Monday, April 4, 2016

Kenapa Saat Kehamilan Trimester Pertama, Nutrisi Ibu Hamil Tidak Terpenuhi?


Nutrisi Ibu Hamil
Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil menjadi sangat penting karena itulah yang menentukan perkembangan janin. Terutama ketika masa kehamilan masih pada masa trimester pertama atau yang sering disebut dengan hamil muda, nutrisi ini sangat menentukan perkembangan janin di masa kehamilan selanjutnya.



Sayangnya, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah kehamilan saat trimester pertama. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak bisa mencukupi nutrisi ibu hamil. Bagaimana dengan ibu? Apa ibu juga mengalami masalah yang sama?
Ada banyak sekali penyebab kenapa nutrisi ibu hamil tidak terpenuhi pada masa kehamilan trimester pertama.

Gaya Hidup yang Tidak Sehat
Bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan besar, sepertinya sulit sekali untuk menghindari mengkonsumsi makanan fast food atau junk food. Makananan tersebut seolah ada di setiap area perkantoran dan perumahan. Selain mudah didapatkan, harganya pun lebih murah.

Kebiasaan tersebutlah yang menjadikan gaya hidup kebanyakan orang di area perkotaan besar tidak baik. Lebih buruk lagi jika ibu hamil yang setiap hari sudah terbiasa dengan gaya hidup seperti itu. Bukan tidak mungkin nutrisi ibu hamil tidak bisa tercukupi karena fast food atau junk food merupakan jenis makanan yang rendah kandungan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil.

Ketidaktahuan
Bagi wanita yang baru pertama kali hamil, tentu banyak hal yang harus mereka ketahui. Mereka harus lebih banyak membaca artikel atau jurnal kesehatan ibu hamil. Sayangnya, tentu tidak semua hal seputar kehamilan bisa mereka kuasai. Ada banyak sekali nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi serta makanan yang menjadi sumber nutrisi tersebut. Saking banyaknya, bukan tidak mungkin mereka malah justru kebingungan memilih makanan. Akhirnya, ada nutrisi yang berlebihan dan ada nutrisi yang kurang.

Jika ibu baru pertama kali hamil, sebaiknya ibu cari tahu makanan alami yang sehat yang mengandung semua nutrisi ibu hamil. Jangan lupa mengkonsumsi susu ibu hamil karena susu tersebut sudah diformulasikan untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi saat mengandung.

Kehilangan Nafsu Makan
Ini masalah yang sulit untuk dihindari. Kebanyakan wanita hamil muda mengalami masalah yang satu ini, yaitu kehilangan nafsu makan. Tentu saja hal ini berpengaruh pada nutrisi ibu hamil. Jika ibu susah makan, bagaimana nutrisi untuk ibu hamil bisa tercukupi?

Untuk itu, ibu perlu mencari tahu bagaimana menjaga nafsu makan saat sedang hamil muda agar nutrisi ibu hamil  terpenuhi. Biasanya, kehilangan nafsu makan juga diakibatkan morning sickness, yaitu mual dan muntah yang parah. Rasa mual dan sering muntah tersebut membuat ibu hamil lemas dan kehilangan nafsu makanan karena pada akhirnya toh makanan yang dikonsumsi akan dimuntahkan.

Yang jelas, nutrisi ibu hamil itu sangat diperlukan. Apapun kendala yang ibu alami, ibu harus mencari tahu solusinya. Hindari mengkonsumsi makanan yang rendah sekali nutrisinya seperti fast food atau junk food. Update informasi terbatu seputar gizi ibu hamil. Dan jangan lupa agar ibu menjaga nafsu makan ibu setiap hari.

Dari keterangan tersebut di atas, jelas sudah bahwa nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil kadang kala tidak tercukupi karena berbagai hal. Yang penting, sekarang ibu sudah sadar bahwa penting sekali bagi ibu untuk memperhatikan asupan gizi setiap hari. Mulailah menjalankan gaya hidup yang sehat dan konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi ibu hamil.


No comments:

Post a Comment