Friday, March 11, 2016

Info Ibu Hamil yang Wajib Diketahui Saat Masa Kehamilan Trimester Kedua

info ibu hamil
Ibu dan Balita

Info ibu hamil sering menjelaskan banyak hal seputar tips menjaga kehamilan. Tentu saja sebagai ibu hamil, ibu harus tahu banyak tentang tips menjaga kehamilan. Akan tetapi, adakah hal spesifik yang perlu ibu lakukan saat masa kehamilan ibu memasuki trimester kedua?


Sebelumnya, selamat ya ibu sudah melewati masa kehamilan trimester pertama. Banyak yang menganggap bahwa kehamilan trimester pertama merupakan masa yang sangat berat. Banyak sekali tantangan seperti mual dan muntah setiap hari, sakit kepala, anemia, dan lain sebagainya. Belum lagi dengan tinggi resiko keguguran dikarenakan rahim belum begitu kuat sehingga goncangan sedikit saja bisa berakibat pada keguguran. Setidaknya dengan mengetahui serta menerapkan apa yang telah dijelaskan di dalam info ibu hamil, ibu sekarang sudah melewati masa berat tersebut.

Sekarang, ibu tinggal menjalankan apa yang sebaiknya ibu lakukan saat usia kehamilan menginjak trimester kedua. Apa sajakah hal yang perlu ibu lakekan?

Vaksiniasi
Mungkin ibu jarang mendengar info ibu hamil yang satu ini. Namun, ibu perlu pertimbangkan untuk mendapatkan vaksin ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester kedua.

Apa urgensinya? Jelas hal ini sangat urgen. Tahukah ibu pada usia trimester kedua ibu mudah sekali terserang penyakit? Yang harus ibu ketahui adalah bahwa usia janin dalam kandungan sudah bisa dikatakan sempurna. Janin sudah memiliki organ tubuh tertentu. Itulah mengapa perut ini semakin buncit. Janin juga sudah bisa bergerak lho.

Karena perkembangannya yang sangat pesat, artinya janin juga membutuhkan lebih banyak nutrisi. Jika nutrisi kurang, kemungkinan nutrisi yang seharusnya ibu dapatkan justru diambil oleh si kecil. Dalam kondisi seperti ini, ibu bisa mengalami masa kesehatan.
Belum lagi dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Resiko ibu terkena penyakit sangat tinggi. Itulah mengapa vaksinisasi diperlukan.

Bukannya bisa mengkonsumsi obat saat sakit? Sebenarnya bisa. Tapi, apakah ibu mau mengkonsumsi obat berbahan kimia saat janin ada di dalam kandungan? Menurut info seputar ibu hamil, apapun yang ibu konsumsi bisa berpengaruh terhadap perkembangan janin. Oleh sebab itu, akan lebih bijak jika ibu tidak mengkonsumsi obat berbahan kimia. Hindari terkena penyakit dengan cara vaksinasi ya.

Lebih Banyak Mengkonsumsi Makanan Mengandung Kalori
Saat usia kehamilan memasuki trimester kedua, ibu harus siap-siap. Badan akan terasa sering lesu. Ibu semakin malas untuk melakukan kegiatan apapun karena perut semakin membesar. Rasanya berat sekali membawa tubuh ibu sendiri.

Untuk itu, penting sekali bagi ibu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori. Ibu tidak perlu makan nasi terlalu banyak. Ibu hanya perlu membawa cemilan yang mengandung kalori tinggi. Jika ibu suka buah, pisang bisa menjadi pilihan yang tepat karena kandungan kalori yang cukup tinggi pada buah pisang.

Sering Berkomunikasi dengan Bayi
Bisakah bayi di dalam kandungan diajak berkomunikasi? Tentu saja bisa ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Umumnya, bayi akan merespon dengan gerakan seperti tendangan jika ibu ajak untuk bicara.

Bahkan, jika tidak ada gerakan sedikit pun pada usia kehamilan trimester kedua, sepertinya ibu perlu untuk melakukan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan. Bayi yang sehat itu ketika sudah bisa bergerak saat usianya mencapai trimester kedua.


Menjadi ibu hamil itu hal yang sangat menakjubkan. Sebuah anugrah jika ibu bisa mengandung sang buah hati. Oleh karena itu, ibu harus bersyukur dengan cara selalu menjaga kehamilan dengan menerapkan apa yang sudah dijelaskan sesuai dengan info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment