Tuesday, August 23, 2016

Info Ibu Hamil tentang Flek Ketika Usia Kehamilan Sudah Mencapai 2 Bulan

Flek biasanya muncul di awal kehamilan. Hal ini dialami ketika kehamilan baru berusia beberapa hari.



Namun, ada juga lho flek yang dialami oleh ibu hamil padahal kehamilan sudah mencapai usia 2 bulan. Apakah itu pertanda buruk?

Info ibu hamil semacam ini memang harus diketahui, terutama ibu yang sekarang hamil. Jika ibu juga masih flek padahal usia kehamilan sudah mencapai 2 bulan atau bahkan lebih, ibu tidak perlu khawatir.

Memang flek sering dikatakan sebagai pertanda buruk. Namun, sebaiknya ibu baca dulu penjelasan berikut ini agar ibu tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Flek dan Penyebabnya
Masyarakat awam tahu flek itu merupakan darah yang keluar dari vagina. Warna darah ini hampir sama dengan warna darah ketika haid. Namun, darah flek lebih kecoklatan.

Secara medis, flek merupakan darah yang keluar ketika janin mulai ada di dalam rahim, lebih tepatnya mulai menempel pada dinding rahim. Ketika janin menempel pada rahim, proses tersebut membuat ada bagian rahim yang terkelupas dan akhirnya keluar berupa darah.

Apakah hal ini berbahaya? Sebenarnya tidak. Bahkan, hal ini sangat wajar terjadi. Hanya saja, ada juga ibu hamil yang mulai awal kehamilan hingga persalinan tidak pernah mengalami flek.

Namun, ibu memang harus berhati-hati jika ketika masa kehamilan sudah mencapai 2 bulan tapi ibu masih mengalami flek. Beberapa forum berbagi informasi ibu hamil membahas tentang hal ini. Dan banyak juga ibu hamil yang flek pada saat hamil 2 bulan dan akhirnya harus bedrest.

Akan tetapi, itu risiko terburuknya. Ibu perlu tahu juga beberapa hal terkait dengan flek.

Yang Perlu Dilakukan agar Flek berhenti
Jika dilihat dari penyebab flek secara umum, darah yang keluar tersebut keluar dari mulut vagina karena janin mulai menempel pada rahim. Itu artinya, jika janin sudah menempel sempurna pada rahim, seharusnya flek itu sudah tidak muncul lagi.

Akan tetapi, jika flek masih muncul hingga usia kehamilan 2 bulan, apakah yang sedang terjadi?

Mungkin saja ada guncangan yang terjadi selama masa kehamilan. Memang janin sudah menempel sempurna. Akan tetapi, ibu harus tahu janin usia muda sangat rentan sekali keguguran saat terjadi guncangan. Dan keguguran tersebut biasanya dimulai dari munculnya flek.

Ibu bisa lihat dari beberapa diskusi di forum ibu hamil di mana banyak ibu hamil yang mengalami flek disebabkan karena terlalu lelah dengan pekerjaan yang mereka kerjakan setiap hari.

Cara yang paling tepat untuk mengatasi flek ini adalah dengan berhenti melakukan pekerjaan yang melelahkan. Mungkin ibu bisa cuti dalam kurun waktu beberapa hari hingga flek tidak terjadi lagi.

Akan lebih baik lagi jika ibu melakukan pemeriksaan USG Transvaginal. Pemeriksaan seperti ini diperlukan untuk memastikan apa penyebab flek yang terjadi pada ibu.

Kemungkinan ibu akan disarankan untuk bedrest. Sampai berapa lama? Tergantung kondisi kesehatan ibu. Ada yang perlu bedrest beberapa hari saja.

Namun, tidak jarang ibu hamil yang disarankan untuk bedrest hingga proses persalinan. Saran yang satu ini diberikan bagi ibu hamil yang kondisi rahimnya sangat lemah dan besar kemungkinan terjadi keguguran jika ibu tersebut harus bergerak atau beraktivitas.


Jadi, jika ibu sampai usia kehamilan 2 bulan atau bahkan lebih masih mengalami flek, sebaiknya ibu istirahat total beberapa hari. Jika diperlukan, konsultasi dengan dokter dan mintalah untuk dilakukan pemeriksaan USG Transvaginal agar jelas apa penyebab flek yang ibu alami.

No comments:

Post a Comment