Friday, August 12, 2016

Yuk Cari Tahu Sampai Mana Perkembangan Janin yang Ibu Kandung

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Mengetahui perkembangan janin merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi ibu. Terutama bagi mereka yang baru merasakan hamil pertama kali. Mengetahui perkembangannya yang sehat dan selamat menjadi kepuasan tersendiri.



Ibu sebaiknya mengetahui perkembangan janinnya agar bisa lebih tahu bagaimana mendidiknya. Di samping itu akan membuat ibu lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. 

Dan inilah perkembangan bayi dari bulan ke bulan sampai proses kelahirannya yang perlu ibu ketahui:

Bulan pertama, setelah terjadi pembuahan sel telur menjadi seperti bola yang menempel di dinding rahim. Menempelnya sel telur ini biasanya disertai dengan keluarnya bercak darah menyerupai flek. Tetapi hal ini normal dan ibu tidak perlu cemas. Pada bulan ini juga sudah mulai tumbuh jaringan otak dan jantung.

Bulan kedua, pada minggu ke-6 sudah terbentuk tangan, kaki, jantung, ginjal dan limpa. Di minggu berikutnya terbentuk otak dan mata, selanjutnya struktur telinga mata dan mulut. Dan di akhir bulan ini jantung sudah mulai berfungsi disertai terbentuknya paru-paru. Memasuki perkembangan janin 3 bulan ini sebaiknya ibu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi dengan baik. Sehingga bisa membantu memaksimalkan pertumbuhannya.

Bulan ketiga, panjang janin ibu sudah mencapai 5 cm dengan beratnya hampir 14 gram. Wajahnya mulai terbentuk, hidung dan dagu mulai kelihatan, sudah bisa membuka kelopak mata, bibir sudah bisa menghisap, kelamin mulai tumbuh, kaki tangan sudah mulai sempurna, serta kuku sudah mulai tumbuh.

Di masa trimester pertama ini sebaiknya ibu menjaga kesehatan dan jangan terlalu capek. Masa-masa ini sangat rentan keguguran. sehingga ibu juga harus benar-benar memenuhi asupan gizi janin ibu.

Bulan keempat, pada bulan ini perkembangannya sangat cepat. Organ dalamnya mulai terbentuk dan kelihatan kurus karena belum ada lapisan lemak serta sudah keluar bulu-bulu halus.

Bulan kelima, pada perkembangan janin 5 bulan ini panjang janin sudah 13 cm. Sudah mulai memproduksi selaput putih untuk melindungi tubuhnya. Rambut, alis dan bulu mata sudah mulai tumbuh. Dan indranya mulai berkembang.

Bulan keenam, sistem pencernaan dan kekebalan tubuhnya sudah membaik. Janin sudah mulai kencing. Pada bulan ini juga janin sudah bisa mengontrol tubuhnya. Ibu sudah bisa merasakan gerakannya. Di bulan ini sebaiknya ibu mulai mendengarkan alunan musik untuk merangsang sistem sarafnya.

Bulan ketujuh, panjangnya sudah mencapai 38 cm dan beratnya sudah 1.250 gram. Di usia ini si kecil sudah bisa berkedip, posisi kepala sudah mulai di bawah dan semua organ tubuhnya mulai sempurna. Pada bulan ini sebaiknya ibu memeriksakan paling tidak satu kali untuk memastikan kondisi si kecil.

Bulan kedelapan, perkembangan janin dalam perut pada bulan ini posisi kepala bayi sudah berada dibawah seperti siap dilahirkan. Tetapi posisinya bisa berubah kapan saja. Gerakannya mulai mantap dan sudah bisa merasakan manis, asam.

Bulan kesembilan, semua organ tubuhnya sudah betul-betul sempurna dan siap lahir sewaktu-waktu. Setiap minggunya berat badannya normalnya akan bertambah 225 gram. Lapisan lemak sudah berkembang sehingga membuatnya kelihatan berisi. 

Setelah itu ibu tinggal menunggu buah hati lahir ke dunia dengan sehat dan selamat. Selama masa perkembangan janin, ibu harus tetap memperhatikan asupan gizi dan nutrisinya. Usahakan untuk minum susu secara teratur untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi ibu. Terpenuhinya nutrisi selama masa perkembangan janin sangat berpengaruh terhadap kesempurnaannya lahir dan batin.


No comments:

Post a Comment