Tuesday, May 10, 2016

Hal Kecil Ini Bisa Menggagalkan Semua Cara Menjaga Kehamilan


cara menjaga kehamilan
Ibu & Balita

Cara menjaga kehamilan sangat rumit. Bahkan, hal kecil yang dianggap tidak akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil saja ternyata bisa berakibat buruk terhadap ibu dan juga janin.


Itulah yang menjadi penyebab kenapa seorang ibu hamil harus konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan atau bidan setempat. Konsultasi tersebut harus dilakukan rutin satu bulan sekali. Selain itu, mereka harus banyak mencari tahu informasi seputar cara menjaga kehamilan.

Info seputar cara menjaga kesehatan ibu hamil tidak hanya tentang makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi atau kegiatan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ibu juga harus mengerti hal-hal kecil yang bisa mengganggu kesehatan seorang ibu hamil.

Salah satu hal kecil dan dianggap sepele adalah memakai pakaian ketat saat hamil. Walaupun sekarang ini ada banyak sekali baju ketat yang khusus dibuat untuk ibu hamil karena bahannya yang melar, sebaiknya seorang ibu hamil menghindari mengkonsumsi model pakaian seperti itu.

Akibat Memakai Pakaian Ketat Saat Hamil
Banyak ibu hamil yang merasa nyaman memakai pakaian ketat walaupun sedang hamil. Padahal, hal buruk bisa saja terjadi pada diri mereka. Yang paling sering terjadi adalah naiknya asam lambung. Hal ini disebabkan pakaian yang ketat menekan bagian perut sehingga membuat asam lambung naik.

Namun, yang paling berbahaya adalah terhambatnya sirkulasi darah. Jika hal ini terjadi, tidak hanya kesehatan ibu yang akan terganggu, tapi juga perkembangan janin. Pasalnya, nutrisi yang harusnya disalurkan ke janin menjadi terhambat.

Dari dua contoh bahaya memakai pakaian ketat tersebut, jelas sudah bahwa sebaiknya seorang ibu hamil menghindarinya. Sekalipun mereka sudah menerapkan cara menjaga kehamilan, maka hasilnya pun akan sia-sia jika setiap hari mereka memakai pakaian ketat. Terutama bagi wanita hamil tua, pakaian ketat harus disimpan dulu di lemari untuk sementara waktu hingga sang buah hati lahir ke dunia.

Agar Menarik, Ibu Hamil Tidak Perlu Memakai Pakaian Ketat
Bagi wanita yang sudah terbiasa memakai pakaian ketat, mungkin mereka merasa tidak menarik ketika harus memakai pakaian yang sedikit lebih longgar. Padahal, saat mereka hamil, mereka justru tampak menarik dan seksi saat memakai pakaian hamil.

Saat ini berbagai jenis pakaian didesain khusus ibu hamil, mulai dari pakaian kerja, kaos oblong ibu hamil, dan pakaian santai lainnya. Bahkan, ada juga produsen kaos yang membuat kaos lucu khusus untuk ibu hamil. Kaos tersebut dibuat dengan ukuran sesuai dengan usia kehamilan. Di kaos tersebut, terdapat gambar bayi untuk menunjukkan bahwa pemakai kaos tersebut sedang hamil.

Yang jelas, jangan sampai karena ingin tampil menarik seorang ibu hamil membuat cara menjaga kehamilan tidak berhasil. Apa yang mereka lakukan dalam menerapkan tips untuk menjaga kehamilan itu agar kesehatannya tetap terjaga dan perkembangan janin optimal. Sayang sekali jika semua itu harus sia-sia hanya karena ibu ingin tampil menarik dengan menggunakan pakaian ketat.

Ada saatnya di mana seorang wanita harus meninggalkan egonya, yaitu saat ia hamil. Pada saat itulah, selama kurang lebih 9 bulan, ia harus fokus untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Ia akan kecewa sekali jika ternyata bayi yang dilahirkan dalam keadaan kesehatan yang kurang baik dan bahkan cacat. Untuk itu, ia harus fokus dan konsisten dalam menerapkan cara menjaga kehamilan.


No comments:

Post a Comment