Monday, June 13, 2016

Gizi Ibu Hamil Saat Puasa Tercukupi Jika Tahu Bagaimana Caranya

gizi ibu hamil
Ibu dan Balita

Bukan dengan makan banyak saat berbuka atau sahur agar gizi ibu hamil saat puasa tercukupi. Justru cara tersebut bisa membuat ibu tidak bisa menjalankan puasa dengan lancar.



Memang seorang ibu hamil memerlukan gizi yang banyak. Hal tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan memastikan perkembangan janin di dalam kandungan juga lancar. Tapi bukan berarti ibu harus makan banyak ya.

Ibu boleh saja tidak menjalankan puasa karena sedang hamil. Namun, jika ibu kuat dan tidak ingin melewatkan bulan penuh berkah ini, maka ibu bisa saja tetap menjalankan puasa.

Hanya saja, ibu harus tahu bagaimana cara mencukupi nutrisi ibu hamil setiap hari. Bukan membanyak porsi makan saat buka dan sahur tentunya.

Cara Tepat Ibu Hamil Mencukupi Gizi Saat Puasa
Pernah merasakan mual dan muntah saat hamil? Ibu tahu apa penyebabnya? Salah satunya adalah karena kebanyakan makan. Pola makan tidak teratur membuat ibu mudah mual dan muntah selain hal ini disebabkan produksi hormone yang meningkat.

Begitu juga saat puasa. Jika ibu berbuka terlalu banyak, maka ibu akan merasa mual dan muntah. Tidak itu saja. Bisa juga perut menjadi sebah, tubuh menjadi lemas, dan tidak bertenaga.

Lupakan makan terlalu banyak jika ingin memastikan nutrisi ibu hamil terpenuhi. Cara yang paling tepat adalah memilih menu makanan yang bergizi. Karena nutrisi yang dibutuhkan sangat banyak, setiap hari ibu harus siapkan menu berbuka yang bervariasi seperti daging, tempe, dan telur. Jangan lupa juga sayurannya. Karena sayuran mengandung serat yang bisa mencegah konstipasi saat puasa.

Akan tetapi, makanan tersebut jangan langsung di makan saat bedug maghrib tiba ya. Konsumsi dulu menu takjil seperti kurma. Karena ibu sedang hamil, hindari minuman yang manis. Ibu bisa meminum susu ibu hamil.

Mengkonsumsi takjil atau makanan ringan dulu akan membantu sistem pencernaan siap untuk mencerna makanan besar. Ini penting agar sistem pencernaan tidak bermasalah. Setelah shalat maghrib, baru ibu bisa menyantap menu makanan berat.

Saat bersantai setelah shalat tarawih, ibu bisa siapkan cemilan yang sehat seperti kacang lengkap dengan jus buah. Cemilan yang sehat akan membuat tubuh siap untuk berpuasa di siang hari nanti.

Menu makanan berkarbohidrat kompleks juga sangat dianjurkan. Bukan nasi tentunya karena nasi merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks tidak mudah dicerna oleh tubuh sehingga ibu akan merasa kenyang dalam kurun waktu yang lama. Menu makanan seperti ini cocok untuk dijadikan menu santap sahur ibu setiap hari.

Perlukah Olahraga Saat Sedang Puasa?
Saran yang paling sering ibu ketahui agar bisa menjalankan aktivitas saat hamil adalah berolahraga rutin. Tapi bagaimana jika sedang puasa?

Sebaiknya hindari olahraga apalagi olahraga yang berat. Mungkin ibu bisa ganti dengan yoga atau relaksasi di rumah. Cara ini bisa menghilangkan stress sehingga ibu menemukan semangat ibu kembali.

Bukan berarti ibu dilarang berolahraga. Hanya saja dikhawatirkan ibu kehilangan banyak energi sehingga ibu tidak kuat berpuasa satu hari penuh.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu tenang berpuasa tanpa mengkhawatirkan perkembangan janin di dalam kandungan. Jika ibu tahu bagaimana cara yang tepat memenuhi nutrisi ibu hamil saat puasa, tidak ada alasan bagi ibu untuk melewatkan bulan suci yang penuh rahmat ini.


No comments:

Post a Comment