Monday, February 26, 2018

Yuk Cari Info Alasan Mengapa Ibu Hamil 36 Minggu Perut Semakin Sakit


Selamat ya bu jika sekarang sudah menginjak usia hamil 36 minggu. Itu artinya ibu hanya butuh menunggu waktu yang tidak lama lagi untuk segera menimang bayi. Namun, tetap saja waktu yang hanya sebentar tersebut bukan waktu yang mudah untuk dilewati. Ibu tetap masih dalam keadaan mengandung. Dan itu artinya ada beban yang ibu harus emban.

Saat usia kehamilan mencapai 36 minggu atau 9 bulan, ibu akan meraakan perut sangat sakit. Ini terasa pada perut bagian bawah. Saking sakitnya, terkadang ibu susah tidur di malam hari. Lebih parah lagi, hal tersebut bisa membuat ibu tidak nyaman dalam melakukan aktivitas setiap hari.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Sakit Pada Perut Bagian Bawah

Sebelum menuju ke solusi permasalahan, ibu harus tahu mengapa saat kehamilan 36 minggu, ibu merasa sakit pada perut bagian bawah. Harus ibu ketahui dulu apakah ini masalah kesehatan atau hal yang wajar dialami oleh ibu hamil tua.

Sebenarnya, kedua kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Bisa saja rasa sakit tersebut karena masalah kesehatan. Dan kemungkinan juga hal tersebut merupakan hal yang normal.
Yang paling sering terjadi adalah rasa sakit tersebut disebabkan bayi sudah pada posisi yang siap untuk lahir. Posisi kepala sudah berada di bagian bawah sehingga bayi kemungkinan bisa lahir dengan lebih mudah.

Jadi, apakah ini hal yang perlu dikhawatirkan? Tentu saja tidak. Justru ibu harus senang karena ketika perut bagian bawah semakin terasa sakit, itu artinya ada perkembangan yang baik. Bayi sudah siap untuk dilahirkan. Risiko bayi sungsang bisa diantisipasi. Asal ibu tahu banyak ibu hamil yang harus dipijat terlebih dahulu agar bayi berada pada posisi yang tepat. Jadi, bersyukur dong jika bayi sudah di posisi yang tepat.

Hanya saja, tentu ibu akan merasa sedikit kurang nyaman, terutama di malam hari saat ibu tidur. Ibu bisa saja sering merasakan kram perut. Meskipun ini hal yang wajar, tetap saja tidak nyaman.

Untuk itu, di usia hamil 9 bulan ini, ada beberapa hal yang sebaiknya ibu lakukan.
1.      Berenang

Tentu saja bukan berarti ibu harus renang layaknya orang yang tidak sedang hamil. Ibu cukup berendam saja. Ketika ibu berendam, tekanan perut akan ke atas sehingga kram pada perut bisa dikurangi.

Akan tetapi, pastikan ibu tidak melakukan kegiatan ini sendiri ya. Sebaiknya ibu didampingi oleh suami. Dikhawatirkan ibu justru mengalami kram pada bagian kaki sehingga ibu tidak bisa keluar dari kolam renang. Ini sangat berbahaya, bukan?

2.      Jalan Santai
Sebenarnya, orang-orang terdahulu yang tidak tahu mengenai kesehatan pun sudah menyarankan agar ibu hamil muda lebih sering jalan santai. Selain untuk menjaga stamina, ini kegiatan yang bagus untuk bayi di dalam kandungan. Dengan bergerak, bayi tidak hanya tidur di dalam rahim saja tapi juga terbangun. Ini akan membuat siklus tidur bayi di dalam kandungan menjadi lebih baik.

Sebaiknya lakukan jalan santai di pagi hari setiap hari. Di siang harinya, ibu perdengarkan musik agar bayi terlelap. Dengan melakukan hal ini, siklus tidur bayi di dalam kandungan teratur sehingga perkembangannya pun optimal.

3.      Ajak Bicara
Banyak ibu hamil 36 minggu was-was. Kenapa? Karena pergerakan bayi tidak seaktif sepertinya sebelumnya. Ternyata, ini ada alasannya. Ukuran tubuhnya semakin besar. Hal ini membuat ruang geraknya di dalam rahim terbatas. Itulah yang sebenarnya membuat bayi di dalam kandungan tidak seaktif seperti sebelumnya.

Akan tetapi, ibu bisa mengajak bicara balita agar ada gerakan kecil di dalam rahim. Ini sangat bagus tidak hanya untuk perkembangan bayi tapi juga untuk menguatkan ikatan batin antara ibu dan sang buah hati.

Setidaknya itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan. 

Tantangan Bagi Ibu Hamil Tua
Banyak orang yang bilang tantangan terberat itu saat hamil muda. Karena pada saat itulah risiko bayi mengalami keguguran sangat tinggi. Jika ditinjau dari hal ini, memang benar. Akan tetapi, bukan berarti hamil tua itu juga tidak kalah menantang.

Ada banyak sekali hal yang akan ibu rasakan saat kehamilan tua, mulai dari sering merasa lelah, mudah lapar, mudah emosi, kram pada bagian perut dan kaki, dan keluhan kesehatan ibu hamil tua lainnya. Namun, yang harus diantisipasi adalah sakit gigi.

Sepertinya tidak ada hubungan antara sakit gigi dengan hamil tua. Ternyata ada lho bu. Bayi yang usianya di dalam kandungan sudah mencapai 36 minggu membutuhkan kalsium yang sangat tinggi. Dan jika ibu tidak mampu mencukupinya, bayi akan mengambil kalsium dari tulang atau gigi ibu. Hal tersebutlah yang membuat ibu mengalami linu pada tulang dan juga sakit gigi.

Dari situlah bisa disimpulkan ketika seorang ibu hamil tua mengalami sakit gigi, itu artinya bayi di dalam kandungan kekurangan kalsium. Dan jika ini dibiarkan terus menerus, bukan haya ibu saja yang mengalami masalah tapi juga bayi di dalam kandungan.


Untuk lebih jelasnya lagi mengenai keluhan kesehatan ibu hamil 9 bulan lainnya, ibu bisa terus menerus menggali informasi lebih lanjut. Yang pasti, ibu harus ekstra hati-hati dalam melakukan aktivitas setiap harinya. Dan yang lebih penting lagi, ibu harus selektif dalam memilih makanan ketika usia hamil 36 minggu.

No comments:

Post a Comment