Monday, May 23, 2016

Tips Ibu Hamil Muda agar Olahraga Tidak Berubah Menjadi Bencana

tips ibu hamil muda
Ibu dan Balita

Tips ibu hamil muda kali ini akan membahas seputar olahraga. Untuk menjaga kebugaran mulai saat hamil trimester pertama, setiap ibu hamil sangat disarankan untuk rutin melakukan olahraga. Hanya saja, jangan sampai olahraga justru membuat kesehatan ibu memburuk.

Memang olahraga itu sangat penting. Namun, ibu harus ketahui tips kehamilan muda berikut ini agar ibu tidak salah dalam melakukan olahraga.

Pilihlah Olahraga yang Ibu Suka
Percuma jika ibu merasa terpaksa melakukan olahraga yang tidak ibu suka. Pilihlah jenis olahraga yang sangat ibu sukai. Karena jika olahraga tersebut ibu sukai, maka ibu akan dengan senang hati melakukannya.

Lain hal jika olahraga yang ibu lakukan tidak ibu sukai. Akhirnya, ibu akan merasa terpaksa. Bukannya tubuh akan merasa segar tapi ibu akan merasa capek dan bahkan stress karena tidak merasa bahagia melakukan olahraga tersebut.

Jadi, yang harus ibu lakukan adalah memilih olahraga yang ibu sukai. Hanya saja, harus dipahami bawasannya tidak semua olahraga itu boleh dilakukan oleh ibu hamil ya. Aerobik sama sekali tidak diperkenankan. Olahraga yang membuat ibu harus bergerak sangat aktif dan esktrim harus dihindari.

Mungkin ibu bisa mempertimbangkan tips kehamilan muda mengenai olahraga yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil seperti jalan sehat, berenang, senam ibu hamil, yoga ibu hamil, dan lain sebagainya. Mungkin, ibu bisa pratekkan secara bergantian. Untuk minggu ini, ibu bisa coba jalan sehat di taman kota. Ajaklah suami agar lebih menyenangkan.  Untuk minggu selanjutnya, ibu bisa mencoba berenang. Bahkan, berenang ini sangat dianjurkan karena tidak hanya membuat tubuh ibu bugar tapi juga mengatasi kram perut dan juga kram kaki.

Pilih Olahraga Yang Mudah Untuk Ibu Lakukan
Tidak sedikit ibu hamil muda yang tidak bisa menerapkan tips ibu hamil muda berupa menjaga kebugaran dengan cara berolahraga karena alasan tidak memiliki waktu. Mereka sibuk dengan pekerjaan kantor atau bisnis yang mereka jalankan. Apalagi di pagi hari mereka harus menyiapkan banyak hal untuk sang suami.

Tentu saja alasan tersebut bisa dimaklumi. Mungkin ibu juga merasakan hal yang sama. Hanya saja, ibu harus tahu juga tidak semua olahraga itu membutuhkan waktu yang banyak lho.

Contohnya saja senam ibu hamil. Ini merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Ada gerakan yang bisa ibu lakukan di mana hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Gerakan ini akan lebih bagus jika dilakukan setiap pagi sebelum beraktivitas.

Hanya saja, ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Melakukan senam ibu hamil bukan tips ibu hamil muda jika usia kehamilan masih sangat muda sekali. Ketahui lebih banyak seputar senam ibu hamil serta gerakan yang boleh dilakukan sesuai dengan usia kehamilan.

Olahraga Sekaligus Bekerja
Ada juga lho olahraga yang bisa dilakukan sembari bekerja. Bagi ibu yang setiap hari beraktivitas di rumah menjadi ibu rumah tangga, membersihkan rumah juga termasuk olahraga lho. Apalagi jika ibu sering ngepel dengan jongkok. Gerakan ngepel jongkok tersebut akan membuat proses persalinan normal nanti akan semakin mudah.

Bagaimana jika ibu seorang wanita karir? Berjalanlah setiap 1 jam sekali entah untuk mengambil minuman atau untuk mengcopy dokumen. Bukankah jalan juga termasuk olahraga?Yang terpenting adalah apa yang ibu lakukan membuat ibu bahagia. Karena dengan ibu bahagia, bayi di dalam kandungan juga bahagia dan perkembang baik. Itulah yang terpenting dari semua tips ibu hamil muda.

No comments:

Post a Comment