Sunday, July 24, 2016

Info Ibu Hamil Ini Cocok untuk Mengatasi Konstipasi

info ibu hamil
Ibu dan Balita

Keluhan apa yang ibu alami sekarang? Yang jelas, keluhan tersebut seharusnya tidak lantas membuat ibu bersedih. Ingat ya bu, ada janin yang ada di dalam kandungan.



Akan tetapi, bagaimana jika keluhan tersebut membuat aktivitas sehari-hari terganggu? Tentu saja ibu harus cari tahu apa yang harus ibu lakukan.

Apa ibu masih mengalami konstipasi atau susah buang air besar? Masalah kesehatan yang satu ini sangat mengganggu aktivitas. Perut terasa sebah dan tidak nyaman. Menjalankan kegiatan sehari-hari pun rasanya tidak menyenangkan.

Masalah Konstipasi Saat Hamil
Apakah semua ibu hamil mengalami konstipasi? Menurut info ibu hamil, kebanyakan ibu hamil mengalami masalah yang satu ini. Sama halnya seperti mual dan muntah. Hanya sedikit ibu yang tidak mengalami mual, muntah, dan juga susah buang air besar.

Jangan menyangka bawasannya konstipasi yang dialami oleh ibu hamil itu sama seperti biasanya. Ternyata tidak. Setidaknya ada dua hal yang mengakibatkan masalah kesehatan ini.

Yang pertama, ibu hamil tersebut kekurangan serat. Ini seperti yang dialami oleh semua orang pada umumnya. Jika serat di dalam tubuh kurang, maka masalah seperti konstipasi akan muncul.

Faktor yang kedua adalah peningkatan produksi hormone. Saat hamil, produksi hormone otomatis meningkat. Hal ini disebabkan hormone tersebut memang dibutuhkan oleh janin untuk berkembang. Sayangnya, ada juga implikasi yang kurang baik, yaitu susah buang air besar.

Itulah mengapa diperlukan informasi ibu hamil yang kredibel untuk mengatasi masalah konstipasi saat hamil.

Cara Mengatasi Konstipasi Saat Hamil
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada dua penyebab utama susah buang air besar yang dialami oleh ibu hamil. Yang pertama adalah kekurangan serat. Jadi, yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

Ada cemilan yang bagus untuk menambah serat di dalam tubuh, yaitu buah kurma. Buah yang berasal dari daerah gurun ini ternyata kandungan seratnya sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi kurma, masalah susah buang air besar akan segera teratasi.

Bagaimana cara mengatasi faktor yang kedua, yaitu tingginya produksi hormone? Sayangnya, tidak ada cara yang bisa ibu lakukan. Karena produksi hormone ini akan kembali stabil ketika usia kehamilan sudah mencapai trimester kedua.

Itulah mengapa ibu yang kehamilannya sudah mencapai trimester kedua namun masih merasakan konstipasi sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter kandungan. Mungkin saja ibu kekurangan serat. Atau ada masalah pada sistem pencernaan sehingga membuat ibu mengalami masalah konstipasi hingga usia kehamilan trimester kedua.

Selain itu, ibu juga sebaiknya mengkonsumsi lebih banyak air putih. Mudah sekali tapi sulit untuk dilakukan. Saat hamil, ibu seharusnya mengkonsumsi air putih jauh lebih banyak jika dibandingkan sebelum hamil. Sayangnya, banyak ibu hamil yang susah sekali mengaplikasikan tips yang satu ini.

Untuk info seputar ibu hamil lainnya, ibu bisa dapatkan di forum atau di situs yang dikelola oleh pakar ilmu kesehatan ibu hamil. Mungkin masalah konstipasi ini merupakan masalah yang sangat mudah untuk diatasi.

Ada keluhan lain yang membutuhkan penanganan khusus. Yang terpenting, ibu tidak boleh menyepelekan keluhan yang ibu alami saat hamil. Karena keluhan tersebut bisa menjadi lebih parah sehingga membuat ibu harus istirahat total atau bedrest.


Jika ibu mengetahui lebih banyak tentang info kesehatan ibu hamil serta menerapkan tips-tips menjaga kesehatan kehamilan, ibu tidak akan mengalami hal buruk tersebut.

No comments:

Post a Comment