Tuesday, March 1, 2016

Info Ibu Hamil tentang Bahaya atau Tidaknya Mengkonsumsi Susu Kedelai

info ibu hamil
Ibu dan Balita

Info ibu hamil berikut ini lebih bersifat konfirmasi terhadap kabar yang beredar di masyarakat seputar bahaya susu kedelai. Banyak yang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai, resiko keguguran itu sangat tinggi. Itulah mengapa banyak ibu hamil yang enggan mengkonsumsi susu kedelai.



Apakah ibu juga percaya dengan pernyataan tersebut? Jika ibu pernah mendengar pernyataan tersebut kemudian ibu ragu apakah harus mempercayai atau tidak, sebaiknya ibu baca dulu penjelasan selengkapnya tentang pengaruhi susu kedelai terhadap perkembangan janin berikut ini agar ibu bisa melihat secara obyektif seputar susu kedelai ini. Berikut info ibu hamil selengkapnya.
Benarkah Susu Kedelai Berbahaya bagi Ibu Hamil?
Pertama-tama, pernyataan yang selama ini diamini atau dipercaya oleh masyarakat tentang bahaya susu kedelai bagi kesehatan ibu hamil bukanlah hal yang keliru. Hanya saja, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar.
Memang benar menurut info seputar ibu hamil, kedelai bisa menyebabkan keguguran. Hanya saja resiko tersebut bisa terjadi ketika masa kehamilan baru berusia trimester pertama. Hal ini mungkin dikarenakan perkembangan janin belum begitu sempurna dan rahim belum kuat sehingga susu kedelai bisa mengakibatkan keguguran.
Oleh karena itu, jika masa kehamilan ibu pada saat ini baru masuk usia trimester pertama, maka sebaiknya ibu menghindari mengkonsumsi susu kedelai, melainkan konsumsilah susu ibu hamil biasa.
Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil
Dari penjelasan tersebut di atas, jelaslah bahwa ibu hamil yang sudah masuk trimester kedua dan ketiga boleh mengkonsumsi susu kedelai. Bahkan, ibu justru akan mendapatkan berbagai manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalam susu kedelai.
Jika ibu sering membaca artikel tentang info ibu hamil terutama tentang makanan sehat untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan, ibu pasti tahu bahwa kedelai mengandung protein yang sangat tinggi. Protein inilah yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk berkembang. Sementara itu, bagi ibu hamil sendiri, protein akan membantu untuk mengontrol nafsu makan. Artinya, ibu tidak akan kurus karena kehilangan nafsu makan atau tidak akan terlalu gemuk kerena sulit sekali mengontrol nafsu makan.
Itu baru kandungan berupa protein saja. Belum lagi kandungan dalam susu kedelai berupa asam folat untuk menghindari bayi lahir dalam keadaan cacat, lemak nabati untuk mengatasi kolesterol, vitamin, dan lain sebagainya. Tentu dari situlah ibu tidak perlu ragu lagi bahwa ternyata susu kedelai itu banyak sekali manfaatnya.
Cemilan Kacang Kedelai
Mungkin ibu sudah terbiasa dengan mengkonsumsi susu ibu hamil yang bukan terbuat dari kacang kedelai. Jika ya, maka ibu juga bisa mengambil manfaat kacang kedelai dalam bentuk yang lain. Sekarang ini banyak sekali cemilan yang terbuat dari kacang kedelai. Ini bisa ibu jadikan cemilan sehat selama masa kehamilan.
Hanya saja, perlu ibu ketahui juga karena tingginya kandungan protein dalam kedelai, ibu perlu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Dikhawatirkan tubuh ibu atau janin dalam kandungan tidak bisa menerima protein dengan jumlah yang banyak. Harus dipahami bahwa kesehatan setiap ibu hamil itu berbeda-beda. Dan tidak semua nutrisi itu bagus untuk ibu hamil.

Yang jelas, ibu sekarang sudah lebih terbuka dan lebih obyektif memandang susu kedelai untuk ibu hamil. Semoga ibu bisa menjawab pertanyaan jika ada teman yang sedang hamil yang khawatir mengkonsumsi susu ibu hamil. Ibu bisa share artikel tentang info ibu hamil ini.

No comments:

Post a Comment