Tuesday, May 24, 2016

Mengenal Ciri-Ciri Kesehatan Wanita Hamil Memburuk

kesehatan wanita hamil
Ibu dan Balita

Sebelumnya, selamat karena ibu akan segera memiliki sang buah hati. Yang harus ibu lakukan sekarang hanyalah memastikan bayi yang ibu kandung berkembang baik sehingga bayi sehat dan lahir tanpa suatu cacat apapun.


Untuk mewujudkan tujuan tersebut, tentu saja ibu harus melakukan hal yang tidak mudah. Ibu harus menjalankan semua tips menjaga kesehatan kehamilan agar ibu dan janin sehat. Dan yang tak kalah penting, ibu juga harus tahu beberapa hal yang membahayakan kesehatan wanita hamil.

Sebenarnya, wajar sekali jika seorang ibu hamil mengalami keluhan kesehatan seperti mual, pusing, mudah lelah, sakit pinggang, kram, anemia, dan lain sebagainya. Keluhan tersebut bisa bersifat hormonal (dipengaruhi oleh produksi hormone) atau juga disebabkan nutrisi ibu hamil yang tidak seimbang.

Untuk itu, yang perlu ibu lakukan adalah mengkonsumsi makanan dan minuman sehat serta konsultasi kehamilan dengan bidan atau dengan dokter kandungan. Dengan menerapkan dua hal tersebut, dipastikan ibu akan sehat selama masa kehamilan.

Penting juga bagi ibu untuk mengetahui tanda-tanda jika kesehatan ibu semakin buruk. Apa saja tanda-tanda tersebut?

Muntah Hingga Tubuh Lemas
Muntah saat hamil sering juga disebut dengan morning sickness. Muntah menjadi pertanda bawasannya produksi hormone yang dibutuhkan untuk perkembangan janin meningkat. Tentu ibu harus senang saat ibu muntah karena itu tanda janin berkembang.

Sayangnya, ada juga efek sampingnya. Tidak sedikit ibu hamil yang kehilangan tenaga karena setiap pagi muntah. Mereka mengeluarkan semua makanan yang sudah dikonsumsi hingga ia tidak memiliki tenaga.

Kondisi ini harus diwaspadai jangan sampai semakin buruk. Banyak kasus seperti yang akhirnya ibu hamil tersebut disarankan untuk melakukan bedrest. Untuk mengantisipasi hal tersebut, yang perlu ibu lakukan adalah mencari cara yang tepat agar mual dan muntah tidak berlebihan.

Sering Ngilu Pada Bagian Tulang
Sebenarnya, bukan hanya ibu saja yang akan merasa sakit saat ngilu pada bagian tulang. Itu juga menjadi tanda bawasannya janin kekurangan nutrisi berupa kalsium.

“Kok bisa?” Karena saat janin tidak mendapatkan kalsium dengan jumlah yang dibutuhkan, janin akan mengambil kalsium dari tulang dan juga gigi ibu. Itulah mengapa ibu hamil sering mengalami ngilu pada bagian tulang dan juga sakit gigi. Itu bukan hanya tanda kesehatan ibu memburuk, tapi juga ada kemungkinan janin tidak berkembang maksimal jika keluhan tersebut tidak diantisipasi.

Berat Badan Tidak Naik
Idealnya, seorang ibu hamil akan memiliki berat badan yang lebih tinggi dibandingkan saat belum hamil. Sayangnya, ada juga lho ibu hamil yang berat badannya tidak kunjung naik. Padahal, ada tabel yang menunjukkan kenaikan berat badan ibu hamil ideal.

Saat berat badan ibu hamil tidak naik atau naik namun masih di bawah normal, maka ada dua kemungkinan. Yang pertama, berat badan ibu menurun. Yang kedua, berat janin tidak naik. Kemungkinan yang kedua ini yang sangat perlu dikhawatirkan karena berat janin yang tidak naik menandakan janin tidak berkembang maksimal.

Saat masalah ini muncul, bidan atau dokter kandangan akan melakukan beberapa tindakan seperti menyarankan agar mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Namun, agar ibu mendapatkan solusi yang tepat, sebaiknya ibu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan terlebih dahulu dan meminta untuk melakukan pemeriksaan USG. Hal ini penting untuk memastikan apakah berat badan turun disebabkan janin tidak berkembang atau memang berat badan ibu yang turun.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu lebih perhatikan seputar kesehatan kehamilan. Semoga, ibu dan bayi sehat selalu hingga nanti  proses persalinan.

No comments:

Post a Comment