Tuesday, June 21, 2016

Bener Gak Sih Soda Berpengaruh Buruk Terhadap Perkembangan Janin?

Banyak sekali artikel yang menjelaskan tentang minuman apa saja yang berpengaruh kurang baik terhadap perkembangan janin. Salah satunya adalah minuman bersoda. Apakah ini fakta ilmiah atau mitos belaka?



Sebenarnya soda memang kurang bagus untuk kesehatan. Hanya saja, terlalu berlebihan jika dikatakan minuman bersoda bisa berakibat sangat buruk untuk perkembangan bayi di dalam kandungan.

Agar ibu semakin yakin, berikut penjelasan selengkapnya.

Ibu Hamil Boleh Minum Soda
Aneh jika ada yang memperbolehkan seorang ibu hamil minum soda. Padahal, memang itu kenyataannya.

Kebanyakan nasehat dari pakar kesehatan atau siapa saja pasti menyarankan agar tidak minum soda selama masa kehamilan. Saking banyaknya informasi tentang hal tersebut, ibu jadi kurang obyektif melihat pemasalahan ini.

Ibu harus tahu kenapa soda itu kurang baik untuk dikonsumsi seorang ibu hamil. Baru kemudian ibu bisa mendapatkan kesimpulan apakah benar soda itu tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kebanyakan minuman bersoda itu dicampur dengan pemanis buatan. Sebenarnya inilah yang paling berbahaya. Mendapatkan asupan berupa pemanis buatan yang terlalu banyak akan meningkatkan resiko diabetes entah pada ibu atau juga janin di dalam kandungan. Jika hal tersebut terjadi, ibu bisa bayangkan sendiri bagaimana perkembangan bayi yang ibu kandung. Sedikit banyak pasti terpengaruh.

Itulah mengapa banyak ahli kesehatan kandungan menyarankan agar sebisa mungkin menghindari minuman bersoda. Padahal bukan menghindari yang perlu dilakukan. Sesekali minum minuman bersoda tentu saja tidak masalah. Yang penting, lebih banyak minum susu dan minuman bergizi lainnya daripada minum soda ya.

Tentu sangat masuk akal jika banyak orang yang melarang ibu hamil minum minuman bersoda. Karena lebih tinggi resiko buruknya daripada resiko baiknya.

Resiko Buruk Ibu Hamil Minum Soda
Telah dijelaskan bawasannya tidak masalah jika ibu minum soda asalkan tidak berlebihan. Tidak berlebihan itu kuncinya.

Hanya saja, jika ibu khawatir, maka sebaiknya ibu tidak perlu minum soda. Ibu bisa tahan dulu keinginan minum soda hingga bayi lahir. Karena resiko janin mengalami obesitas itu ada jika ibu sering minum soda selama masa kehamilan. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana jika bayi dalam kandungan memiliki berat badan di atas normal. Bukan tidak mungkin proses persalinan nanti akan sangat sulit sekali.

Selain itu, minuman bersoda juga akan meningkatkan resiko bayi lahir dalam keadaan prematur. Jika ibu tahu bawasannya kondisi kesehatan bayi lahir dalam keadaan premature itu tidak begitu fit dan rentan sekali terhadap penyakit, ibu pasti tidak mau hal tersebut terjadi.

Jadi, untuk kebaikan perkembangan bayi di dalam kandungan, akan lebih baik jikai bu menghindari mengkonsumsi minuman bersoda. Apalagi masih banyak minuman segar dan sehat yang bisa ibu konsumsi seperti jus buah.

Yang pasti, agar hal buruk tidak dialami oleh janin, ibu harus minum susu ibu hamil setiap hari. Kandungan nutrisinya sangat lengkap dan dibutuhkan oleh janin untuk berkembang.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu lebih obyektif dalam menyikapi larangan minum minuman bersoda bagi ibu hamil. Ibu bisa sesekali saja minum minuman bersoda. Yang penting, ibu tidak pernah lupa minum susu ibu hamil setiap hari.


Menjaga kesehatan janin di dalam kandungan memang penuh pengorbanan. Salah satu bentuk pengorbanan adalah dengan meninggalkan makanan dan minuman tidak sehat namun sangat ibu sukai. Hal tersebut perlu ibu lakukan demi menjaga perkembangan bayi di dalam rahim.

No comments:

Post a Comment