Tuesday, June 21, 2016

Saat Mengandung, Baiknya Memperbanyak Makan atau Minum Susu Ibu Hamil?

susu-ibu-hamil
Friso Indonesia

Pasti ibu senang sekali karena saat ini ibu sedang mengandung bayi. Tapi, ibu harus ingat. Saat hamil, ibu harus memastikan nutrisi ibu hamil tercukupi.



Lalu, kira-kira apa yang harus ibu lakukan? Apakah harus memperbanyak mengkonsumsi makanan atau minum susu?

Nutrisi memang harus tercukupi. Dan saat ibu hamil, itu artinya ibu harus mencukupi nutrisi double, untuk ibu dan janin di dalam kandungan. Kurang tepat jika ibu harus memperbanyak mengkonsumsi makanan atau minum susu.

Bukan Memperbanyak Makan
Agar ibu mendapatkan nutrisi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan,  bukan berarti ibu harus makan makanan yang lebih banyak dari biasanya. Justru ibu disarankan untuk makan dengan jumlah sedikit. Hal ini diperlukan agar ibu tidak mengalami masalah seperti maag, konstipasi, diare, dan lain sebagainya.

Hanya saja frekuensinya saja yang ditambah. Jadi, setiap makan, ibu siapkan saja porsi kecil. Namun, setiap hari ibu perlu makan lebih dari 3 kali.

Selain itu, kunci agar nutrisi ibu hamil tercukupi adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jadi, bukan kuantitasnya tapi kualitasinya. Percuma saja jika ibu mengkonsumsi banyak makanan tapi fast food. Karena itu merupakan jenis makanan yang sangat rendah nutrisinya. Justru lebih banyak lemak dan minyaknya daripada nutrisi yang dibutuhkan seorang ibu hamil seperti protein dan kalsium.

Jadi, yang perlu ibu lakukan hanya menghindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, kurangi porsi makan namun memperbanyak frekuensi makan.

Tidak Perlu Terlalu Banyak Minum Susu
Yang paling penting lagi, ibu harus minum susu ibu hamil. Di dalam susu tersebut, terdapat nutrisi yang ibu butuhkan selama masa kehamilan. Kandungan nutrisinya seimbang dan kadar setiap nutrisi sudah sesuai dengan rekomendasi ahli gizi.

Akan tetapi, bukan berarti ibu harus memperbanyak minum susu ya. Susu untuk ibu hamil hanya perlu dikonsumsi dua kali sehari saja, di pagi dan malam hari.

Terlalu banyak mengkonsumsi susu kehamilan justru akan menimbulkan masalah seperti obesitas pada ibu atau janin. Tentu hal tersebut tidak ingin terjadi pada ibu, bukan?

Untuk memastikan nutrisi ibu hamil tercukupi, ibu hanya perlu minum susu sesuai dengan anjuran. Dan yang pasti, ibu harus rutin mengkonsumsi susu untuk ibu hamil. Ini yang akan menjadi tantangan tersendiri. Karena kebanyakan ibu hamil tidak bisa rutin minum susu. Bahkan ada yang akhirnya berhenti minum susu karena sering mengalami mual.

Ibu mungkin juga mengalami hal tersebut. Hanya saja, ibu harus ingat bawasannya nutrisi yang dibutuhkan setiap hari bisa ibu dapatkan dari susu kehamilan. Jika nutrisi tidak tercukupi, perkembangan janin bisa kurang optimal.

Jadi, yang harus ibu lakukan hanya rutin saja minum susu. Tidak perlu banyak. Sesuaikan dengan yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan.

Menjadi seorang ibu hamil merupakan kenikmatan tersendiri jika ibu tahu bagaimana cara menjalani masa kehamilan dengan baik. Sayangnya banyak ibu hamil yang mengeluh karena cepat lelah, sering mual, sakit kepala, dan lain sebagainya. Itu tandanya nutrisi tidak tercukupi.


Jika ibu ingin sehat selalu dan bisa menjalani kegiatan sehari-hari seperti biasanya, ibu harus makan makanan yang bergizi dan minum susu untuk ibu hamil. Jika perlu, ibu juga imbangi dengan olahraga ringan seperti jalan sehat setiap hari. Hal tersebut sudah cukup untuk memastikan kesehatan ibu terjaga dan janin di dalam kandungan berkembang normal.

No comments:

Post a Comment