Friday, September 9, 2016

Tips Kehamilan Penting untuk Anda yang Sering Mengangkat Benda Berat

tips kehamilan
Friso Indonesia

Bagi ibu yang sedang hamil namun harus tetap bekerja, tentu ibu perlu tips kehamilan yang tepat. Khusus bagi ibu yang harus angkat barang yang cukup berat, tips berikut ini perlu untuk ibu pratekkan.



Yang pasti, kehamilan bukan sebuah halangan di mana ibu menjadi kurang produktif. Walaupun ibu harus bekerja atau beraktivitas seperti mengangkat barang yang cukup berat, ibu tetap bisa menjaga kehamilan jika tahu tips ibu hamil berikut ini.

Tangan Kanan dan Kiri Harus Seimbang
Terlepas apakah ibu seorang wanita karir atau ibu rumah tangga, ibu tidak bisa lepas dari pekerjaan mengangkat barang yang cukup berat. Seperti contoh ketika ibu harus belanja kebutuhan dapur, tentu ibu harus mengangkat barang yang ibu beli, bukan?

Saat di kantor, sedikit banyak ibu pasti membawa suatu barang entah itu file, tas, atau peralatan kantor seperti hanya laptop.

Apakah itu diperbolehkan? Tentu saja boleh asal barang tersebut tidak terlalu berat. Dan yang terpenting, dua tangan ibu memiliki beban yang seimbang. Artinya, jangan sampai hanya ada satu tangan saja yang mendapatkan beban yang lebih berat ya.

Seperti contoh, jika ibu akan mengangkat barang belanjaan, sebaiknya ada barang yang ibu angkat dengan tangan kanan dan ada juga barang belanja yang ibu angkat menggunakan tangan kiri. Jika beratnya seimbang, maka ibu tidak akan merasa terbebani.

Hati-Hati Ketika Mengangkat Barang
Tips untuk ibu hamil selanjutnya adalah tentang bagaimana cara mengangkat barang. Ibu harus tahu ibu sedang hamil. Apabali kehamilan sudah mencapai usia 3 bulan ke atas, maka perut akan semakin besar dan ibu harus lebih berhati-hati. Terutama ketika ingin mengangkat barang.

Usahakan barang yang akan ibu angkat tidak tepat di bagian kaki. Akan lebih baik jika barang tersebut berada di tempat yang lebih tinggi dari kaki. Ibu bisa meminta tolong teman untuk membantu ibu jika barang berada sama dengan kaki.

Selain itu, perhatikan juga posisi kaki. Lebarkan kaki sehingga sejajar bahu. Angkat pelan-pelan dan pastikan ibu mengambil nafas yang dalam saat mengangkat barang tersebut.

Berhenti Jika Merasa Lelah
Jika ibu tidak sedang hamil, ibu bisa saja menahan berat dari benda yang ibu bawa. Akan tetapi, karena ibu sedang hamil, ibu bisa istirahat dulu ketika merasa lelah. Letakkan barang yang ibu angkat dan ambil nafas. Lalu, angkat lagi jika ibu sudah tidak lagi merasa lelah.

Menggunakan Alat Bantu
Ini yang paling direkomendasikan. Ada banyak sekali alat bantu untuk membawa barang ibu seperti troli ketika ibu sedang belanja.

Terlepas dari itu semua, tips ibu hamil tersebut di atas hanya untuk membuat ibu tidak merasa terpenjara. Pasalnya, banyak ibu hamil yang merasa terkekang karena tidak boleh melakukan apapun termasuk shopping. Padahal, aktivitas sehari-hari yang membuat ibu harus bergerak itu bagus lho.

Hanya saja ibu harus tahu batasnya. Sebagai ibu hamil, ibu tidak boleh mengangkat barang terlalu berat. Karena hal tersebut bisa membuat perut ibu terasa ditekan sehingga membahayakan janin yang ibu kandung.

Semoga tips kehamilan tersebut di atas bisa membuat ibu sedikit lega ternyata ibu masih diperbolehkan untuk beraktivitas seperti biasa. Hanya yang perlu ibu perhatikan adalah bagaimana ibu menjalani kegiatan atau aktivitas setiap hari tanpa membahayakan janin di dalam kandungan.

No comments:

Post a Comment