Monday, August 22, 2016

Info Ibu Hamil tentang Kebenaran Mitos Mengkonsumsi Buah Semangka

Tidak semua mitos itu salah. Dulu memang orang tidak mengerti kebenaran yang ilmiah. Mereka meyakini saja. Dan orang modern saat ini menganggap hal tersebut sebagai mitos.



Ternyata ada juga mitos yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Dan info ibu hamil tentang larangan mengkonsumsi buah semangka sekarang bisa dijelaskan oleh pakar ilmu kesehatan atau gizi ibu hamil.

Berikut ini penjelasan mengapa buah semangka sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil.

Bahaya yang Mungkin Terjadi
Siapapun pasti ingin sekali mengkonsumsi buah yang segar di siang yang panas. Apalagi ibu yang sedang hamil. Ibu pasti mudah sekali merasa gerah sehingga membutuhkan makanan yang segar.

Salah satu buah yang menyegarkan tentu saja buah semangka. Selain manis, kandungan airnya pun sangat banyak sehingga menyegarkan di mulut, tenggorokan dan perut.

Sayangnya, sudah banyak yang membahas tentang bahaya semangka di berbagai forum ibu hamil. Salah satu bahaya yang bisa terjadi adalah hyperkalemia.

Ini merupakan keadaan di mana kadar potassium atau kalium di dalam tubuh terlalu banyak. Dan hal ini bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi semangka.

Apa yang terjadi jika terlalu banyak kadar potassium atau kalium? Salah satunya adalah detak jantung tidak beraturan. Hal ini akan semakin buruk jika ibu hamil pernah memiliki riwayat gangguan kardiovaskular.

Lebih dari itu, ternyata terlalu banyak mengkonsumsi semangka bisa mengakibatkan gangguan pada ginjal. Saat hamil, ginjal bekerja lebih keras. Dan ginjal akan bekerja lebih keras lagi jika ibu mengkonsumsi semangka. Dan jika kerja ginjak terforsir, bukan tidak mungkin seorang ibu hamil akan mengalami masalah pada ginjalnya.

Yang paling sering dialami oleh ibu hamil ketika mengkonsumsi semangka adalah darah rendah. Kepala menjadi pusing dan badan terasa tidak bertenaga menjadi salah satu gejalanya.

Hal-hal tersebut hanya sebuah kemungkinan. Namun, tidak semua ibu hamil akan mengalami hal buruk tersebut ketika mengkonsumsi buah semangka. Asalkan buah yang satu ini dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, efek samping tersebut bisa dihindari dan manfaat bisa langsung dirasalkan.

Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil
Selain ada bahaya atau efek samping yang bisa terjadi saat seorang ibu hamil mengkonsumsi buah semangka, ada juga manfaat yang bisa ibu dapatkan. Kuncinya hanya saja. Jangan berlebihan mengkonsumsi buah yang satu ini.

Salah satu manfaatnya adalah meredakan morning sickness. Setiap kali ibu merasa mual dan muntah khususnya di pagi atau di malam hari, ibu bisa makan buah semangka. Maka rasa mual dan muntah akan berkurang.

Lebih dari itu, semangka juga bisa meringankan heartburn. Ini merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu yang masa kehamilannya sudah mencapai trimester ketiga. Siap sedia selalu buah semangka yang segar ketika merasa heartburn.

Seorang ibu hamil juga membutuhkan air yang banyak. Tentu lebih menyegarkan mengkonsumsi buah semangka daripada air putih. Karena buah semangka manis dan juga mengandung banyak air.

Itulah beberapa hal yang harus ibu pahami tentang mitos bahaya mengkonsumsi buah semangka saat hamil.

Apakah tidak boleh makan buah semangka bagi ibu hamil? Boleh asalkan dalam kadar yang cukup, tidak berlebihan. Jadi, bahaya bisa dicegah dan manfaat bisa ibu dapatkan.


Semoga informasi ibu hamil yang satu ini bisa membuat ibu lebih obyektif menanggapi mitos kesehatan ibu hamil yang beredar di masyarakat.

No comments:

Post a Comment