Wednesday, May 18, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Kehamilan Lewat 9 Bulan yang Sering Membuat Was-Was

info ibu hamil
Ibu dan Balita

Info ibu hamil memang seharusnya menjadi topik bacaan setiap hari. Apalagi jika usia kehamilan ibu sekarang ini sudah mencapai trimester ketiga. Ibu harus lebih banyak mengetahui informasi penting seputar kesehatan kehamilan tua serta persalinan.


Yang tak kalah penting adalah info ibu hamil seputar kehamilan yang sudah melewati usia 9 bulan. Memang tidak sedikit ibu yang mengandung melewati usia 9 bulan. Namun, ada beberapa hal yang patut untuk ibu waspadai saat kehamilan melewati usia 9 bulan.

Berat Badan Bayi Di Atas Normal
Tentu tidak aneh jika berat badan bayi di atas normal ketika ia di dalam rahim melebihi usia 9 bulan. Ia berkembang terus di dalam rahim. Hanya saja, hal ini harus diantisipasi. Pasalnya, jika pertambahan berat badan bayi cukup signifikan, kemungkinan besar ibu akan mengalami kesulitan dalam melakukan persalinan normal.

Dari beberapa kasus yang sudah terjadi, dokter kandungan akan menyarankan untuk melakukan operasi caesar jika berat badan bayi melebihi angka normal. Hal ini disebabkan dokter kandungan tidak mau mengambil resiko dengan tetap melakukan persalinan normal. Hal ini sangat beresiko terhadap keselamatan ibu dan juga bayi.

Sebenarnya ada banyak sekali info ibu hamil yang bisa ibu ketahui di mana informasi tersebut berkaitan dengan tips agar bayi dalam kandungan memiliki berat badan ideal. Hanya saja, jika masa kehamilan melebihi 9 bulan, sepertinya percama saja menerapkan cara tersebut. Secara normal, bayi memang terus berkembang. Dan kalau usianya sudah melebihi 9 bulan, maka bayi akan menjadi lebih berat.

Setelah mengetahui info ibu hamil seperti ini, akan lebih baik jika ibu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan. Hal ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi apakah ada kemungkinan ibu akan mengalami kehamilan lewat bulan atau tidak.

Ketuban Habis
Sebenarnya, air ketuban yang menjadi salah satu penentu kehidupan bayi di dalam rahim. Jika air ketuban habis, maka bayi bisa meninggal di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, jika ibu tidak merasa adanya kontraksi pada perut padahal kehamilan sudah mencapai 9 bulan, maka sebaiknya ibu langsung periksakan kondisi kesehatan dengan dokter kandungan. Dikhawatirkan hamil lewat 9 bulan mengakibatkan air ketuban berkurang dan tiba-tiba habis.

Dari berbagai info ibu hamil, ada juga kasus di mana air ketuban berubah menjadi keruh saat usia kehamilan melebihi usia 9 bulan. Untuk hal semacam ini, hanya dokter kandungan yang mengetahui. Biasanya, dokter kandungan akan memberikan solusi agar ibu menjalani proses persalinan dengan cara dipaksa. Artinya, ibu akan diberi obat agar terjadi kontraksi sehingga si kecil bisa aktif bergerak. Istilahnya, bayi dipaksa untuk lahir.

Sebenarnya, dari sekian ibu hamil, hanya sedikit sekali ibu hamil yang melahirkan sang buah hati sesuai dengan HPL atau hari perkiraan lahir. Kebanyakan melakukan proses persalinan melebih usia kehamilan 9 bulan. Semoga info ibu hamil ini tidak membuat ibu terlalu khawatir jika ibu mengalami hal seperti itu.


Hanya saja, dua hal tersebut di atas harus ibu waspadai. Tanggungjawab ibu belum selesai jika sang buah hati belum lahir ke dunia. Ibu harus tetap menjaga kesehatan hingga proses persalinan tiba. Untuk itulah ibu harus banyak mencari tahu apa saja seputar kehamilan terutama tentang kehamilan lewat 9 bulan dengan cara membaca tulisan tentang info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment