Tuesday, June 28, 2016

Info Ibu Hamil Tentang Penyebab Hilangnya Nafsu Makan

Seharusnya seorang ibu hamil itu mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Hal ini dibutuhkan untuk memastikan kebutuhan nutrisi ibu hamil terpenuhi.



Bagaimana jika sebaliknya? Justru ibu hamil kehilangan nafsu makan. Tentu saja hal ini bisa berimbas terhadap perkembangan janin yang ia kandung.

Meskipun demikian, kehilangan nafsu makan itu hal yang sangat wajar. Dikatakan wajar karena banyak ibu hamil mengalami hal tersebut. Jadi, jika ibu mengalami kehilangan nafsu makan, ibu tidak perlu khawatir.

Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil Muda
Jika dilihat dari penyebabnya, hilangnya nafsu makan biasanya terjadi saat kehamilan baru masuk beberapa hari atau minggu saja. Salah satu problem yang dihadapi oleh ibu hamil adalah hilangnya nafsu makan.

Padahal, masa kehamilan muda merupakan masa yang paling krusial. Kehamilan muda sangat menentukan perkembangan janin selanjutnya. Karena saat hamil muda, perkembangan janin dimulai terutama perkembangan otak dan juga beberapa organ penting lainnya.

Ibu bisa bayangkan sendiri bagaimana ketika justru nutrisi yang diperlukan untuk perkembangannya tidak terpenuhi lantaran ibu kehilangan nafsu makan. Tentu saja ibu perlu info ibu hamil yang menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah yang satu ini.

Penyebab Ibu Hamil Kehilangan Nafsu Makan
Memang kebanyakan ibu hamil muda yang mengalami masalah kehilangan nafsu makan ini. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua atau ketiga, masalah ini muncul lagi.

Hal ini disebabkan penyebabnya memang hampir sama. Mual dan muntah sering menjadi penyebab utama ibu hamil mogok makan. Ia seolah trauma karena setiap kali makan ia langsung merasa mual. Dan bahkan ia muntah sehingga semua makanan yang ia konsumsi keluar.

Lalu, dari mana bayi di dalam rahim bisa mendapatkan nutrisi jika semua makanan yang dikonsumsi keluar semua? Maka itulah setiap ibu hamil yang mengalami masalah ini harus tahu tips ibu hamil untuk mengembalikan kembali nafsu makannya.

Namun, tidak hanya mual dan muntah saja yang menjadi penyebab kehilangan nafsu makan. Meningkatnya produksi hormon juga ikut menjadi salah satu penyebabnya. Inilah mengapa ibu hamil muda paling sering mengalami masalah kehilangan nafsu makan. Karena saat kehamilan muda, produksi hormon meningkat tajam.

Konstipasi atau susah BAB menjadi penyebab lainnya. Jika ibu merasa susah BAB, segeralah ibu mencari info kehamilan yang bisa mengatasi masalah ini. Karena jika ibu biarkan hal ini berlarut-larut, hal ini bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Biasanya ibu akan disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran hijau. Karena buah dan sayuran kaya akan kandungan serat. Serat akan membuat sistem pencernaan semakin baik sehingga ibu akan segera terhindar dari masalah konstipasi.

Meskipun demikian, masalah konstipasi mungkin tidak dengan mudah hilang. Pasalnya, masalah konstipasi yang dialami oleh seorang ibu hamil tidak hanya disebabkan oleh kekurangan serat saja tapi juga meningkatnya produksi hormon.

Sekarang ibu sudah tahu beberapa info kehamilan seputar penyebab hilangnya nafsu makan. Sekarang ibu tinggal mencari cara agar nafsu makan meningkat kembali.


Yang pasti, ibu membutuhkan banyak nutrisi saat sedang hamil. Nutrisi tersebut dibutuhkan oleh ibu sendiri dan juga janin di dalam kandungan. Oleh sebab itu, ibu harus makan makanan yang banyak. Jika justru ibu kehilangan nafsu makan, ibu harus cari tahu cara mengatasi masalah ini agar perkembangan janin tidak terganggu.

No comments:

Post a Comment