di tempat yang jauh, sebaiknya ibu tidak melakukan kegiatan seperti ini selama masa kehamilan.

Rutin Kontrol
Ini yang sering disepelekan. Padahal sudah banyak fasilitas yang diberikan entah oleh pemerintah maupun swasta. Sudah ada bidan desa. Ada juga klinik yang buka hingga malam. Jadi tidak ada alasan bagi ibu hamil untuk tidak kontrol atau konsultasi kesehatan.

Ada kesalahpahaman di masyarakat. Mereka menganggap konsultasi kesehatan hanya perlu dilakukan ketika terjadi keluhan. Padahal tidak demikian. Konsultasi kesehatan tetap harus dilakukan tanpa harus menunggu adanya keluhan.

Dan ibu harus tahu bawasannya kematian bayi di dalam kandungan sering disebabkan karena ibu hamil tidak merasa ada yang berbahaya. Tapi, ternyata janin tidak berkembang dan akhirnya meninggal.

Karena memang tidak semua tanda keguguran bisa dirasakan oleh ibu hamil. Akan lebih baik jika setiap ibu hamil selalu konsultasi kehamilan entah dengan bidan atau dokter kandungan satu bulan sekali.

Mempersiapkan Mental
Kenapa mental harus disiapkan? Karena akan banyak sekali perubahan yang akan ibu rasakan dalam hal psikis. Ibu akan merasa mudah lelah sehingga ibu bisa mudah sakit. Atau tidaknya seorang ibu hamil mudah stress lantaran terlalu lelah ketika hamil dan harus beraktivitas seperti biasanya.

Lebih dari itu, hormone pun berpengaruh. Seorang ibu hamil akan memproduksi hormone lebih banyak dan hal ini berpengaruh terhadap psikis. mood swings merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana seorang ibu hamil mudah marah dan stress. Dan ini sangat wajar. Yang harus ibu lakukan hanya mempersiapkan mental.

Tips ibu hamil tersebut di atas harus ibu ketahui sejak awal kehamilan hingga proses persalinan. Karena hal tersebut bisa saja terjadi walaupun kehamilan sudah masuk trimester kedua dan bahkan ketiga.

Yang menjadi pekerjaan rumah paling berat adalah menjaga kebugaran. Mungkin ibu belum merasakan hal tersebut karena masih dalam keadaan hamil muda. Akan tetapi, ketika kehamilan sudah memasuki usia 3 bulan ke atas, maka kebugaran menjadi masalah yang sangat krusial.


Saat itulah ibu harus lebih banyak tahu tentang tips seputar kehamilan. Semua itu harus ibu lakukan agar ibu bisa melewati masa kehamilan dengan baik dan janin berkembang normal. Bukankah itu yang diinginkan setiap ibu hamil?

No comments:

Post a Comment