Thursday, March 10, 2016

Info Ibu Hamil Mengenai Tempe Sebagai Makanan Enak dan Sehat

Info ibu hamil kali ini akan menjelaskan tentang tempe. Ibu pasti tahu makanan yang satu ini. Bisa dikatakan tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Beruntung jika ibu suka mengkonsumsi tempe.



Sayangnya, tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata dengan tempe ini. Mereka menganggap tempe bukanlah makanan berkelas. Tempe adalah makanan kampung. Padahal, jika mereka tahu kandungan apa saja yang ada di dalam tempe, maka mereka tidak akan menganggap seperti itu.

Berikut info ibu hamil yang menjelaskan bagaimana tempe merupakan makanan enak dan sehat bagi ibu yang sedang mengandung.

Kandungan di dalam Tempe
Apakah ibu tahu apa bahan dasar yang digunakan para pengerajin untuk membuat tempe? Betul sekali, kacang kedelai. Apakah ibu tahu kandungan gizi apa saja yang ada di dalam kedelai? Ini yang harus ibu ketahui.

Banyak sekali info seputar ibu hamil yang sudah menjelaskan tentang kandungan yang terdapat di dalam kacang kedelai. Akan tetapi, bagi ibu hamil, ada tiga kandungan yang sangat penting.

Yang pertama adalah kandungan berupa asam folat. Mungkin ibu selama ini sudah mengkonsumsi susu ibu hamil setiap hari yang mengandung asam folat. Akan tetapi, tidak salah jika ibu memperbanyak asam folat dengan cara mengkonsumsi tempe agar resiko bayi lahir dalam keadaan cacat bisa benar-benar ditekan. Ibu harus tahu ternyata kebanyakan bayi lahir dalam keadaan cacat itu dikarenakan kurangnya asupan nutrisi berupa asam folat. Oleh karena itu, ibu tidak harus malu untuk mengkonsumsi tempe ya karena makanan yang satu inilah yang akan memastikan ibu tidak kekurangan asam folat selama masa kehamilan.

Yang kedua adalah protein. Untuk kandugan yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh protein. Terlepas dari banyaknya manfaat tersebut, ketahuilah info ibu hamil seputar peranan protein untuk mengontrol nafsu makan. Pada saat hamil, ibu akan mudah sekali merasa lapar. Nafsu makan tidak terkontrol sehingga ibu bisa mengalami obesitas.

Namun hal tersebut bisa diantisipasi. Dengan mengkonsumsi tempe yang kaya akan protein, ibu akan mampu mengontrol nafsu makanan. Pasalnya, protein akan membuat ibu merasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga ibu tidak merasa ingin selalu makan.

Kandungan yang ketiga adalah kalsium. Janin sangat membutuhkan kalsium untuk perkembangan tulangnya sejak masih ada di dalam rahim. Untuk itu, protein di dalam kacang kedelai dibutuhkan untuk memastikan perkembangan tulang optimal.

Dari penjelasan seputar info ibu hamil tersebut di atas, jelaslah sudah bahwa salah jika tempe dianggap sebagai makanan kampungan apalagi makanan yang tidak bergizi. Hal tersebut salah. Justru tempe merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Sisi Negatif Tempe untuk Ibu Hamil
Setelah ibu mengetahui kandungan serta manfaat dari tempe, agar lebih obyektif ibu juga perlu tahu sisi negatif dari makanan tersebut. Ternyata, tempe juga bisa menimbulkan resiko terkena masalah kolesterol dan juga obesitas. Hal ini bisa terjadi jika ibu terlalu banyak mengkonsumsi tempe yang digoreng. Silakan konsultasi kehamilan terlebih dahulu untuk menentukan apakah ibu beresiko terkena kolesterol dan obesitas atau tidak.

Untuk ibu hamil yang sudah positif mengalami masalah obesitas, sangat disarankan agar mengkonsumsi tempe yang direbus saja. Ada banyak menu makanan berbahan tempe yang proses pengolahannya tidak perlu digoreng.

Yang jelas, ada sisi positif dan ada juga sisi negatif. Yang perlu ibu lakukan adalah bagaimana mengambil sisi positif dari tempe sebanyak-banyaknya sesuai dengan pengetahuan yang ibu dapatkan dari info ibu hamil

No comments:

Post a Comment