Tuesday, August 16, 2016

Tips Ibu Hamil Muda yang Pulang Pergi Kerja Menggunakan Motor

tips ibu hamil muda
Ibu dan Balita

Sebenarnya pertanyaan yang ditanyakan oleh kebanyakan wanita adalah apakah boleh naik motor ketika mereka hamil.



Mungkin pertanyaan ini juga ibu tanyakan. Apalagi jika selama ini ibu harus pulang pergi kerja dengan menggunakan motor, bukan mobil atau kendaraan umum. Tentu saja banyak alasan kenapa memilih membawa motor sendiri. Mungkin tempat kerja ibu jauh dan jalan menuju ke tempat kerja ibu sering macet sehingga lebih efisien menggunakan motor.

Nah, apakah boleh ibu menggunakan motor padahal sedang hamil muda?

Jawabannya boleh-boleh saja asalkan ibu perhatikan tips ibu hamil muda. Kenapa tips berikut ini penting? Karena tips ini akan menjelaskan bagaimana agar ibu tidak membahayakan kesehatan ibu dan terutama janin yang ibu kandung walaupun pulang pergi kerja dengan menggunakan motor.

Ibu harus tahu usia kandungan muda sangat rentan terhadap keguguran. Goncangan kecil saja bisa membuat bayi mengalami keguguran.

Berikut ini tips kehamilan muda yang bisa ibu terapkan agar ibu tetap tenang dan tidak perlu khawatir jika harus pulang pergi kerja menggunakan motor.

Kondisi Motor
Yang paling utama tentu saja kondisi motor harus dipastikan baik. Kenapa? Karena jika kondisi motor baik, ibu tidak terlalu sulit untuk mengontrol dan mengendarai motor tersebut.

Lain hal jika kondisi motor kurang bagus atau istilahnya kurang sehat. Ibu akan kesulitan dan harus mengeluarkan lebih banyak tenaga untuk mengendarai motor tersebut.

Selain itu, ibu juga sebaiknya meminta tolong ke suami ibu agar men service shock breaker motor. Biasanya kalau motor yang masih baru shock breaker nya masih empuk. Namun, jika motor ibu sudah tidak baru lagi, sebaiknya ibu meminta suami ibu untuk membawa motor ke bengkel agar shock breaker di setting ulang sehingga empuk.

Hal ini diperlukan untuk meminimalisir goncangan yang terjadi ketika ibu mengenderai motor. Meskipun demikian, ibu tetap saja harus berhati-hati ketika mengendarai motor di jalan, terutama jika jalannya tidak begitu halus.

Tambahan Pengaman
Standar pengaman ketika menggunakan kendaraan bermotor adalah helm. Namun, karena ibu sedang hamil, ibu harus menerapkan tips hamil muda yang satu ini, yaitu menggunakan pengaman tambahan.

Salah satu pengaman tambahan adalah sabuk penopang kehamilan. Silakan ibu browsing saja seperti apa sabuk penopang kehamilan.

Selain itu, ibu juga sepertinya perlu mengenakan jaket yang tebal. Hal ini diperlukan agar tubuh ibu tidak terkena angin atau terik sinar matahari. Karena angin (terutama angin malam) dan juga terik sinar matahari akan membuat ibu mudah sakit.

Usahakan agar ibu tidak menggunakan sandal atau sepatu dengan heel yang tinggi. Dikhawatirkan jika ibu berhenti mendadak dan jatuh karena heel yang ibu kenakan membuat ibu tidak balance saat berhenti.

Sekarang ibu bisa lega dan tidak was-was lagi ketika pulang pergi kerja dengan menggunakan motor.

Meskipun demikian, sangat disarankan agar ibu menggunakan kendaraan roda empat saja.  Setidaknya sampai usia kehamilan melewati trimester pertama. Ibu bisa gunakan kendaraan umum jika tidak memiliki mobil.

Bekerja dan menitih karir memang sangat baik. Apalagi jika ibu memang berhasrat untuk mendapatkan karir yang baik.

Namun, bukan berarti cita-cita ibu tersebut membuat janin berkembang kurang baik, bukan? Oleh sebab itu, ibu tidak harus berhenti bekerja, namun hanya perlu mencari solusi bagaimana pekerjaan ibu tidak membahayakan perkembangan janin.


Jika ibu harus menggunakan motor ketika pulang dan pergi kerja, terapkan tips untuk kehamilan muda tersebut di atas.

No comments:

Post a Comment