Wednesday, March 2, 2016

Info Ibu Hamil tentang Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan

info ibu hamil
Ibu dan Balita

Info ibu hamil tidak hanya seputar bagaimana kesehatan janin dalam kandungan terjaga, tapi juga tentang bagaimana mempersiapkan kelahiran nanti. Untuk kali ini, ibu harus tahu informasi seputar bagaimana agar ibu siap memberikan ASI kepada si kecil jika ia lahir nanti.



Untuk ibu yang masa kehamilannya sudah masuk trimester ketiga, penting sekali bagi ibu untuk mengetahui info ibu hamil tentang persiapan menyusui sebelum melahirkan. Apakah itu bisa dilakukan? Tentu saja. Jadi sebenarnya jika ibu benar-benar ingin memberikan ASI eksklusif ketika si kecil lahir nanti, ibu perlu memperhatikan apa saja yang seharusnya ibu lakukan agar ibu siap untuk memberikan ASI eksklusif.
Hal-hal yang Perlu Dilakukan
Tidak sedikit ibu yang akhirnya menyalahkan diri mereka sendiri ketika mereka tidak bisa memberikan ASI. Saat bayi lahir, justru ASI mereka tidak keluar. Tentu saja ibu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Untuk itu, penting bagi ibu untuk memperhatikan info seputar ibu hamil tentang langkah persiapan menyusui saat si kecil masih ada di dalam kandungan.
Salah satu hal yang sebaiknya ibu lakukan adalah melakukan terapi pijat payudara. ASI itu diproduksi oleh kelenjar tertentu di dalam tubuh ibu. Untuk mengaktifkan kelenjar tersebut, sebenarnya ibu tidak perlu melakukan apa-apa. Tuhan telah mengatur kelenjar tersebut secara otomatis agar memproduksi ASI.
Akan tetapi, agar kelenjar tersebut bekerja lebih efektif, ibu perlu datang ke seroang therapist pijat payudara. Dengan pijat payudara ini, kelenjar yang memproduksi ASI akan semakin siap. Terapi ini bisa ibu lakukan saat kehamilan masuk usia 6 bulan.
Tahukah ibu apa itu colostrum? Colostrum merupakan ASI yang pertama kali keluar dari puting ibu. Colostrum ini kaya akan gizi sehingga ibu harus berikan kepada bayi yang ibu lahirkan nanti.
Dalam hal ini, ibu perlu perhatikan info ibu hamil yang satu ini, yaitu hindari menggunakan bra yang ketat saat hamil. Ganti bra yang longgar agar tidak mengganggu produksi colostrum. Selain itu, bra yang longgar membuat ibu lebih nyaman mengingat payudara ibu membesar selama masa kehamilan.
Dan hal yang tak kalah penting adalah nutrisi ibu saat hamil. Pada dasarnya, makanan sehat yang ibu konsumsi setiap hari selama masa kehamilan tidak hanya memberikan nutrisi yang lengkap agar ibu dan janin dalam kandungan sehat. Lebih dari itu, nutrisi tersebut juga harus membuat tubuh ibu siap untuk memproduksi ASI ketika si kecil lahir nanti.
Hal penting tersebut di atas perlu untuk ibu perhatikan. Tentu saja info ibu hamil lainnya juga tak kalah penting. Akan tetapi, untuk mempersiapkan menyusui ketika masih sedang mengandung, ibu perlu praktekkan tips tersebut di atas.
Persiapan Mental
Tahukah ibu banyak ibu yang akhirnya tidak bisa memberikan ASI karena mental mereka tidak siap? Tertekan, stres, dan merasa terlalu khawatir dengan apa yang nanti harus dilakukan setelah si kecil lahir menjadi pemicu ASI susah keluar. Untuk itu, penting bagi ibu agar mulai sekarang ibu harus menjaga psikis. Usahakan agar ibu tidak stres. Selain tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan, stres ternyata juga menjadi salah satu penyebab ASI susah keluar. Dan jangan lupa agar ibu konsultasi kehamilan jika ibu mengalami masalah kesehatan selama masa kehamilan.

Jadi, itulah beberapa hal yang layak untuk ibu perhatikan. Tentu saja ibu ingin sehat dan ketika si kecil lahir, ibu ingin memberikan ASI, bukan? Untuk itu, perhatikan apa yang telah dijelaskan sesuai dengan info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment