Monday, June 20, 2016

Tiga Hal Ini yang Menentukan Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil
Ibu dan Balita

Apa saja yang menentukan kesehatan wanita hamil? Banyak sekali. Hanya saja, setidaknya tiga hal ini yang paling menentukan bagaimana kondisi kesehatan seorang ibu hamil.


Mungkin tiga hal ini juga harus ibu ingat-ingat saat sedang konsultasi kehamilan entah dengan bidan atau dengan dokter kandungan. Tiga hal ini bisa ibu tanyakan saat melakukan konsultasi. Jika jawaban yang ibu dapatkan bagus, maka ibu tidak perlu mengkhawatirkan kondisi kesehatan kehamilan ibu. Karena sudah dipastikan kesehatan ibu bagus dan janin juga pasti berkembang baik.

Apa saja tiga hal tersebut?

  • Tekanan Darah

Ibu pasti akan dicek tekanan darahnya jika sedang berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. Ibu tahu kenapa?

Karena seorang ibu hamil rentan sekali terhadap tekanan darah yang tinggi. Jika hal tersebut terjadi, maka kesehatan ibu hamil akan memburuk dan imbas juga terhadap perkembangan janin.

Bahkan, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi dan akhirnya diminta untuk melakukan operasi Caesar. Khusus ketika masa persalinan sudah hampir tiba dan tekanan darah tinggi, maka resiko ibu dan janin tidak terselamatkan sangat tinggi jika dilakukan proses persalinan normal.

Oleh sebab itu, sejak masa kehamilan muda, sebaiknya ibu selalu menanyakan bagaimana tekanan darah ibu saat sedang konsultasi kehamilan. Karena tekanan darah yang normal akan sangat menentukan kesehatan ibu selama masa kehamilan.

  • Kondisi Plasenta

Orang Jawa kuno bilang plasenta itu sedulur atau saudara. Mereka menganggap plasenta itu saudaranya janin karena plasenta lah yang menemani janin mulai awal hingga masa persalinan.

Dalam dunia kesehatan, plasenta ini sangat menentukan perkembangan janin di dalam kandungan. Karena melalui plasenta lah semua nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk berkembang didapatkan.

Ada beberapa kondisi di mana plasenta mengalami masalah seperti plasenta yang melekat pada dinding rahim. Yang pasti, setiap kali ibu memeriksakan kondisi kehamilan, ibu harus tanyakan kondisi plasenta.

  • Berat Badan Janin

Mungkin ini yang selalu dilaporkan oleh dokter atau bidan yang ibu pilih untuk konsultasi kehamilan.

Berat badan memang sangat menentukan kondisi kesehatan janin di dalam kandungan. Di satu sisi, berat badan janin juga merupakan refleksi kondisi kesehatan ibu hamil. Karena biasanya berat badan janin tidak normal saat kondisi kesehatan seorang ibu hamil tidak bagus.

Namun ibu tidak perlu khawatir jika berat badan janin dinyatakan di bawah normal. Ibu tidak takut karena ilmu kedokteran sekarang ini sudah sangat canggih. Dengan penangangan khusus dari dokter, berat badan bayi di dalam kandungan akan segera naik.

Tentunya ibu harus mengkonsumsi makan makanan yang bergizi. Makanan tersebut tidak hanya bagus untuk kesehatan ibu hamil tapi juga untuk kesehatan janin di dalam rahim.

Jadi, tiga hal tersebut harus ibu tanyakan setiap kali konsultasi kehamilan. Ibu harus tanyakan jika dokter atau bidan tidak memberikan penjelasan tentang tiga hal tersebut di atas.

Namun, terkadang ibu merasa kesehatan sudah ok tapi ternyata janin di dalam kandungan kurang bagus. Untuk urusan seperti ini, ibu perlu melakukan pemeriksaan USG secara rutin setidaknya satu kali dalam satu bulan. Karena hanya dengan pemeriksaan USG, ibu akan tahu secara lebih jelas bagaimana kondisi janin di dalam kandungan.

Jadi, walaupun kondisi kesehatan ibu hamil bagus, ibu tetap harus melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan. Dan jangan lupa untuk memeriksakan kandungan dengan melakukan tes USG.

No comments:

Post a Comment