Thursday, July 28, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Bekerja

Bekerja dan kehamilan sering menjadi pilihan yang sulit. Banyak yang akhirnya resign dan memilih untuk menjaga kehamilan. Hal ini seolah-olah bekerja sangat menggaggu proses kehamilan atau bahkan menyebabkan hal buruk saat hamil.



Padahal, jika mereka tahu tentang info ibu hamil yang satu ini, mereka bisa tetap bekerja tanpa harus mengkhawatirkan kesehatannya sendiri atau kesehatan janin yang dikandung.

Berikut ini informasi menarik yang harus ibu ketahui jika masih memutuskan untuk tetap bekerja saat hamil. Informasi ini seputar hal-hal yang harus ibu hindari saat bekerja.

Hindari Tangga
Beruntung sekali jika kantor di mana ibu bekerja hanya memiliki lantai 1. Itu artinya ibu tidak perlu menggunakan tangga.

Akan tetapi, jika kantor ibu memiliki tangga dan kebetulan ibu sering menggunakan tangga, sebisa mungkin ibu tidak terlalu sering menggunakan tangga tersebut.

Bagaimana jika tidak ada lift? Ibu bisa mencari cara lain agar sebisa mungkin tidak terlalu sering naik turun tangga.

Ini sangat penting karena menurut info untuk ibu hamil yang dijelaskan oleh ahli kesehatan, kegiatan naik turun tangga bisa membuat plasenta tertekan. Dan hal ini bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan ibu dan terutama janin di dalam kandungan.

Hal ini disebabkan plasenta lah yang memberikan suplai nutrisi untuk janin. Dan bagaimana bisa memberikan suplai jika plasenta tidak bisa bekerja dengan maksimal karena sering tertekan disaat ibu sering naik turun tangga.

Hindari Minum Kopi
Paling asyik minum kopi di siang hari, apalagi ketika kondisi badan sangat suntuk, lelah, dan ngantuk. Tentu minuman yang bisa membangkitkan semangat adalah kopi.

Sayangnya, ibu hamil seperti ibu saat ini tidak diperbolehkan mengkonsumsi kopi. Bahkan, mengkonsumsi teh pun sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan. Karena kopi dan juga teh mengandung kafein yang bisa mengakibatkan hal buruk untuk kesehatan janin.

Dilihat dari kadarnya, kafain di dalam kopi jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kafein di dalam teh. Akan tetapi, bukan berarti teh itu bagus ya. Tetap saja minuman teh akan memberikan efek yang buruk jika berlebihan.

Hindari Melewatkan Waktu Istirahat
Sering sekali karena saking sibuknya ibu melewatkan waktu istirahat makan siang. Tahukah ibu apa yang terjadi jika ibu melakukan hal tersebut? Ibu akan mudah lelah dan stress. Mungkin ibu tidak merasa lelah dan stress. Namun, hal tersebut akan diakumulasi. Ibu akan merasakan stress dan capek berat di malam hari ketika sudah sampai rumah terutama di waktu weekend.

Untuk menghindari hal tersebut, ibu dengarkan dan pratekan info kesehatan ibu hamil yang satu ini. Gunakan waktu istirahat sebaik-baiknya. Walaupun tidak merasa lelah, gunakan saja waktu yang sudah disediakan untuk istirahat.

Jangan sampai rasa sedikit lelah tersebut terakumulasi sehingga ibu akan merasa stress berat. Jelas ini kurang baik untuk kesehatan ibu dan uuga janin di dalam kandungan.

Hindari Terlalu Lama Duduk
Konstipasi ternyata juga bisa disebabkan karena terlalu lama duduk meskipun penyebab utamanya adalah kekurangan serat dan mineral. Namun, terlalu lama duduk juga bisa menyumbang munculnya masalah kesehatan yang satu ini.

Lebih dari itu, terlalu lama duduk juga bisa membuat tubuh ibu mudah lelah dan bengkak pada bagian kaki. Untuk itu, selama masa kehamilan, usahakan ibu untuk beranjak dari tempat duduk entah untuk sekedar bediri atau jalan sebentar untuk menghindari hal tersebut.

Itulah beberapa informasi untuk ibu hamil yang perlu untuk diketahui. Karena masa kehamilan bisa dijalani dengan senang walaupun sedang bekerja jika menerapkan tips menjaga kesehatan kehamilan yang tepat.


No comments:

Post a Comment