Wednesday, August 10, 2016

Perkembangan Janin Yang Harus Ibu Pahami

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Hamil merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi wanita. Dan bagi Ibu yang sedang hamil sebaiknya mengetahui perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Karena dengan begitu ibu bisa mengerti apa yang harus dilakukan untuk menjaganya.



Agar lebih jelasnya sebaiknya anda mengetahui perkembangannya dari minggu ke minggu.

Minggu pertama, kehamilan dihitung dari hari terakhir ibu menstruasi. Hitungan itu hanya untuk mempermudah penghitungan perkiraan kelahiran. Pada minggu ini sedang terjadi pembuahan. Ada sekitar 5 juta sel sperma berenang menuju sel telur untuk melakukan pembuahan. Pada fase ini ada satu sel sperma yang bisa masuk dalam indung telur.

Minggu kedua sel telur yang sudah dibuahi membelah diri sampai menjadi 32 (morula) sambil berjalan ke tuba falopi dan sampai rahim. Sel-sel terus membelah setiap harinya dua kali. Dan pada hari ke 12 perkembangan janin dalam perut ibu sudah menempel ke dinding rahim. Biasanya disertai keluarnya bercak darah atau flek. Tapi itu normal.

Minggu ketiga janin sudah menjadi balstosit yang ukurannya 0,1-0,2 mm dan minggu keempat janin sudah berbentuk embrio. Pada minggu ini biasanya baru bisa dites dengan tes kehamilan.

Minggu ke-5 sampai minggu ke-6 janin sudah berkembang menjadi 2-4 mm dan sudah membentuk struktur manusia.

Minggu ke-7 janin sebesar biji kacang hijau dan minggu ke-8 janin ibu sudah mulai membentuk mata, telingan dan organ lainnya.

Minggu ke-9 janin sudah mulai bergerak karena jari tangan dan kaki mulai terbentuk tapi ibu belum bisa merasakannya.

Minggu ke-10 semua organ tubuh sudah berbentuk dan otak berkembang sangat pesat dan beratnya 7 gram. Dan ke-11 rambut, kuku mulai tumbuh dan sudah menguap. Panjang janin ibu sudah 6,5 cm.

Minggu ke-12 atau perkembangan janin 3 bulan beratnya sudah mencapai 14 gram. Dan seluruh anggota tubuh mulai sempurna.

Minggu ke-13 plasenta berkembang guna memenuhi oksigen bayi dan beratnya 19 gram dan kepalanya mulai membesar dengan cepat. 

Minggu ke-14 beratnya 25 gram dan rambut halus mulai tumbuh di seluruh tubuh. Dan minggu ke-15 bayi ibu sudah bisa menghisap ibu jarinya.

Minggu ke-16 dan 17 bayi sudah sempurna dan beratnya sudah 100 gram. Minggu ke-18 bayi sudah bisa mendengar. Sebaiknya ibu biasakan dengan lantunan-lantunan atau diajari dengan didikan yang lainnya.

Minggu ke-19 panjang bayi sudah 16 cm dan sudah mempunyai kemampuan motorik. Dan minggu ke-20 dan 21 bayi sudah cukup berkembang dan mampu menelan dari cairan dan panjangnya 20 cm.

Minggu ke-22 dan 23 bayi mulai banyak bergerak dan proporsi anggota tubuhnya sudah mulai seimbang serta tangan dan kakinya sudah sempurna.

Perkembangan janin 6 bulan ( minggu ke-24) paru-paru sudah mulai bisa menerima oksigen. Dan di minggu ke 25 ia sudah mengalami cegukan dan tulangnya menguat.

Minggu ke-26 si kecil sudah mengedipkan mata, dan minggu ke-27 tingginya sudah mencapai 38 cm. Sedangkan minggu ke-29 sampai ke-30 bayi ibu mulai banyak bergerak dan panjangnya sudah 40 cm.

Minggu ke-31 dan 32 otak bayi berkembang sangat pesat dan warna kulitnya berwaran kemerahan. Maka sebaiknya ibu mulai merangsang otaknya dengan sering-seringlah perdengarkan alunan musik.

Dan perkembangan berikutnya yaitu minggu ke-33 sampai 40 adalah masa-masa penyempurnaan sampai ia siap untuk lahir ke dunia. Pada perkembangan janin inilah anda harus lebih fokus untuk mendidiknya agar kelak menjadi anak yang cerdas.


No comments:

Post a Comment