Thursday, May 26, 2016

Isu Paling Menyeruak Seputar Kesehatan Wanita Hamil yang Bekerja

kesehatan wanita hamil
Ibu dan Balita

Apakah ibu seorang wanita karir? Tentu tidak mudah menjalani profesi sebagai wanita karir sementara perut semakin membesar. Sebuah tantangan tersendiri bagi ibu hamil yang berprofesi sebagai wanita karir. Diperlukan perjuangan yang ekstra. Karena di satu sisi ibu harus menjaga menjaga kehamilan. Sementara itu, di sisi lain, ibu harus tetap aktif bekerja karena itu merupakan tuntutan pekerjaan.


Akan tetapi, jangan sampai ibu resign hanya karena hamil ya. Banyak ibu hamil yang akhirnya mengundurkan diri hanya karena khawatir tidak bisa menjaga kesehataan saat hamil. Padahal, ada tips khusus untuk menjaga kesehatan wanita hamil yang kesehariannya harus bekerja keras di kantor.

Agar ibu terbebas dari kekhawatiran seputar perkembangan janin yang kurang baik akibat ibu terlalu capek dengan pekerjaan, ibu perlu tahu isu apa saja yang sering muncul terkait dengan wanita hamil yang bekerja.

Berikut informasi selengkapnya.

Sering Merasakan Keluhan Kesehatan
Sebenarnnya, setiap ibu hamil bisa mengalami keluhan kesehatan mulai dari morning sickness, pusing, anemia, dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat wajar sekali. Apalagi beberapa keluhan sering disebabkan oleh faktor hormonal.

Namun, dibandingkan dengan ibu rumah tangga, memang wanita karir yang sedang mengandung sering merasakan keluhan berupa sering merasakan capek yang luar biasa. Apakah itu disebabkan karena beban kerja?

Tidak bisa dipungkiri jika beban kerja berpengaruh terhadap hal tersebut. Akan tetapi, hal sepele yang sangat mempengaruhi adalah posisi duduk. Jika setiap ibu habiskan waktu duduk, maka bukan tidak mungkin ibu merasa capek dan sering pusing karena posisi duduk yang salah.
Usahakan ibu membawa tambahan bantal untuk ditaruh di belakang. Bantal dijadikan sandaran agar ibu tidak membungukuk saat duduk. Membungkuk tidak hanya akan membuat ibu lebih cepat capek tapi juga tidak baik untuk perkembangan janin. Peredaran darah akan terganggu dan akhirnya nutrisi tidak akan tersalurkan dengan baik.

Rawan Keguguran
Isu lain yang tak kalah sering terdengar terkiat dengan wanita hamil yang bekerja adalah keguguran. Memang banyak sekali bayi keguguran ketika ibu yang mengandung merupakan wanita karir. Stress dan pola makan yang kurang baik menjadikan kesehatan ibu hamil tidak terjaga. Akhirnya, bayi di dalam kandungan tidak berkembang normal dan akhirnya keguguran. Tentu saja setiap wanita tidak ingin hal tersebut terjadi. Keguguran hanya bisa diantisipasi dengan cara menjaga kesehatan kehamilan.

Khusus untuk wanita karir yang mengandung, mereka harus lebih ekstra dalam menerapkan tips kesehatan ibu hamil. Mereka harus lebih banyak mendapatkan asupan nutrisi lantaran nutrisi dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Itulah mengapa salah satu tips menjaga kesehatan ibu hamil yang berprofesi sebagai wanita karir adalah membawa cemilan sehat. Hal ini disebabkan wanita hamil mudah sekali merasa lapar. Sementara wanita karir hanya bisa makan pada waktu istirahat saja. Untuk itu, cemilan bisa menjadi pengganjal rasa lapar selagi waktu istirahat belum tiba.

Penjelasan tersebut di atas tidak lantas menganggap seorang ibu rumah tangga memiliki beban yang lebih ringan daripada wanita karir. Setiap dari mereka memiliki masalah yang berbeda. Tentu saja diperlukan cara yang berbeda pula.

Menjadi wanita hamil memang berat. Ibu harus menjaga kesehatan ibu sendiri dan juga janin di dalam kandungan. Dengan menerapkan tips menjaga kesehatan ibu hamil, kesehatan keduanya dipastikan selalu terjaga.


No comments:

Post a Comment