Tuesday, June 14, 2016

Gizi Ibu Hamil Inilah yang Membuat Nyaman Menjalani Masa Kehamilan

gizi ibu hamil
Ibu dan Balita

Yang terpenting saat seseorang wanita menjalani masa kehamilan adalah rasa nyaman. Karena menjadi seorang ibu hamil itu menyenangkan dan juga melelahkan. Ada banyak keluhan kesehatan yang akan dialami mulai dari morning sickness hingga konstipasi. Namun, ia juga senang karena akan segera mendapatkan momongan.



Mungkin ibu yang sekarang sedang hamil harus tahu kenapa ibu harus nyaman selama menjalani masa kehamilan. Karena jika ibu merasa nyaman dan senang, maka resiko ada masalah pada kesehatan ibu maupun perkembangan janin berkurang.

Bukan berarti resiko itu tidak ada ya. Tetap saja ada resiko di mana janin bisa mengalami keguguran mungkin karena kekurangan nutrisi. Hanya saja, selama ibu merasa nyaman, maka ibu akan dengan senang hati mengkonsumsi makanan sehingga nutrisi ibu hamil pun akan tercukupi.

Itulah mengapa ibu harus nyaman dulu saat menjalani kehamilan. Lalu apa yang bisa membuat ibu nyaman?

Sistem Pencernaan yang Baik
Kebanyakan masalah atau keluhan kesehatan yang dialami oleh seorang ibu hamil itu berhubungan dengan pencernaan. Lihat saja ketika ibu mulai hamil muda. Apa yang ibu rasakan?

Keluhan pertama kali saat hamil muda yang paling sering dialami oleh wanita hamil adalah morning sickness, yaitu mual dan muntah. Memang masalah ini berkaitan dengan produksi hormone yang meningkat. Akan tetapi, bukan itu saja yang menjadi penyebabnya. Bisa juga dikarenakan adanya sistem pencernaan yang kurang baik.

Belum lagi masalah konstipasi ketika masa kehamilan sudah mencapai dua atau tiga bulan. Seperti yang ibu ketahui, konstipasi disebabkan sistem pencernaan yang tidak bisa bekerja dengan baik.

Oleh sebab itu, cara yang paling tepat untuk mengatasi dan mencegah masalah kesehatan mungkin dialami selama kehamilan adalan dengan cara menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dibutuhkan gizi ibu hamil tertentu untuk memastikan sistem pencernaan baik.

2 Gizi yang Paling Dibutuhkan Agar Sistem Pencernaan Baik
Jika berbicara tentang sistem pencernaan, maka selalu ada keterkaitan dengan dua nutrisi ini. Yang pertama adalah serat. Sudah bukan rahasia lagi jika serat itu sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Sayangnya sepertinya tidak mudah untuk mencukupi kebutuhan serat. Di Indonesia banyak sekali makanan yang mengandung serat tinggi. Hanya saja, tidak banyak orang yang sadar untuk mengkonsumsi makanan sehat sehingga kebutuhan serat setiap hari tercukupi.

Bagi ibu hamil, kebutuhan serat jelas lebih banyak. Untuk itu, setiap hari ibu harus pastikan mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi seperti bayam, kangkung, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Gizi untuk ibu hamil yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan lainnya adalah mineral. Jika ibu konsultasi kehamilan dengan bidan atau dengan dokter kandungan, yang paling sering disarankan adalah agar ibu lebih banyak mengkonsumsi air putih. Ternyata, memperbanyak mengkonsumsi air putih tidak hanya agar terhindar dari dehidrasi, tapi juga untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan terutama konstipasi.

Jika tidak ada keluhan berarti yang berkaitan dengan sistem pencernaan, maka ibu akan merasa nyaman selama masa kehamilan. Dan itu bisa ibu dapatkan dengan menembuhi dua gizi penting ibu hamil tersebut.


Dengan rasa nyaman yang ibu rasakan, maka ibu akan dengan senang hati menjalani masa kehamilan. Ibu enak makan, enak tidur, dan enak menjalani aktivitas setiap hari. Dengan gizi kehamilan yang tercukupi, maka ibu akan menjalani masa hamil dengan nyaman seolah tanpa beban.

No comments:

Post a Comment