Wednesday, March 30, 2016

Info Kehamilan yang Perlu Ibu Ketahui Saat Mengandung Bayi Kembar



Info kehamilan berikut ini perlu sekali untuk diperhatikan bagi ibu yang sedang mengandung bayi kembar. Setidaknya, dengan mengetahui info berikut ini, ibu tahu apa kendala yang ibu akan hadapi dan bagaimana cara menghadapinya.


Yang jelas, menjalani masa kehamilan bayi kembar bukanlah hal yang ringan. Lebih berat daripada mengandung satu bayi. Tantangan untuk memastikan kedua bayi sehat dan berkembang normal hingga nanti proses persalian pun lebih susah.

Berikut info kehamilan yang perlu ibu ketahui saat sedang mengandung bayi kembar.

Sering Merasa Lelah
Dengan perut yang membesar dan ada dua janin yang ibu sedang kandung sekarang ini, tentu saja ibu akan lebih sering merasa lelah. Oleh sebab itu, ibu harus benar-benar mengatur aktivitas setiap hari ya. Jangan sampai ibu terlalu memvorsir diri ibu sehingga ibu tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Bahkan, akan lebih baik jika saat ibu mengandung bayi kembar, ibu lebih banyak istirahat agar terhindar dari terlalu sering merasa lelah.

Selain itu, perhatikan juga menu makanan setiap hari. Ibu perlu mencari info kehamilan seputar makanan yang tinggi kandungan kalorinya. Hal tersebut diperlukan agar ibu memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas dan tidak mudah merasa lelah.

Sedikit Lebih Susah Ketika Bernafas
Banyak yang menganggap perut yang besar akibat mengandung dua janin membuat ibu hamil sedikit susah bernafas. Akan tetapi, bukan itu penyebabnya.

Saat ibu mengandung bayi kembar, produksi hormon progesteron sangat tinggi. Pada saat itulah penyerapan oksigen kedua janin lebih banyak sehingga ibu sedikit lebih sensitif terhadap karbondioksida. Saat ibu mengeluarkan karbondioksida, ibu akan sedikit merasa kesusahan.

Morning Sickness yang Parah
Dari sekian banyak keluhan, ibu yang sedang hamil bayi kembar sering merasakan morning sickness yang sangat parah. Muntah membuatnya sangat lemas karena hampir semua makanan yang dikonsumsi dikeluarkan semua. Hal itulah yang menyebabkan ibu hamil bayi kembar merasa sangat lemah sekali.

Pada kondisi tersebut, ibu perlu mencari tahu seputar info kehamilan untuk mengatasi masalah morning sickness yang berlebihan tersebut. Dengan harapan ibu bisa aktif setiap hari dengan stamina yang cukup karena ibu tidak memuntahkan semua makanan yang ibu konsumsi.

Nyeri pada Bagian Punggung
Untuk kondisi yang seperti ini, sebenarnya tidak ada hubungannya dengan produksi hormon. Ibu hamil satu bayi saja akan mengalami nyeri pada bagian punggung. Hal ini dikarenakan beban perut semakin berat.

Ibu bisa bayangkan bagaimana jika masa kehamilan sudah mencapai trimester ketiga dan di dalam rahim ada dua janin. Tentu beban perut semakin berat, bukan? Dan hal tersebut jelas berpengaruh terhadap rasa nyeri pada bagian punggung.

Pada saat ibu mengalami nyeri pada bagian punggung, ibu perlu lebih banyak istirahat dengan cara lebih sering berbaring sambil bersantai. Selain itu, pastikan kandungan kalsium tercukupi agar rasa nyeri punggung tidak semakin parah.

Dari info kehamilan ini, pelajaran apa yang ibu dapat? Ternyata, menjadi ibu hamil bayi kembar itu tidak mudah, bukan? Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak bisa mengatasi kendala tersebut. Yang jelas, ibu pantas untuk bergembira karena akan ada dua buah hati yang akan mewarnai kehidupan ibu nanti. Jadi, yang perlu ibu lakukan saat ini adalah menjaga kesehatan dua bayi kembar yang ibu kandung dengan cara mencari semua hal yang diperlukan seputar info kehamilan.


No comments:

Post a Comment