Tuesday, March 1, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Hubungan Kualitas Tidur dengan Obesitas


info ibu hamil
Ibu dan Balita


Info ibu hamil berikut ini akan mengupas tentang bagaimana kualitas tidur bisa berpengaruh terhadap obesitas atau kegemukan. Seperti yang telah ibu ketahui bahwa obesitas merupakan problem seorang ibu hamil yang tidak boleh dianggap enteng. Pasalnya, obesitas ini bisa memberikan efek buruk bagi janin seperti terganggunya perkembangan dalam kandungan, persalinan susah, dan menularnya penyakit obesitas pada janin.



Untuk itulah mengapa penting sekali bagi ibu untuk mengetahui tips seputar ibu hamil yang bisa menghindarkan dari masalah obesitas ini. Dari sekian banyak tips yang sudah ibu ketahui, apakah ibu tahu ternyata ada hubungan antara kualitas tidur dengan obesitas?
Memang terdengar tidak masuk akal. Akan tetapi, sebenarnya ada lho hubungan antara obesitas pada masa kehamilan dengan kualitas tidur. Untuk lebih jelaskan, ibu bisa bisa membaca keterangan lebih lengkap berikut ini.
Kualitas Tidur dan Obesitas saat Hamil
Mungkin ibu hanya mengira bahwa obesitas pada saat hamil itu dipengaruhi oleh pola makan yang kurang baik serta kurangnya berolahraga. Info ibu hamil tersebut memang benar. Hanya saja, ternyata kualitas tidur yang kurang baik juga mendukung munculnya masalah obesitas ini.
Beberapa kasus membuktikan bahwa jika seorang ibu hamil memiliki kualitas tidur yang kurang baik, mereka cenderung memiliki masalah obesitas. Hal ini lebih dikarenakan sistem metabolisme yang kurang berjalan optimal. Pada malam hari yang seharusnya sistem metabolismenya istirahat, justru bekerja. Apalagi jika ibu sering begadang sambil mengkonsumsi makanan kecil. Tentu resiko terkena masalah obesitas semakin tinggi.
Oleh karena itu, penting sekali bagi ibu untuk mengatasi masalah sulit tidur atau yang sering disebut insomnia. Ketahui tips seputar info hamil agar terhindar dari insomnia dan memiliki kualitas tidur yang baik. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan sehat dan minum susu ibu hamil satu jam sebelum tidur. Jangan biasakan ngemil makanan kecil setiap kali sebelum tidur. Selain berpotensi terhadap obesitas, hal tersebut juga membuat ibu akan sulit tidur.
Hal Lain yang Mempengaruhi Obesitas Saat Hamil
Tidak bisa dipungkiri bahwa obesitas merupakan masalah yang sangat berbahaya. Resikonya bisa menjadikan janin tidak berkembang normal sehingga terjadi keguguran. Namun, yang paling sering terjadi adalah sulitnya masa persalinan sehingga dokter biasanya merekomendasikan untuk melahirkan tidak normal atau caesar.
Tentu saja pilihan untuk melahirkan tidak normal bukan pilihan utama bagi ibu, bukan? Setiap ibu pasti ini melahirkan secara normal agar merasakan bagaimana menjadi seorang ibu sepenuhnya.
Untuk itu, ibu perlu tahu info ibu hamil untuk mengantisipasi munculnya masalah obesitas ini. Selain mengatur waktu tidur malam dan mengusahakan untuk memiliki kualitas yang baik saat tidur, ibu juga harus mengupayakan agar selalu bergerak. Dalam hal ini, ibu tidak harus berolahraga. Yang ibu perlu lakukan hanya bergerak, entah untuk mengerjakan kegiatan kecil apapun.
Jika perlu, ibu bisa mengikuti senam ibu hamil atau yoga. Hanya saja, olahraga yang paling sederhana dan paling mudah untuk dilakukan namun efeknya sangat baik bagi kesehatan seorang ibu hamil adalah berjalan dengan kaki telanjang atau tanpa alas. Betapa mudahnya melakukan kegiatan jalan kaki setiap hari, bukan?

Namun, ibu juga tidak boleh lupa untuk konsultasi kehamilan secara rutin. Setidaknya, ibu datang ke bidan atau dokter kandungan satu kali dalam satu bulan untuk mengetahui perkembangan janin serta berat  badan ibu dan janin. Masalah apapun tak terkecuali obesitas bisa dihindari jika ibu menerapkan info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment