Tuesday, March 8, 2016

Info Ibu Hamil yang Penting untuk Mengatasi Kelebihan Berat Badan

info ibu hamil
Ibu dan Balita

Info ibu hamil berikut ini perlu untuk diketahui bagi wanita yang sedang mengandung yang mengalami masalah dengan berat badan di atas normal. Kondisi kesehatan seperti ini sering disebut dengan obesitas atau kegemukan. Bagi ibu hamil, tentu hal ini bukan perkara yang sepele. Hal ini dikarenakan kemungkinan pengaruh buruk obesitas terhadap janin yang ada di dalam kandungan.



Ibu pasti sudah pernah dengar bukan resiko persalinan sulit dan bahkan keguguran bagi ibu hamil yang mengalami obesitas. Untuk itu, perlu untuk diketahui bagaimana menanganinya.
Apakah Ada Diet untuk Ibu Hamil?
Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah info seputar ibu hamil berkaitan dengan program diet. Apakah diperbolehkan seorang wanita yang sedang mengandung menjalankan diet.

Sekilas diet itu kurang baik, bagi janin dan juga ibu hamil itu sendiri. Pasalnya, diet dikonotasikan sebagai proses di mana nafsu makan ditekan sehingga orang yang diet tersebut tidak terlalu banyak makan. Padahal, seorang ibu hamil justru harus makanan lebih banyak karena kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janin dalam kandungan harus terpenuhi.
Sebuah dilema. Di satu sisi asupan nutrisi harus ditambah, di sisi yang lain harus mengurangi porsi makan untuk mengatasi kelebihan berat badan.

Dalam hal ini, harus jelas bahwa program diet untuk ibu hamil itu bukan pengurangan porsi makan, melainkan mengatur makan. Memang menurut info ibu hamil seputar cara mengatasi obesitas saat hamil, seorang ibu hamil harus melakukan diet. Hanya saja sistem dietnya yang berbeda. Bagi ibu hamil, diet berarti memaksimalkan sistem pencernaan sehingga bisa bekerja optimal. Oleh karena itu, zat-zat yang tidak berguna tak terkecuali lemak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. itulah mengapa salah satu langkah diet untuk ibu hamil adalah mengkonsumsi makanan berserat.

Selain itu, cara diet selanjutnya adalah menghindari makanan yang diolah secara digoreng. Jika ibu sekarang mengalami masalah kelebihan berat badan padahal sedang mengandung, ibu perlu mengetahui info ibu hamil yang satu ini. Makanan yang cara mengolahannya digoreng mengadung lemak yang tinggi sehingga akan membuat masalah obesitas yang ibu alami tidak akan teratasi, namun justru semakin parah. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan yang dikukus.

Banyak sekali menu makanan nusantara yang proses masaknya dengan cara dikukus. Jadi, ibu tida perlu merasa tersiksa karena tidak hanya gorengan saja yang lezat, tapi makanan yang dikukus juga tak kalah enak.

Perlukah Mengkonsumsi Obat?
Apakah ada obat yang diformulasikan untuk mengatasi masalah obesitas pada ibu hamil? Sebenarnya ada. Hanya saja, obat tersebut harus diawali dari konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan. Dengan konsultasi tersebut, dokter akan memberikan saran serta pertimbangan apakah ibu perlu mengkonsumsi obat atau tidak.
Biasanya, obat akan diberikan ketika masalah obesitas yang ibu alami sangatlah parah sehingga membahayakan bagi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Hanya saja, pertimbangan lain juga harus diambil oleh dokter kandungan. Itulah mengapa ibu perlu konsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan agar jelas urgensinya apakah ibu perlu mengkonsumsi obat atau tidak.
Jika tidak ada urgensi, maka sebaiknya ibu cukup menjalankan program diet ibu hamil saja seperti mengkosumsi makanan yang direbus, menghindari gorengan, serta makan makanan berserat. Untuk itu, ibu perlu memperkaya pengetahuan seputar info ibu hamil.



No comments:

Post a Comment