Thursday, August 25, 2016

Info Ibu Hamil Tentang Bahaya Penggunaan Beberapa Jenis Kosmetik

Banyak yang bertanya apakah saat hamil boleh menggunakan makeup atau kosmetik. Sebenarnya boleh-boleh saja asal bukan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.



Sayangnya kebanyakan kosmetik itu mengandung bahan kimia. Meskipun kadarnya sedikit atau bahan kimianya tidak begitu berbahaya, tetap saja ada potensi menimbulkan hal buruk bagi ibu ataupun janin di dalam kandungan.

Lalu, bagaimana ibu bisa tetap tampil cantik jika tidak boleh menggunakan makeup saat hamil?
Tentang saja. Ada info ibu hamil tentang kandungan berbahaya dalam kosmetik yang harus dihindari. Selain kandungan tersebut, ibu bisa bebas menggunakannya.

Terlepas dari itu, ada beberapa catatan tentang bahan kimia yang wajib dihindari. Hal ini disebabkan bahan kimia ini banyak ditemukan di dalam kosmetik dan berisiko sekali terhadap perkembangan janin.

Yang pertama adalah kandungan berupa paraben. Ibu tahu apa itu paraben? Lebih mudahnya ini disebut sebagai bahan pengawet. Bahan ini digunakan agar sebuah produk kosmetik tidak mudah rusak. Kabarnya, paraben ini digunakan agar sebuah kosmetik tidak ditumbuhi jamur.

Sayangnya, paraben hampir ada di berbagai jenis kosmetik, terutama lipstik. Jadi, perhatikan dulu bahan yang digunakan untuk membuat lipstik yang ibu pilih dan pastikan tidak mengandung paraben.

Mungkin akan lebih baik jika ibu menggantinya dengan pelembab bibir saja. Produk semacam ini bisa dijadikan sebagai produk alternatif yang jauh lebih aman bagi seorang ibu hamil.

Selain paraben, kandungan dalam kosmetik yang tak kalah berbahaya adalah vitamin K. kandungan ini banyak ditemukan pada produk berupa bedak. Menurut penelitian, vitamin K inilah yang berperan dalam memutihkan kulit wajah.

Sayangnya kelebihan vitamin K ini bisa berpotensi membuat bayi lahir dalam keadaan cacat. Meskipun banyak informasi ibu hamil yang menjelaskan manfaat dari vitamin K ini untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan, tetap saja tidak baik jika kelebihan.

Kebanyakan ibu hamil akan menemukan kulit wajahnya sedikit lebih hitam. Hal in sangat wajar dan ibu pun mungkin akan mengalaminya.

Akan tetapi, jangan terburu-buru mengaplikasikan bedak atau lightening cream yang bisa mencerahkan kulit wajah. Biarkan saja karena kulit wajah ibu akan kembali putih dan bersinar kembali jika bayi sudah lahir.

Karena kebanyakan kosmetik mengandung bahan kimia yang berbahaya, kebanyakan dokter kandungan melarang ibu hamil menggunakan makeup. Kalaupun diharuskan berpenampilan menarik dengan cara memakai makeup, setidkanya penggunaannya tidak berlebihan. Cukup menggunakan krim pelembab dan lipstik untuk melembabkan bibir agar tidak kering.

Bukankah ada alternatif lain agar tampil cantik tanpa makeup? Tentu saja ada. Dan justru kehamilan merupakan saat yang tepat untuk mempercantik diri tanpa harus menggunakan makeup yang cenderung mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Ibu bisa baca info tentang ibu hamil entah di forum atau di situs tentang kesehatan kehamilan. Di sana ada banyak informasi tentang makanan yang sehat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ibu serta bayi dalam kandungan.

Dan makanan seperti itu pula yang secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan kulit wajah ibu.

Jadi, selama 9 bulan masa kehamilan, ibu akan melakukan testing bagaimana mengkonsumsi makanan yang sehat akan membuat tubuh ibu semakin sehat dan kulit semakin cerah. Ibu akan mendapatkan kecantikan dari dalam, bukan karena makeup.


Ibu bisa mulai mengumpulkan informasi seputar ibu hamil tentang makanan yang baik untuk kesehatan serta kecantikan selama mengandung.

No comments:

Post a Comment