Wednesday, August 31, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi


Ternyata tidak semua sayuran itu bagus untuk ibu hamil lho. Sama halnya dengan buah-buahan seperti buang nangka dan juga buah durian tidak disarankan dikonsumsi saat hamil.



Info ibu hamil berikut ini akan menjelaskan secara gamblang sayuran apa saja yang tidak boleh dikosumsi sewaktu hamil. Tentu saja Anda akan mengetahui berdasarkan alasan medisnya.

Ini penting untuk diketahui agar ibu tidak asal-asalan dalam menerima informasi kehamilan. Jadi, jika ibu ditanya kenapa sayuran yang ini dilarang untuk dikonsumsi saat hamil, ibu bisa menjelaskan beserta alasan medisnya.

Pepaya yang Masih Muda
Jika ibu pecinta pepaya muda yang dibuat untuk sayuran, sebaiknya ibu stop dulu mengkonsumsi sayuran pepaya muda tersebut. Karena menurut penelitian kesehatan, pepaya muda mengandung lateks, yaitu suatu zat yang bisa menimbulkan efek kontraksi pada perut.

Jika ibu sudah banyak membaca info seputar ibu hamil, ibu pasti tahu bahayanya terjadi kontraksi. Janin di dalam rahim bisa terkena goncangan dan bukan tidak mungkin ia akan mengalami keguguran jika kontraksi begitu keras.

Maka sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil muda mengkonsumsi pepaya muda. Dan sebelum proses persalinan, sebaiknya ibu tidak mengkonsumsi sayuran yang terbuat dari pepaya muda.

Jika ingin sekali mengkonsumsi pepaya, ibu bisa pilih pepaya yang sudah matang. Karena kandungan lateks nya tidak terlalu banyak. Bahkan, mengkonsumsi pepaya yang sudah matang sangat disarankan jika ibu mengalami sembelit.

Lalapan
Salah satu ciri khas makanan nusantara di beberapa daerah seperti di daerah Jawa Barat adalah lalapan. Lalapan biasanya terdiri dari beberapa sayuran yang mentah.

Memang lalapan bukan makanan utama. Ini seolah menjadi pendamping makanan utama saja.

Akan tetapi, jika suatu ketika ibu bertamu ke rumah teman atau saudara dan ibu disiapkan menu makanan dengan lalapan, sebaiknya ibu tidak mengambil lalapan.

Sayuran yang masih mentah tidak baik untuk ibu hamil. Karena sayuran belum dimatang, dikhawatirkan masih ada pupuk yang menempel pada sayuran. Meskipun sudah bersihkan dengan bersih, tetap saja sebaiknya ibu tidak mengkonsumsi lalapan ketika hamil.

Kecambah
Ada yang bilang kecambah itu bagus untuk wanita. Betul sekali. Apalagi jika wanita ingin sekali mendapatkan momongan. Katanya, mengkonsumsi kecambah akan membuat seorang wanita mudah hamil.

Namun, sayuran yang satu ini tidak boleh dikonsumsi saat ibu sudah hamil. Memang tidak akan membahayakan janin di dalam kandungan. Hanya saja, kebanyakan kecambah tidak bisa dibersihkan secara sempurna. Masih ada bagian tertentu yang masih kotor karena bentuk kecambah sangat kecil dan memang sulit untuk dibersihkan.

Nah sekarang ibu sudah tahu info kehamilan tentang sayuran apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil.

Kini saatnya ibu membuat list makanan yang terbuat dari sayuran yang bagus untuk ibu hamil.

Akan tetapi, ada satu catatan yang harus ibu ingat. Walaupun ibu sudah memilih sayuran yang baik untuk ibu hamil, bukan berarti ibu akan mendapatkan kebaikan dari sayuran tersebut.

Bisa juga ada efek samping timbul yang disebabkan karena ibu kurang bersih dalam membersihkan sayuran atau sayuran tidak dimasak benar-benar matang.

Untuk menjaga kesehatan kehamilan, ibu memang harus lebih fokus dalam memperhatikan kebersihan, entah kebersihan lingkungan, makanan yang ibu konsumsi, dan lain sebagainya. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan juga janin yang ada di dalam rahim.


No comments:

Post a Comment