Wednesday, June 15, 2016

Campak Jerman atau Rubella Bukan Hanya Disebabkan Kurangnya Gizi Ibu Hamil

Salah satu penyakit atau gangguan kesehatan yang harus benar-benar diantisipasi oleh seorang ibu hamil adalah campak Jerman atau Rubella. Harus diantisipasi bukan diobati. Karena biasanya obat tidak bisa menyelamatkan kesehatan bayi. Hanya ada satu jalan, yaitu mengantisipasi.



Sepertinya setiap ibu hamil harus tahu apa itu Rubella dan apa dampak yang ditimbulkan oleh penyakit yang satu ini. Berita buruknya adalah bawasannya penyakit ini tidak hanya cukup diantisipasi dengan cara memastikan gizi ibu hamil tercukupi.

Apa itu Rubella
Satu hal yang harus ibu catat. Rubella merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan bayi dalam kandungan keguguran. Ada juga beberapa kasus di mana bayi yang terkena penyakit ini meninggal saat proses persalinan.

Lalu, apa sebenarnya apa itu Rubella? Ini merupakan penyakit yang diderita oleh ibu hamil yang disebabkan oleh virus. Virus inilah yang bisa menyerang janin dengan cara masuk melalui plasenta.

Yang perlu ibu ketahui adalah bagaimana mengetahui apakah ibu terserang virus Rubella atau tidak. Ada beberapa gejala yang bisa dilihat secara mudah seperti bintik-bintik merah di sekujur tubuh serta rasa gatal. Sayangnya, rasa gatal tidak terlalu ibu rasakan. Namun, jika muncul bintik-bintik merah yang sedikit menimbulkan gatal, ibu perlu segera konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan.

Biasanya, gejala penyakit yang satu ini muncul pada saat kehamilan muda. Itulah mengapa seorang ibu hamil harus mendapatkan asupan nutrisi ibu hamil yang cukup. Hal ini diperlukan untuk memastikan kesehatan ibu baik dan perkembangan janin tidak terganggu.

Sayangnya, gizi untuk ibu hamil saja tidak cukup untuk mengantisipasi masalah ini. Jika sudah terlihat sedikit gejala Rubella, maka diperlukan penangangan khusus.

Cara Mencegah Rubella
Virus ini jika sudah menyerang bayi di dalam kandungan akan berakibat sangat fatal. Virus ini pertama kali akan menyerang indera penglihatan bayi. Dokter kandungan biasanya menyarankan agar bayi yang ada di dalam kandungan digugurkan saja jika ada seorang ibu yang sudah positif terserang virus ini.

Lebih parah lagi, bayi bisa mengalami perkembangan yang lambat atau bahkan tidak berkembang dan akhirnya meninggal di dalam kandungan.

Itulah mengapa penting sekali mencegah penyakit Rubella ini. Caranya, setiap ibu hamil harus memeriksakan kesehatan ke klinik atau rumah sakit untuk memastikan ada potensi terserang virus rubella ini atau tidak.

Petugas kesehatan akan menyuntikkan vaksin virus ini jika memang ada resiko di mana ibu terserang rubella. Vaksin ini akan mencegah virus berkembang dan akhirnya berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

Akan tetapi, vaksinasi saja tidak cukup. Karena yang menyerang adalah virus, maka ibu perlu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi untuk ibu hamil, ibu sudah memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nutrisi ibu hamil bisa didapatkan dari makanan seperti buah segar, sayuran hijau, daging, kacang-kacangan, dan laini-lain. Agar nutrisi harian ibu hamil dipastikan tercukupi, jangan lupa ibu mengkonsumsi susu ibu hamil setiap hari.


Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Agar ibu bisa menjalani proses kehamilan dengan baik dan janin bisa berkembang normal hingga masa persalinan tiba nanti, ibu harus tahu cara mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi. Memeriksakan kesehatan kehamilan secara berkala dan mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung gizi untuk ibu hamil menjadi hal wajib yang harus ibu lakukan.

No comments:

Post a Comment