Monday, May 16, 2016

Benarkah Kesehatan Wanita Hamil Ditentukan Oleh Kenaikan Berat Badannya?

kesehatan wanita hamil
Ibu dan Balita

Kesehatan wanita hamil ternyata bisa ditentukan sebarapa tinggi kenaikan berat badan ibu selama masa mengandung. Hal inilah yang seharusnya diperhatikan oleh seorang ibu hamil. Jadi, dengan mengetahui berat badannya selama masa kehamilan, ia bisa mengetahui apakah kesehatannya baik atau tidak.


Untuk itulah mengapa seorang ibu hamil harus tahu berapa kenaikan berat badan ideal agar ia bisa memastikan apakah ia sudah menjaga kesehatan wanita hamil atau belum. Jadi, dengan mengetahui berat ideal wanita hamil, ia bisa mengontrol apakah ia harus lebih banyak mengkonsumsi makanan atau justru mengurangi.

Salah Kaprah Pemahaman Masyarakat 
Sangat disayangkan memang ketika masyarakat khususnya kaum hawa yang hanya mengerti bahwa saat berat badan wanita hamil naik, itu adalah tanda bahwa kesehatan wanita hamil terjadi. Padahal, bukan itu intinya. Ada berat badan ideal khusus untuk ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya. Jadi, jika kenaikannya di bawah atau di atas berat badan ideal seorang wanita hamil, maka ada indikasi terdapat masalah yang berkaitan dengan kesehatan kehamilan.

Salah kaprah selanjutnya adalah banyaknya masyarakat yang menganggap seorang wanita hamil harus lebih banyak makan. Padahal, tahukah ibu apa yang akan terjadi jika ibu yang sedang posisi mengandung mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak? Ibu akan mudah merasa mual dan muntah. Belum lagi ada resiko naiknya berat badan melebihi normal. Padahal, ibu sudah tahu sendiri bahwa berat badan ideal lah yang menjadi tanda bahwa kesehatan wanita hamil terjaga.

Cara Agar Berat Badan Ibu Hamil Ideal 
Jadi, ibu sekarang sudah tahu bahwa kesehatan ibu hamil itu bisa dilihat dari berapa kenaikan berat badannya. Lalu, bagaimana cara agar kenaikan berat badan mencapai angka ideal?

Yang pertama, ibu harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit namun dalam frekuensi yang lebih banyak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bawasannya mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak justru akan membuat ibu hamil mudah merasa mual atau muntah.

Jadi, seorang ibu hamil bisa memastikan mendapatkan nutrisi dengan jumlah yang cukup dengan cara mengkonsumsi sedikit makanan namun frekuensinya diperbanyak. Ibu bisa makan 4-5 kali setiap hari. Dengan cara tersebut, kenaikan berat badan akan ideal sehingga kesehatan ibu hamil tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Selain itu, ibu juga harus mengkonsumsi susu ibu hamil. Pasalnya, di dalam susu ibu hamil, terdapat nutrisi yang dibutuhkan dengan jumlah yang seimbang. Dan yang paling penting lagi, susu ibu hamil tidak mengandung kadar gula yang tinggi sehingga ibu tidak perlu takut akan mengalami kelebihan berat badan. 

Jadi, mudah bukan menerapkan cara menjaga kesehatan wanita hamil?

Hati-Hati Berat Badan Ibu Hamil Tidak Idea
Banyak sekali ibu hamil yang mengalami berat badan di bawah normal. Hal ini biasanya disebabkan bayi di dalam kandungan tidak berkembang normal. Tidak sedikit pula yang akhirnya bayi lahir dalam keadaan prematur. Beberapa organ tubuh tidak berkembang sempurna sehingga bisa saja bayi lahir dalam keadaan cacat.

Jadi, itulah mengapa seorang ibu hamil harus memperhatikan kenaikan berat badannya saat sedang mengandung. Agar ibu lebih yakin apakah berat badan ibu ideal atau tidak, ibu harus tanya kepada dokter atau bidan setiap kali melakukan konsultasi kehamilan. Hal ini disebabkan berat badan ibu hamil menjadi salah satu indikator apakah ibu sudah berhasil menerapkan cara menjaga kehamilan wanita hamil atau tidak.

No comments:

Post a Comment