Tuesday, February 13, 2018

Apa Yang Sebaiknya Ibu Lakukan Saat Usia Hamil 7 Minggu?


Ibu mungkin sekarang ini semakin giat mencari informasi mengenai nutrisi apa yang harus dicukupi saat usia hamil 7 mingguSebenarnyahal ini juga yang  terus ibu lakukan selama masa kehamilan mengingat kebutuhan serta kadar gizi berbeda sesuai dengan usia kehamilan. 

Dan jangan sepelekan mengenai hal ini. Ada yang bilang hamil muda itu berat. Dikatakan berat karena risiko mengalami keguguran itu sangat tinggi. Lebih tinggi daripada ketika usia kehamilan sudah di atas 7 minggu atau bahkan sudah menginjak usia 7 bulan di atas. Hal ini disebabkan kondisi rahim pada usia kehamilan muda masih belum begitu kuat. Sementara itu, janin pun belum memiliki perkembangan yang sempurna. Kedua hal inilah yang membuat risiko keguguran sangat mungkin terjadi. Bahkan, tidak sedikit seorang ibu hamil muda yang kehilangan janinnya di usia muda. 

Itulah yang membuat ibu harus tahu apa yang sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan 7 bulan. Hal tersebut ibu lakukan untuk memastikan risiko keguguran itu bisa dihindari. 

Hal Kecil Tapi Sebaiknya Dilakukan Saat Hamil Muda 
Pada intinyajanin sehat dan perkembangannya baik jika sang ibu juga bisa menjaga kondisi kesehatan tubuhnyaJadibanyak hal yang sebenarnya harus ibu lakukan. Akan tetapisetidaknya hal kecil berikut ini rutin ibu lakukan. 

  • Jalan Santai 
Ini hal yang klise. Namun, banyak yang salah menanggapi hal ini. Banyak orang yang menganggap jalan santai itu jalan di pagi hari mengelilingi taman kota atau sekedar jalan di depan rumah. Sebenarnya, bukan itu. Akan lebih menyenangkan jika ibu melakukan kegiatan ini di tempat yang ibu sukai. Misalnya saja di mall atau di pusat perbelanjaan. Bukankah itu lebih asyik? 

Pada intinyaibu harus melakukan olahraga ibu hamil yang ringanJangan saat 
usia janin 7 minggu justru ibu menjadikan hal tersebut alasan untuk ogah-ogahan melakukan aktivitas fisik 

  • Konsumsi Buah 
Sebenarnya ini tidak hanya berkaitan dengan masalah keguguran saja, tapi juga keluhan kesehatan kehamilan yang dialami oleh ibu hamil muda. Pada saat usia kehamilan baru sekitar 7 minggu, ibu akan sering merasa mual dan muntah. Itu yang disebut dengan morning sickness. Itu hal yang lumrah. Bahkan, harus disyukuri karena hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan janin baik. Menurut ahli kesehatan kehamilan, perkembangan bayi di dalam kandungan itu salah satunya ditandai dengan munculnya rasa mual. 

Namuntentu ibu tidak ingin mual yang ibu alami menganggu kegiatan setiap hari
bukanJangan sampai juga mual yang ibu alami justru membuat kondisi kesehatan memburukOleh sebab ituibu bisa meringankan mual yang ibu rasakan dengan cara mengkonsumsi buah yang segar 

Mual dan muntah sering dialami oleh seorang ibu hamil di pagi hari. Maka dari ituada istilah morning sickness. 
Untuk menghatasi hal tersebutselalu konsumsi buah segar di pagi hariMemang ini tidak bisa 100% menghilangkan mualtapi setidaknya meringankan. 

  • Penuhi Asam Folat 
Perkembangan janin saat usia hamil 7 minggu sangat dipengaruhi oleh asam folatTentu saja nutrisi lainnya juga tak kalah pentingNamunsetidaknya ibu terus mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam folat 

Asal folat ini tidak hanya mempengaruhi perkembangan fisik janin tapi juga otak. Dan asam folat ini harus dipastikan terpenuhi jika bayi di dalam kandungan berkembang sesuai dengan yang diinginkan

Jadisekarang ibu tahu kan apa yang sebaiknya ibu lakukan saat sedang hamil muda? 

Hati-Hati dengan Kontraksi 

Dalam dunia medis, kontraksi yang dialami oleh ibu hamil itu merupakan hal yang wajar. Apalagi jika janin di dalam kandungan sudah memiliki organ tubuh yang bisa dikatakan sempurna. Maka dari itu, kontraksi sering dirasakan oleh ibu hamil ketika usia kehamilan sudah mencapai trimester ketiga. Bahkan, kontraksi harusnya sering terjadi ketika seorang ibu sedang menghadapi masa-masa persalinan. 

Lalubagaimana dengan ibu dalam masa kehamilan 7 minggu? Ini yang tidak wajarKontraksi saat hamil muda menjadi hal yang anehJanin belum bisa dikatakan berkembang sempurnaMasih banyak bagian organ tubuh yang belum terbentuk dengan sempurna. 

Maka dari ituhati hati jika ibu merasa kontraksi. Kontraksi ini bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan bayi meninggal di dalam kandungan atau keguguranItulah mengapa seorang ibu hamil muda harus menjaga pola makan dan juga kegiatan setiap hari 

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi seperti makanan bersantan dan makanan yang pedas. Selain itu, harus dipahami juga bahwasannya tidak semua buah itu bagus untuk ibu hamil. Contohnya saja buah durian dan nanas. Pasalnya, dua buah tersebut ternyata bisa menicu kontraksi. Dan jika kontraksi terjadi di saat kondisi rahim belum begitu kuat atau janin belum begitu sempurna perkembangannya. bukan tidak mungkin keguguran yang terjadi. Jadi, ibu harus hati. Agar ibu bisa melewati masa kehamilan muda dengan baik, sebaiknya ibu terus menggali informasi mengenai hal-hal yang terkait dengan kesehatan ibu hamil 7 minggu.  

Jadi, menjadi seorang ibu hamil muda itu tidaklah mudah. Ada tantangan berat yang harus dihadapi. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat ibu terlalu khawatir. Tetap jalani kehidupan seperti biasa. Ini menjadi waktu yang tepat untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik. Ibu bisa mulai menjalani pola hidup yang sehat agar ibu bisa melewati masa kehamilan muda dengan baik. 

No comments:

Post a Comment