Tuesday, August 23, 2016

Forum Ibu Hamil Membahas Kehamilan Secara Inseminasi

Masih banyak orang yang menyangka bawasannya forum ibu hamil itu wadah komunitasi para ibu hamil saja. Di sana mereka share info tentang kehamilan, cara menjaga kehamilan, tentang perkembangan janin, dan lain sebagainya.



Padahal tidak. Forum tersebut juga membahas tentang program-program sebelum kehamilan lho. Itu artinya forum ini terbuka bagi siapa saja, tidak terkecuali mereka yang belum hamil dan ingin sekali hamil.

Oleh sebab itu, ada juga forum untuk ibu hamil yang membahas tentang program kehamilan seperti inseminasi.

Ibu tahu apa itu inseminasi? Ini berbeda dengan bayi tabung. Berikut penjelasan selengkapnya.

Inseminasi Bukan Bayi Tabung
Banyak orang yang salah sangka terhadap inseminasi ini. Tidak sedikit yang menganggap inseminasi merupakan bayi tabung. Padahal, sangat jauh berbeda. Dari proses hingga biayanya saja beda.

Jika biaya tabung menelan biaya 60 hingga 70 juta, inseminasi hanya membutuhkan biaya 2-3 juta saja. Tentu biaya tersebut tergantung rumak sakit dan juga treatment yang harus diberikan kepada calon ibu hamil.

Dan proses inseminasi jelas berbeda dengan bayi tabung. Secara mudahnya, proses inseminasi merupakan proses di mana sperma suami di masukkan ke rahim istri sehingga bisa membuahi sel telur. Sementara itu, jika menggunakan cara bayi tabung, sperma membuahi sel telur di laboratorium.

Dokter akan menggunakan alat tertentu untuk memasukkan sperma ke dalam rahim dalam proses inseminasi. Alat tersebut dinamakan dengan kateter.

Memamg proses bayi tabung lebih pasti daripada proses inseminasi. Karena pada dasarnya inseminasi itu adalah proses pembuahan alami. Hanya saja ada bantuan dari dokter di mana sperma dimasukkan ke dalam rahim.

Kebanyakan pasangan suami istri tidak kunjung memiliki momongan karena sperma suami tidak mampu mencapai dan membuahi sel telur. Oleh sebab itu, bantuan yang dilakukan adalah dengan cara inseminasi.

Ada beberapa ibu yang share di forum untuk ibu hamil di mana proses inseminasi mereka berhasil. Namun, ada juga yang gagal.

Namun, yang pasti ini adalah cara yang paling tepat jika ibu sudah lama tidak dikaruniai anak padahal ibu dan suami ibu sehat. Ada kemungkinan sperma tidak mampu membuahi sel telur sehingga inseminasi menjadi ikhtiar yang tepat untuk ibu coba.

Pengambilan Sperma
Beberapa suami kurang setuju dengan cara insemniasi ini. Alasannya mereka harus mengeluarkan sperma secara paksa. Artinya, mereka harus melakukan masturbasi.

Sebenarnya ada cara lain untuk mengambil sperma selain cara masturbasi, yaitu pengambilan sperma melalui buah zakar.

Jadi, berkat teknologi saat ini, sebenarnya sudah ada cara agar pasangan suami istri bisa memiliki anak. Dengan cara inseminasi ini, kemungkinan keinginan ibu untuk bisa hamil bisa terjadi.

Meskipun demikian, ibu harus konsultasikan dulu dengan dokter. Hal ini penting untuk memastikan apakah memang inseminasi ini menjadi jalan yang tepat agar ibu hamil. Dokter akan memberikan pertimbangan medis sesuai dengan kondisi kesehatan ibu dan juga suami ibu.

Dan yang tak kalah penting lagi, ibu harus berbicara dan membuat kesepakatan dengan suami. Karena terkadang ada orang yang tidak berkenan untuk menggunakan teknologi untuk sesuatu hal seperti yang satu ini.


Yang pasti, inseminasi bukanlah bayi tabung. Inseminasi bisa dikatakan pembantu saja agar sperma bisa mencapai dan membuahi sel telur. Dan dari segi biaya, banyak ibu yang akhirnya hamil berbagi di forum-forum ibu hamil mengatakan bawasanya biaya inseminasi cukup terjangkau, berkisar antara 2 hingga 3 juta rupiah.

No comments:

Post a Comment