Sunday, April 24, 2016

Ini Lho Info Ibu Hamil tentang Cara Agar Persalinan Normal Lancar

info ibu hamil
Ibu & Balita

Info ibu hamil yang menjelaskan tentang menu makanan bergizi sudah banyak. Kali ini, ibu akan mengetahui bagaimana cara agar persalinan normal lancar. Sepertinya, ibu yang masa kehamilannya sudah mencapai usia trimester ketiga banyak mencari info ibu hamil seperti ini. 

Muncul satu pertanyaan, kenapa banyak sekali ibu hamil yang ingin menjalankan persalinan normal? Padahal ada persalinan caesar yang jelas tidak memerlukan banyak tenaga.

Ternyata, kesadaran pada ibu hamil akan pentingnya melakukan proses persalinan normal saat ini sangat tinggi. Itulah mengapa mereka mulai dari awal kehamilan sudah menerapkan tips yang dijelaskan di berbagai sumber info ibu hamil agar mereka siap dan bisa menjalani proses persalinan normal.

Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan agar proses persalinan normal lancar?

Mengepel Lantai
Pernah dinasehati orang tua agar ibu sering mengepel lantai saat hamil tua? Ini bukan mitos ternyata, tapi fakta ilmiah.
Ternyata, sering mengepel lantai bisa membuat proses persalinan normal nanti mudah dan lancar. Hal ini disebabkan posisi mengepel lantai bisa melatih otot-otot panggul dan juga diafragma. Akan tetapi, pastikan ibu mengepel lantai dengan cara jongkok ya, bukan dengan menggunakan alat bantu pel. Jadi, dengan posisi jongkok saat mengelel, otot pada bagian panggul dan diafragma akan lebih kuat.

Namun, tidak itu saja. mengepel dengan jongkok juga akan membuat dinding perut dan juga diafragma menekan bagian fundus. Akibatnya, panggul tidak akan menyempit sehingga persalinan kemungkinan akan mudah dan lancar.

Dari berbegai sumber seputar info ibu hamil, kebanyakan masalah sulitnya proses persalinan normal itu disebabkan menyempitkan panggul. Dan banyak ibu hamil yang khawatir terhadap masalah yang satu ini. Dengan cara berkonsultasi dengan dokter secara rutin, ibu akan tahu apakah panggul ibu menyempit sehingga proses persalinan normal nanti akan sulit atau tidak. Jika ternyata ya dan ibu masih memiliki waktu, ibu bisa melakukan kegiatan mengepel dengan posisi jongkok.

Senam Ibu Hamil
Sebenarnya tidak jauh beda antara mengepel lantai dengan posisi jongkok dengan senam ibu hamil. Pasalnya, di dalam senam ibu hamil, terdapat gerakan-gerakan yang pada intinya membuat otot-otot kuat dan menghilangkan resiko penyempitan pada bagian panggul.

Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak perlu mengikuti senam ibu hamil. Dengan mengikuti kelas senam untuk ibu hamil, ibu tidak hanya akan lebih siap untuk menghadapi proses persalinan normal, tapi juga pikiran ibu akan lebih fresh. Dengan bertemu banyak ibu hamil di lokasi senam, ibu akan lebih bersemangat karena banyak teman yang hamil seperti ibu.

Jadi, kegiatan apa yang akan ibu pilih sesuai dengan info ibu hamil tersebut di atas? Atau ibu akan melakukan keduanya? Tentu saja tidak masalah jika ibu ingin mempraktekkan keduanya. Hanya saja jangan sampai ibu kelelahan sehingga justru mengganggu kesehatan ibu ya.

Pada masa kehamilan trimester ketiga atau kehamilan tua, ibu akan merasakan beban yang lebih berat. Ibu akan sering merasakan kram perut dan kram kaki. Mungkin juga ibu akan mengalami anemia jika asupan zat besi kurang. Ibu harus selalu menjaga kesehatan. Konsultasi kehamilan lebih sering jika masa persalinan sudah dekat.

Namun, ibu tidak perlu terlalu khawatir. Justru ibu harus rileks agar ibu bisa menjalani sisa masa kehamilan yang tinggal menunggu hari. Temukan aktifitas menarik yang bisa dilakukan saat hamil tua di berbagai sumber infoibu hamil. 

No comments:

Post a Comment