Tuesday, April 26, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Stretch Marks yang Penting untuk Diketahui


info ibu hamil
Ibu & Balita

Info ibu hamil tentang masalah yang timbul saat mengandung pasti banyak dicari. Hal tersebut bisa berkaitan dengan morning sickness¸diare, konstipasi, pusing yang luar biasa, tubuh tidak bertenaga, dan lain masalah-masalah yang lainnya.

Namun, bagaimana dengan stretch marks? Apa saja info ibu hamil yang selama ini ibu ketahui tentang stretch marks ini? Berikut beberapa hal yang mungkin belum ibu ketahui seputar stretch marks.

Stretch Marks Merupakan Masalah Keturunan
Mungkin ibu tidak percaya jika stretch marks atau garis-garis yang muncul pada perut saat hamil itu disebabkan oleh faktor keturunan. Selama ini ibu mungkin hanya tahu bahwa penyakit menular itu seperti AIDS, diabetes, dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Setelah ibu mengetahui info kehamilan yang satu ini, ibu menjadi mengerti ternyata stretch marks itu bisa disebabkan faktor keturunan. Ibu bisa bertanya kepada orang tua apakah ada yang mengalami stretch marks saat hamil atau tidak. Jika ya, ada kemungkinan faktor keturunan itulah yang menjadikan munculnya stretch marks saat hamil.

Akan tetapi, faktor keturunan ini bukanlah 100% penyebab munculnya stretch marks. Artinya, bukan berarti muncul stretch marks lalu ibu mengatakan hal tersebut karena faktor keturunan.
Pada dasarnya, garis yang muncul pada perut saat hamil itu sangat wajah. Hal tersebut disebabkan ukuran janin membesar sehingga kulit perut akan semakin elastis. Pada saat itulah akan muncul stretch marks.

Stretch Marks Bisa Dihindari
Ada juga lho seorang ibu hamil yang tidak mengalami pengalaman munculnya stretch marks. Sebenarnya bukan berarti tidak ada stretch marks tapi garis-garis pada perut tersebut tidak terlalu banyak. Info ibu hamil yang satu ini harus ibu ketahui.

Untuk mengurangi munculnya garis pada perut, satu hal yang perlu ibu lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral. Jangan biarkan ibu mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini tidak hanya bisa mengganggu perkembangan janin tapi juga bisa menyebabkan stretch marks.

Mineral tidak hanya dari air putih, tapi juga buah-buah segar seperti apel, semangka, dan lain sebagainya. Jadi, ibu perlu memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar ya.

Selain itu, ibu harus terus beraktivitas. Tidak ada alasan ibu tidak perlu beraktivitas saat hamil. Justru jika ibu sama sekali tidak beraktivitas fisik, berat badan ibu akan naik. Jika berat badan naik terlalu banyak, maka yang terjadi adalah munculnya stretch marks. Dengan beraktivitas, lemak jahat akan dibakar sehingga ibu bisa terhindar dari kegemukan. Itu juga artinya ibu terhindar dari stretch marks.

Mengaplikasikan krim memang bisa mengurangi resiko munculnya stretch marks. Akan tetapi, hal tersebut tidak begitu disarankan karena dikhawatirkan adanya zat kimia yang bisa berpengaruh buruk terhadap janin. Apalagi stretch marks tersebut berada di bagian perut yang bisa dikatakan dekat sekali dengan rahim.

Info ibu hamil ini setidaknya bisa membuat ibu semakin tahu hal-hal seputar stretch marks. Yang jelas, jangan terlalu takut jika muncul stretch marks. Hal tersebut bisa diantisipasi dengan menerapkan beberapa hal tersebut di atas.

Akan tetapi, jika ada faktor genetik atau keturunan, maka hal tersebut seperti sulit untuk dihindari. Ada beberapa keluhan lain selain stretch marks yang juga disebabkan oleh faktor genetik. Untuk itu, ibu harus baca juga info ibu hamil. 

No comments:

Post a Comment