Monday, April 25, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Keluhan Kesehatan Saat Kehamilan Tua


info ibu hamil
Ibu & Balita
Info ibu hamil kali ini khusus untuk wanita hamil yang masa kehamilannya sudah mencapai usia trimester ketiga. Ibu harus tahu apa saja keluhan yang sering dialami saat kehamilan memasuki usia trimester ketiga atau yang sering disebut dengan hamil tua.


Apa saja keluhan tersebut serta bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasan selengkapnya.

Kram Perut dan Kram Kaki
Jika masa kehamilan ibu sudah mencapai trimester ketiga, bersiaplah karena ibu mungkin akan merasakan kram pada perut dan juga kaki. Kram perut disebabkan karena perut yang semakin membesar dan beban perut semakin berat. Kram pada kaki pun disebabkan hal tersebut. Mungkin ibu perlu tahu lebih banyak seputar info ibu hamil yang berkaitan dengan kram perut dan kram kaki ini.

Namun, satu hal yang harus ibu ketahui bahwa masalah tersebut bisa diatasi dengan cara berenang saja. Dengan berenang, tekanan yang disebabkan beban perut yang semakin berat akan hilang. Oleh karena itu, ibu bisa meluangkan waktu untuk berenang. Ibu bisa mengajak serta suami. Dan bahkan sebaiknya ibu berenang ditemani suami. 

Edema
Apa itu edema? Ini merupakan istilah kesehatan yang digunakan oleh ahli medis untuk menunjukkan pada masalah bengkak pada beberapa bagian tubuh. Menurut kebanyakan info ibu hamil, bengkak sering terjadi pada bagian kaki.

Bengkak pada kaki ini disebabkan adanya penumpukan cairan pada kaki. Hal ini merupakan keadaan yang normal. Saat hamil, tubuh ibu menghasilkan cairan lebih banyak. Sayangnya, cairan tersebut biasanya mengumpul pada bagian kaki sehingga membuat kaki bengkak. Walhasil, ibu akan merasa nyeri dan ibu akan kesulitan berjalan. Sepatu dan sandal tidak muat lagi untuk ibu pakai.

Untuk mengatasi bengkak kaki saat hamil, yang harus ibu lakukan hanya mengurangi waktu berdiri. Segeralah ibu duduk saat kaki mulai bengkak. Akan lebih baik lagi jika posisi kaki ibu lebih tinggi dari tubuh ibu saat duduk.

Payudara Membesar
Jangan khawatir jika ibu nanti akan merasakan payudara ibu semakin kencang. Pada saat kehamilan tua, payudara ibu akan mengencang dan membesar. Itu bukan pertanda buruk. Justru ibu harus senang jika hal tersebut terjadi meskipun ibu akan merasa kurang nyaman. Rasanya susah sekali bernafas saat payudara membesar.

Ibu bisa mencari banyak hal tentang info ibu hamil yang menjelaskan tentang membesarkan payudara pada masa kehamilan trimester ketiga. Namun, kesimpulannya, payudara membesar itu akibat badan ibu sudah mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI jika bayi ibu lahir nanti.

Akan tetapi, untuk mengurasi rasa nyeri dan tidak nyaman, ibu sebaiknya mengganti bra dengan ukuran yang lebih besar. Pilihlah bahan bra yang paling nyaman. Jika perlu, ibu bisa gunakan bra khusus untuk ibu menyusui.

Namun, yang paling penting dari info ibu hamil ini adalah kesiapan ibu untuk menjalani proses persalinan. Dalam hal ini, diperlukan kesiapan fisik maupun psikis. Jadi, ibu tidak cukup hanya mengkonsumsi makanan sehat saja. Ibu harus makan makanan yang membuat ibu bugar dan memiliki banyak energi. Pasalnya, saat persalinan normal, diperlukan banyak energi.

Untuk itu, akan lebih baik jika seorang ibu hamil mulai terbiasa mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan energi. Selain agar ibu bisa beraktifitas setiap hari seperti sebelum mengandung, ibu juga bisa mempersiapkan sedini mungkin agar pada saat persalinan tiba, tubuh ibu bugar dan penuh energi. Untuk itu, ibu perlu mengetahui lebih banyak hal seputar info ibu hamil.


No comments:

Post a Comment