Monday, June 27, 2016

3 Tanda Awal Kehamilan yang Kadang Mengganggu Aktivitas Sehari-Hari

Apa saja yang Anda ketahui tentang tanda-tanda kehamilan? Kebanyakan wanita mengenali tanda kehamilan seperti telat datang bulan. Setiap kali seorang istri telat datang bulan, ia akan langsung kontrol kesehatan ke dokter kandungan. Pemeriksaan USG diperlukan untuk memastikan apakah ia memang hamil atau siklus menstruasi yang tidak normal.



Namun, tidak itu saja yang menjadi tanda kehamilan. Sebelum Anda pergi ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG, sebaiknya Anda ketahui dulu tanda awal kehamilan lainnya.

Ada tanda kehamilan yang biasa-biasa saja. Namun, tiga tanda berikut ini merupakan tanda kehamilan yang mungkin akan membuat aktivitas keseharian Anda terganggu.

Mudah Lelah
Tahukah Anda wanita hamil itu mudah sekali lelah? Ini yang dirasakan pada saat awal-awal kehamilan.

Anda mungkin mengira jika mudah lelah hanya dirasakan oleh wanita yang masa kehamilannya sudah mencapai trimester kedua atau ketiga. Karena pada saat itu, ukuran perut membesar dan janin semakin berat.

Namun, mudah lelah sudah mulai dirasakan saat awal kehamilan. Hal ini bukan disebabkan karena sudah adanya calon janin di dalam kandungan. Karena jika dilihat dari bentuk perut, pasti belum ada yang berbeda pada saat awal kehamilan.

Mudah merasa lelah ini lebih disebabkan karena meningkatkan hormone progesterone. Hormone ini diproduksi lebih banyak saat ada calon janin di dalam rahim. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Meningkatnya hormone ini sangat wajar karena memang dibutuhkan untuk calon janin.

Yang perlu Anda lakukan hanya mengantisipasi agar kegiatan sehari-hari Anda tidak kacau. Anda perlu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung energi. Atur waktu sebaik mungkin agar Anda bisa istirahat yang cukup setiap hari.

Susah BAB
Susah BAB atau konstipasi juga dipengaruhi oleh meningkatnya produksi hormone progesterone di dalam tubuh. Ini juga salah satu tanda kehamilan yang sering membuat kegiatan Anda berantakan.

Susah BAB tentu akan berpengeruh terhadap stamina dan kesehatan tubuh Anda. Jika tanda kehamilan ini muncul, Anda bisa melakukan antisipasi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, makan buah yang mengandung air, dan minum air putih yang banyak.

Mudah Marah
Apakah Anda tipe wanita pemarah? Jika tidak, maka Anda harus siap dengan perubahan yang mungkin terjadi sebagai tanda kehamilan.

Tanda awal wanita hamil itu mudah marah. Ini sering disebut dengan istilah mood swing. Ini adalah kondisi di mana Anda mudah sekali marah dan mungkin kemarahan tersebut tidak disebabkan permasalahn yang besar.

Jika hal ini terjadi, mintalah orang di sekitar Anda untuk bersabar, terutama suami. Karena mood swing ini bukan kehendak Anda sendiri. Produksi hormone meningkat, kelelahan, dan ditambah lagi stress karena pekerjaan setiap hari membuat siapapun akan mudah marah.

Kenali dulu tanda-tanda awal kehamilan. Baru kemudian Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan apakah Anda benar-benar hamil atau tidak.

Jika ternyata Anda positif hamil, maka ada tantangan lagi ke depan. Anda selama 9 bulan penuh harus menjaga perkembangan janin di dalam kandungan. Lupakan begadang. Hindari makan makanan yang tidak sehat. Ganti minuman setiap hari dengan susu ibu hamil. Karena dengan cara itulah Anda bisa menjadi calon ibu yang baik.

Menjaga perkembangan janin di dalam kandungan sebenarnya tidak sulit. Cukup dengan berhati-hati saat beraktivitas setiap hari dan selalu menerapkan gaya hidup yang sehat. Itu kuncinya.


No comments:

Post a Comment