Sunday, February 25, 2018

Info Kesehatan Ibu Hamil Mengenai Keamanan Vaksin Untuk Janin

Info ibu hamil

Sepertinya, belum banyak yang tahu mengenai info kesehatan ibu hamil. Padahal, ilmu pengetahun sekarang ini semakin mudah untuk disebarkan. Dengan menggunakan internet, informasi apapun, tak terkecuali info mengenai kesehatan ibu hamil sangat mudah untuk disebarkan. Akan tetapi, angka kematian ibu dan bayi masih sangat tinggi. Hal ini bukan karena ketidaktahuan tapi tidak adanya kesadaran untuk menjaga kesehatan saat hamil.

Pada tahun 2017, tercatat ada 34 kasus kematian ibu hamil di wilayah Jogjakarta. Dan anehnya, di kota yang cukup modern ini, banyak ibu hamil yang tidak memahami bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil.

Menjaga kesehatan kehamilan tidak hany cukup dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga melakukan aktivitas ringan saja setiap hari. Informasi kesehatan kehamilan lainnya sepertinya belum sampai di telinga masyarakat. Atau jangan-jangan mereka acuh dengan informasi tersebut.

Contohnya saja vaksinasi. Banyak yang menganggap vaksinasi (atau yang sering disebut dengan imunisasi) itu hanya dipertuntukkan bayi dan balita saja. Pada kenyataannya tidak demikian. Orang dewasa pun boleh mendapatkan suntik vaksinasi ini. Bahkan, sekarang ini ibu hamil sangat disarankan untuk mendapatkan vaksinasi.

Tidak lagi hal tersebut bertujuan agar kesehatan ibu hamil terjaga. Dan diharapkan agar angka kematian ibu dan bayi bisa ditekan.

Akan tetapi, masih ada satu pertanyaan. Apakah vaksinasi ibu hamil ini aman untuk bayi di dalam kandungan? Sampai sekarang, memang tidak ada efek buruknya. Namun, belum diketahui efek jangka panjangnya. Yang pasti, dengan melakukan vaksinasi, kesehatan ibu hamil terjaga. Bayi di dalam kandungan pun sehat. Hal inilah yang diharapkan membuat keduanya, ibu dan bayi selamat.

Jenis Vaksin Untuk Ibu Hamil

Setiap vaksin sudah ditentukan berdasarkan usia. Selain itu, ada juga periode tertentu di mana vaksinasi dilakukan.

Dalam hal ini, bukan semua vaksin perlu diberikan kepada seorang ibu hamil. Berikut ini informasi kesehatan ibu hamil mengenai jenis vaksin yang sebaiknya didapatkan oleh seorang ibu hamil.

1.      Tetanus Toksoid
Apa itu vaksinasi tetanus toksoid? Ini merupakan jenis vaksinasi yang mencegah kematian bayi yang disebabkan oleh kuman tetanus. Kuman ini biasanya menyerang bagian tubuh yang terluka.

Lalu bagaimana tubuh mana dari ibu hamil atau bayi yang terluka? Ibu pasti tahu saat bayi lahir, tali pusar dipotong menggunakan gunting. Dan jika ternyata ada kuman tetanus pada seorang ibu hamil, kuman tersebut bisa berpindah ke bagian pusar yang luka setelah dipotong tersebut. Akibatnya, bayi bisa mengalami masalah kesehatan dan bahkan bayi bisa meninggal.

Kasus semacam ini tidaklah jarang terjadi.  Bahkan, kasus semacam ini paling sering terjadi di suatu daerah di mana seorang ibu hamil melahirkan dalam kondisi yang kurang higienis. Maka dari itu, menurut info kesehatan ibu hamil yang dijelaskan oleh para dokter kandungan, seorang ibu hamil harus mendapatkan vaksinasi tetanus toksoid lengkap, yaitu dua kali dengan jarak 1 sampai 2 bulan dan selang beberapa hari sebelum persalinan tiba. Semua itu perlu dilakukan untuk menekan risiko bayi terinfeksi kuman tetanus yang bisa menyebabkan kematian.

2.      Hepatitis B
Sampai saat ini, Hepatitis B merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Maka, wajar jika hampir semua negara di dunia ini memberikan vaksinasi hepatitis B secara gratis kepada seluruh warganya. Inipun dilakukan Indonesia.

Dan vaksin Hepatitis B ini tidak hanya diberikan untuk bayi saja, melainkan juga untuk ibu hamil. Hal ini disebabkan seorang ibu hamil rentan mengalami masalah kesehatan yang satu ini. Pasalnya, bayi yang lahir dari rahim seorang ibu yang terkena Hepatitis B sangat mungkin tertular juga. Dan itulah mengapa bayi yang baru lahir sangat diwajibkan untuk segera mendapatkan vaksinasi Hepatitis B

3.      Influenza
Beberapa kasus bayi lahir dengan masalah kekurangan gizi ternyata disebabkan oleh virus influenza. Dan ternyata virus ini banyak yang didapatkan dari ibu sang bayi sendiri lantaran ketika hamil tidak mendapatkan vaksinasi influenza.

Info kesehatan kehamilan yang satu ini harus diketahui oleh semua ibu hamil. Jadi, vaksinasi influenza tidak hanya menyebabkan batuk pada ibu hamil tapi juga bahaya kekurangan gizi ketika bayi lahir di dunia.
Setidaknya tiga jenis vaksin tersebut harus didapatkan oleh ibu hamil. Apakah ibu sudah vaksinasi selama masa kehamilan ini?

Penyebab Lain Kematian Ibu dan Bayi

Memang bukan infeksi yang disebabkan oleh kuman, bakteri, atau virus yang menjadi faktor utama penyebab kematian ibu dan bayi. Akan tetapi, memang banyak sekali kasus kematian ibu dan bayi disebabkan oleh hal tersebut. Dan jika diusut lebih dalam hal, ternyata hal itu terkait juga dengan tidak didapatkannya imunisasi untuk ibu hamil.

Faktor risiko tertinggi adalah pendarahan. Sementara itu, pendarahan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa saja karena bakteri, tapi bisa juga disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Contohnya saja aktivitas yang terlalu berat. Ini disinyalir menyumbang penyebab paling banyak di mana terjadi kematian ibu dan bayi.

Itulah mengapa semua ibu hamil harus tahu tahu banyak hal mengenai info kesehatan ibu hamil. Ini tidak hanya sekedar info mengenai makanan sehat apa yang harus dikonsumsi. Lebih dari itu, ibu juga harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sesuai dengan usia kehamilan. Semakin detail informasi yang ibu dapatkan, maka semakin rendah risiko terjadinya kematian ibu dan bayi.


No comments:

Post a Comment