Wednesday, February 21, 2018

Olahraga Ibu Hamil Bukan Hanya Senam Kehamilan


Memang benar senam kehamilan itu olahraga ibu hamil yang paling direkomendasikan. Semua gerakan memberikan manfaat, entah itu kesehatan ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan. Bahkan, ada gerakan yang khusus membuat proses persalinan lebih mudah. Hal tersebutlah yang membuat banyak ahli kesehatan kandungan menyarankan melakukan olahraga ini untuk ibu hamil tua. Diharapkan olahraga tersebut bisa membuat proses persalinan normal dan lancar, tidak harus SC atau yang sering disebut dengan operasi Caesar.

Akan tetapi, ada beberapa kendala yang sering dialami oleh ibu hamil sehingga tidak bisa melakukan olahraga kehamilan yang satu ini.

Hampir Selalu Ada Halangan
Mungkin ibu punya pengalaman sendiri tentang hal ini. Ibu pasti tahu kan betapa pentingnya senam ibu hamil. Namun, kira-kira mengapa ibu tidak bisa melakukannya?
-          Sibuk
Ini alasan yang sangat klise, terutama bagi wanita hamil yang juga berperan sebagai wanita karir. Lantaran banyaknya pekerjaan di kantor hingga terkadang harus lembur, mereka seolah tidak punya waktu untuk melakukan senam ibu hamil.

-          Tidak Ada Kelas
Memang tidak banyak yang menyelenggarakan kelas senam ibu hamil. Hanya klinik ibu hamil tertentu yang membuka kelas senam untuk ibu hamil. Dan itupun kebanyakan hanya ada di kota-kota besar saja.

-          Takut
Sebenarnya, tidak masalah jika ibu melakukan senam ibu hamil sendiri di rumah. Hanya saja, ibu harus hati-hati. Jangan sampai gerakan yang ibu lakukan justru membuat ibu cedera.

Banyak ibu hamil yang tidak tahu kelas senam ibu hamil tapi ingin melakukan olahraga ibu hamil yang satu ini. Namun, mereka takut jika melakukannya sendirian di rumah tanpa didampingi oleh seorang instruktur profesional.
Apakah salah satu alasan tersebut juga menjadi alasan ibu tidak melakukan senam kehamilan? Atau barangkali ada alasan lainnya lagi?
Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya ibu tidak harus melakukan senam ibu hamil. Toh ada jenis olahraga lain yang juga bagus untuk kehamilan.

Beberapa Opsi Olahraga Untuk Ibu Hamil
Sebenarnya, banyak opsi olahraga yang bagus untuk seorang ibu hamil. Asalkan olahraga tersebut memenuhi dua kriteria berikut ini, ibu bisa melakukan olahraga tersebut.
Kriteria yang pertama adalah keamanan. Olahraga yang ibu lakukan tidak menimbulkan cedera. Atau setidaknya risiko cedera sangat kecil. Yang kedua, olahraga tersebut termasuk olahraga yang ringan. Jadi, jelas aerobic bukan olahraga yang bagus untuk ibu hamil.
Lalu, apa saja jenis olahraga yang sesuai dengan dua kriteria tersebut?
1.      Jalan Sehat
Jelas ini olahraga yang ringan dan aman, bukan? Tentu saja ada risiko cidera seperti ketika kaki terkilir. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan ibu menggunakan sepatu yang nyaman dengan ukuran yang sesuai dengan kaki. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk jalan terlalu jauh. Cukup jalan 1-2 kilometer saja setiap hari. Melakukannya rutin jauh lebih baik daripada jarang tapi ibu harus menempuh jarak yang begitu jauh.

Jalan sehat ini merupakan jenis olahraga untuk ibu hamil yang sebaiknya dilakukan mulai hamil muda hingga hamil muda. Dan sangat direkomendasikan bagi ibu yang sedang menunggu waktu persalinan untuk lebih sering melakukan jalan sehat santai ini.

Dan ini bukan hanya bagus untuk kesehatan fisik saja. Jalan sehat ini juga diperlukan untuk menjaga kesehatan psikis. Bagaimanapun juga, seorang ibu hamil rentan mengalami stress, Apalagi ia baru pertama kali hamil dan sedang menunggu waktu persalinan. Stress yang dialami sangat luar biasa. Dan untuk meredakan stress, jalan sehat salah satu solusinya. Dan jalan sehat ini sangat disarankan agar stress tidak membuat tekanan darahnya naik yang bisa mengakibatkan hal buruk saat proses persalinan.

2.      Renang
Tentu bukan renang seperti halnya seorang wanita yang tidak sedang hamil. Ibu bisa hanya sekedar berendam.

Berenang ternyata juga bisa menghilangkan kram perut yang sering dialami oleh seorang ibu hamil trimester kedua dan ketiga. Jika ibu juga sering merasakan hal ini, pertimbangkan untuk berenang setidaknya satu atau dua kali seminggu.

3.      Yoga
Ini juga termasuk jenis olahraga yang membutuhkan instruktur. Namun, kelas yoga jauh lebih mudah ditemukan daripada kelas senam ibu hamil. Ibu bisa ikut kelas yoga tapi pastikan itu yoga untuk ibu hamil.

4.      Senam Jongkok
Ini sebenarnya salah satu gerakan yang dilakukan saat senam kehamilan. Ibu cukup melakukan gerakan jongkok lalu berdiri dengan posisi tegak lurus. Lalukan beberapa kali setiap hari agar otot paha dan panggul semakin kuat. Kekuatan otot paha dan panggul tersebutlah yang akan membuat proses persalinan normal mudah.

Jadi, ternyata banyak pilihan lain selain olahraga senam kehamilan, bukan?
Dan sebenarnya olahraga itu bukan hanya harus dilakukan untuk menjaga kebugaran seorang ibu hamil saja lho. Ada manfaat yang secara langsung didapatkan untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi yang masih ada di dalam kandungan. Tidak percaya?

Hal ini sudah dijelaskan oleh pakar kesehatan kandungan. Seorang ibu hamil yang rajin olahraga bisa membuat perkembangan otak janin lebih optimal. Jadi, bukan hanya makanan atau minuman yang ibu konsumsi saja yang membuat otak janin berkembang dengan baik. Olahraga juga.

Jadi, masih malas-malasan untuk melakukan olahraga? Pilih satu di antara beberapa jenis olahraga ibu hamil yang membuat ibu senang dan tidak bosan-bosannya untuk melakukannya secara rutin.


No comments:

Post a Comment