Tuesday, February 27, 2018

Waspada, Tidak Semua Ikan itu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Ibu pasti sudah tahu ikan merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Katanya, ikan sangat bagus untuk mencerdaskan otak bayi yang masih ada di dalam kandungan. Itu memang benar. Dan tidak salah juga jika ada ikan yang justru memberikan efek buruk. Ikan apa saja itu?
Sebelumnya, ibu harus tahu alasan mengapa ada ikan yang justru harus dihindari oleh ibu hamil. Jadi, ibu tidak hanya sekedar menerima informasi ini begitu saja.

Ikan Bisa Berbahaya Bagi Ibu Hamil
Sudah banyak orang pahami jika beberapa bahan makanan sekarang ini mengandung zat yang berbahaya. Hal ini terkait dengan cara menanam atau cara mengembangbiakkan yang kurang sehat. Makanya, para ahli kesehatan mengatakan belum pasti makanan yang dibuat dari bahan alami itu 100% sehat. Lihat dulu bagaimana asal mula bahan tersebut.

Begitu juga dengan ikan. Kebutuhan ikan yang begitu banyak membuat orang yang berbisnis ikan bisa saja menggunakan cara apapun untuk mempercepat proses pembesaran. Makanya, jelas kan mengapa tidak semua ikan itu makanan sehat ibu hamil?

Bagaimana dengan ikan laut? Jawabannya juga sama. Hanya saja, alasannya yang berbeda. Ibu harus tahu semua ikan yang ada di laut itu terpapar merkuri. Sementara itu, merkuri merupakan zat yang jika masuk ke dalam tubuh manusia sangat berbahaya. Memang jika kandungan merkuri tidak banyak, hal tersebut tidak membahayakan kesehatan. Namun, bagaimana pun juga, lambat laun jumlahnya semakin banyak.

Apalagi bagi seorang ibu hamil. Ini bukan hanya terkait dengan kesehatan ibu hamil, tapi bayi yang ada di dalam kandungan. Janin masih rentan terhadap zat berbahaya, tak terkecuali merkuri. Ibu pasti tidak ingin mendengar kabar adanya masalah perkembangan bayi di dalam kandungan, bukan?

Jika ibu ingin sekali mencerdaskan otak janin, tentu jawabannya adalah mengkonsumsi ikan yang banyak. Akan tetapi, pastikan bukan ikan yang mengandung banyak merkuri.

Jenis Ikan Yang Sebaiknya Dihindari
Patokannya satu, yaitu kandungan merkuri. Jika ikan mengandung merkuri yang banyak, maka harus dihindari.

Sayangnya, masyarakat awam tentu sulit untuk membedakan mana ikan yang kandungan merkurinya tinggi dan mana yang rendah. Untuk itu, akan lebih efektif jika ibu mengetahui apa yang sudah disarankan oleh para ahli kesehatan.

Lembaga kesehatan Internasional seperti FDA (Food and Drug Administration) sudah melakukan pendataan mengenai ikan yang bukan termasuk ke dalam makanan sehatuntuk ibu hamil. Berikut ini jenis ikan tersebut.
-          Ikal Tilefish
-          Ikan Hiu
-          Ikan Swordfish
-          Ikan Orange Roughly
-          Ikan Bigeye Tuna
-          Ikan Marlin, dan
-          Ikan Mackerel
Memang jenis ikan tersebut sulit ibu temukan di Indonesia. Akan tetapi, bukan tidak mungkin ibu tidak menyadari jika ternyata ikan tersebut yang ibu konsumsi mengingat sekarang ini banyak ikan import dari luar negeri.

Ikan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Sebenarnya, keterangannya sudah jelas. Semakin banyak kandungan merkuri, maka ikan tersebut semakin berbahaya. Oleh sebab itu, selain jenis ikan yang harus ibu ketahui, ibu juga harus bahwasannya semakin besar ukuran ikan, kemungkinan besar kandungan merkurinya semakin banyak. Pasalnya, ikan tersebut sudah semakin tua.

Oleh sebab itu, para ahli kesehatan kandungan menyarankan agar seorang ibu hamil mengkonsumsi ikan yang kecil dan usianya masih muda. Yang pasti, hindari mengkonsumsi ikan yang ukurannya sangat besar.

Selain itu, ada juga beberapa nama ikan yang termasuk ke dalam makanan sehat ibu hamil. Ibu harus catat ikan-ikan berikut ini.

1.      Ikan Salmon
Ikan yang satu ini termasuk jenis ikan yang sangat sedikit terpapar markuri. Selain itu, kandungan berupa DHA sangat tinggi. Kandungan inilah yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah keguguran.

Bagi janin di dalam kandungan, kandungan yang paling diperlukan adalah protein. Kandungan ini setidaknya memiliki dua peran penting. Yang pertama untuk memastikan berat badan janin normal. Dan yang kedua untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

2.      Ikan Teri
Banyak orang yang menyepelekan jenis ikan yang satu ini. Mereka bilang ikan teri ini sedikit sekali kandungan gizinya. Padahal tidak. Ibu harus tahu kandungan kalsium di dalam ikan yang ukurannya sangat kecil ini sangat tinggi. Kalsium inilah yang ibu butuhkan agar terhindari dari sakit gigi terutama ketika kehamilan trimester kedua dan ketiga. Dan bagi janin, kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

3.      Ikan Lele
Ini memang bukan jenis seafood mengingat lele ini habitatnya di air tawar. Hanya saja, kandungan gizinya tak kalah banyak dibandingkan beberapa seafood. Lele juga mengandung omega 3 yang seperti banyak ahli kesehatan kandungan jelaskan kandungan inilah yang berpengaruh pada perkembangan otak janin. Diharapkan, ketika ibu hamil mengkonsumsi makanan yang kandungan omega 3 tinggi, bayi yang dilahirkan memiliki otak yang cerdas.
Setidaknya tiga jenis ikan tersebut yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentu saja bukan hanya ikan saja yang ibu harus konsumsi. Ada banyak lagi makanan sehat untuk ibu hamil yang juga harus ibu ketahui.


Yang pasti, hindari mengkonsumsi jenis makanan fast food seperti mie instan. Kehamilan bisa ibu jadikan momen untuk mengubah pola hidup yang buruk menjadi pola hidup yang baik. Jadi, selama 9 bulan ini, ibu latihan untuk mencegah mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Dan semoga saja setelah persalinan nanti, ibu sudah tidak lagi memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang kurang sehat.

No comments:

Post a Comment