Thursday, March 31, 2016

Menkonsumsi Susu Ibu Hamil Bisa Membuat Gemuk?


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Apakah menkonsumsi susu ibu hamil bisa membuat ibu menjadi gemuk dan kelebihan berat badan? Menjaga berat badan yang tepat bagi ibu hamil adalah hal yang penting. Ibu hamil dengan berat badan yang kurang memang dapat menyebabkan bayi di dalam kandungan kekurangan asupan gizi. Sebaliknya, jika berat badan ibu hamil berlebih pun ibu akan lebih sulit beraktifitas. Ibu beserta bayi pun menjadi lebih beresiko terkena masalah kesehatan lainnya.


Jika berat badan ibu hamil berlebih dan ibu menkonsumsi susu ibu hamil, ibu perlu lebih teliti melihat apakah berat badan yang berlebih memang disebabkan oleh menkonsumsi susu ibu hamil, atau apakah ada faktor lainnya.

Menkonsumsi susu secara rutin selama hamil dapat membantu mencukupi  nutrisi ibu hamil seperti kalsium, vitamin D, protein, dan asam folat yang memiliki peran penting dalam kesehatan ibu hamil dan bayi. Namun, salah satu penyebab berlebihnya berat badan ibu hamil adalah karena konsumsi susu ibu hamil yang berlebihan. Untuk menghindari konsumsi berlebihan, ibu hanya perlu menkonsumsi susu paling banyak 2 gelas dalam sehari.

Tapi bagaimana jika ibu sudah menkonsumsi susu ibu hamil tidak lebih dari 2 gelas sehari, namun berat badan ibu tetap berlebih? Jika kasusnya seperti ini, berarti ada kemungkinan besar bahwa penyebab masalah berat badan ibu bukanlah dari susu yang ibu konsumsi. Ada beberapa faktor yang juga bisa berkontribusi dalam masalah berat badan yang ibu alami.

Pola makan tidak sehat

Pola makan tidak teratur dan kurang sehat pastinya sangat berperan terhadap kurang atau lebihnya berat badan, khususnya bagi ibu hamil. Tidak menkonsumsi fast food ketika mengandung sangat dianjurkan, dan bahkan makanan olahan lainnya. Penyebab utamanya adalah karena kandungan minyak dan lemak tidak sehat yang ada di dalam makanan tersebut, belum lagi tambahan bahan pengawet atau pemanis buatan lainnya.

Sebaiknya, ibu mencoba memasak dan mempersiapkan makanan dari rumah dengan menggunakan bahan makanan yang alami dan tidak terlalu berlemak. Hindari juga makanan yang di goreng, ya.

Kurang beraktifitas

Faktor lain yang sangat berperan dalam menentukan berat badan adalah kegiatan sehari – hari ibu hamil. Kehamilan memang terkadang membuat ibu menjadi tidak bersemangat untuk melakukan terlalu banyak aktifitas, dan aktifitas yang berlebih pun tidak baik untuk kesehatan ibu dan keselamatan janin. Namun, masih banyak aktifitas ringan yang dapat mendorong ibu agar tetap aktif tanpa membuat ibu terlalu lelah.

Aktifitas ringan yang dapat ibu hamil lakukan misalnya berjalan kaki selama setengah jam setiap harinya. Ibu tidak perlu berjalan terlalu cepat, tapi jalan kaki sangat baik untuk refreshing, dan justru dapat mengurangi kelelahan. Selain itu, masih banyak aktifitas lain yang bisa dilakukan ibu hamil, seperti senam kehamilan, yoga, atau mengikuti perkumpulan ibu hamil dimana ibu pasti akan bisa melakukan banyak kegiatan bersama ibu hamil lainnya.

Faktor genetik

Jika penyebab berat badan berlebih adalah faktor genetik, maka memang tidak banyak yang ibu bisa lakukan kecuali untuk lebih menjaga pola makan dan beraktifitas cukup selama kehamilan. Walaupun ibu tidak bisa merubah faktor genetik, namun ibu bisa mengurangi resiko dan lebih menjaga kesehatan ibu hamil beserta janin di dalam kandungan.

Coba ibu perhatikan, ada faktor di atas yang kira – kira mempengaruhi berat badan ibu yang berlebih atau tidak. Bisa saja masalah berat badan yang ibu hadapi memang disebabkan oleh konsumsi susu ibu hamil yang berlebih, atau dikarenakan faktor – faktor lain yang disebutkan di atas.

No comments:

Post a Comment