Friday, August 12, 2016

Sepele, Tapi Urusan Kesehatan Wanita Hamil Ini Menentukan Normal atau Tidaknya Bayi dalam Kandungan

kesehatan wanita hamil
Ibu dan Balita

Kesehatan wanita hamil adalah segalanya bagi janin. Karena normal tidaknya bayi yang akan ibu lahirkan tergantung pada ibu sendiri. Kelainan yang terjadi pada bayi paling banyak diakibatkan oleh tidak sehatnya ibu saat hamil.


Untuk itu, ibu harus menjaga kesehatan. Selain bernutrisi, makanan dan minuman yang ibu konsumsi harus menyehatkan. Selain asupan gizi dan nutrisi pola hidup juga perlu diperhatikan.

Bagaimana sebaiknya?

Untuk tetap sehat, ibu perlu menjaga 3 hal berikut ini;

Pertama, jagalah kebersihan. Sangat penting bagi ibu untuk menjaga kebersihan. Rajinlah membersihkan diri. Bersihkan diri ibudari bermacam-macam bakteri terutama yang berada di kuku. Potonglah dengan teratur kuku-kuku ibu dan cucilah tangan setelah melalukan aktifitas. 

Kedua, lakukan olahraga teratur. Olahraga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil muda. Tetapi jangan lakukan olahraga yang membahayakan janin. Perbanyaklah olahraga yang berfungsi untuk mengendurkan otot-otot syaraf yang tegang seperti yoga dan pernafasan. Olahraga ini membantu ibu agar emosinya stabil. Karena ibu hamil cenderung emosional dan hal itu tidak baik untuk perkembangan psikologi janin.

Ketiga, menjaga ketenangan. Perubahan yang terjadi terhadap ibu hamil biasanya sering membuatnya mudah panik. Terlebih bagi ibu yang baru pertama kali hamil. Oleh karena itu, sebaiknya ibu selalu berusaha untuk tetap tenang dalam situasi dan kondisi apapun. Jika terjadi sesuatu yang menghawatirkan sebaiknya ibu segera periksa ke dokter.

Keempat, kurangi hubungan suami istri. Terutama di trimester pertama (3 bulan pertama). Selama trimester pertama rahim tidak boleh berkontraksi. Jika terjadi kontraksi maka beresiko keguguran. Jika bersenggama besar kemungkinan akan terjadi kontraksi.

Selain ketiga tips di atas, ibu juga harus mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Nutrisi selain penting untuk kesehatan ibu juga sangat penting untuk perkembangan janin. Yang harus ibu perhatikan adalah:

1. Zat besi dan protein yang cukup
Zat besi sangat penting untuk menjaga tubuh ibuagar tidak mudah lelah dan mengurangi rasa mual. Sedangkan protein sangat penting untuk membantu janin berkembang dengan baik. Ibubisa menemukan kedua zat tersebut dalam sayuran hijau dan susu.

2. Asam folat yang tinggi
Asam folat ini dibutuhkan untuk janin agar tetap sehat dan tumbuh dengan sempurna. Fungsi asam folat adalah untuk membantu sel agar mudah membelah diri. Nah jika sel tidak bisa membelah dengan baik, besar kemungkinan janin akan terlahir cacat. Asam folat ini banyak terkandung dalam sayuran hijau juga dalam buah alpukat.

3. Vitamin lainnya
Selain ketiga zat di atas, sebaiknya ibu juga mengkonsumsi berbagai buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin lengkap. Seperti vitamin C, B12, B6 dan berbagai vitamin lainnya. Selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil, vitamin ini berguna untuk perkembangan kecerdasan dan kesehatan janin.

Selain itu, ibujuga sebaiknya menghindari hal-hal yang membahayakan kesehatan ibu dan janinnya, seperti:

Minuman beralkohol. Jangan pernah meminum minuman yang mengandung alkohol. Sebab alkohol bisa menghambat pembelahan sel janin. Sehingga beresiko janin tidak berkembang sempurna.

Makanan junkfood. Ibu juga sebaiknya tidak makan makanan junkfood. Karena pengawetnya bisa membuat janin ibuterkena kanker.

Makanan yang mengakibatkan keguguran. Seperti buah durian, nanas, delima dan pepaya muda. 

Sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan kesehatan diri sendiri. Usahakan untuk rutin periksa ke bidan ataupun dokter spesialis agar ibu bisa tahu kondisi sebenarnya. Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan wanita hamil yang bisa ibu lakukan.

No comments:

Post a Comment