Thursday, February 18, 2016

Ketahui Info Ibu Hamil Berikut Jika Berat Badan Justru Turun

info ibu hamil
Ibu dan Balita

Info ibu hamil berikut ini akan menjelaskan kenapa justru pada masa kehamilan, seorang wanita hamil mengalami penurunan berat badan. Apa faktor penyebab turunnya berat badan tersebut? Lalu, apa yang harus ibu lakukan jika hal tersebut terjadi pada ibu?



Penyebab Turunnya Berat Badan Seorang Ibu Hamil
Jika dibuatkan list, maka akan banyak sekali penyebab berat badan ibu hamil turun. Pada info ibu hamil ini, ibu hanya akan mendapatkan faktor paling berpengaruh pada turunnya berat badan wanita hamil.
Depresi menjadi penyebab paling sering dialami oleh ibu hamil. Sayangnya, beberapa ibu hamil yang mengalami depresi tidak diketahui alasannya. Artinya, mereka tidak tahu kenapa mereka depresi padahal mereka menjalani kehidupan seperti biasa-biasa saja. Untuk kasus seperti ini, sebaiknya ibu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan jika depresi sudah mengakibatkan turunnya berat badan.
Namun, da juga kasus depresi saat hamil yang dikarenakan rasa khawatir yang berlebihan. Tidak sedikit wanita hamil yang takut menghadapi persalinan dan takut apakah ia bisa memenuhi kebutuhan finansial sang buah hati nanti. Masalah ini sering dikaitkan dengan kondisi ekonomi. Untuk kasus seperti ini, ibu hanya perlu menghilangkan kecemasan tersebut dengan berlatih memikirkan hal-hal yang positif. Alihkan pikiran negatif tersebut dengan cara membaca hal-hal yang lebih bermanfaat seperti tentang info ibu hamil trimester pertama agar ibu lebih siap dalam menjalani masa kehamilan.
Muntah Setiap Hari
Sebenarnya, muntah merupakan gejala yang umum terjadi pada ibu hamil. Hanya saja, jika ibu muntah hampir setiap hari apalagi semua makanan yang ibu konsumsi langsung ibu keluarkan, bukan tidak mungkin berat badan ibu akan turun drastis, karena tidak ada nutrisi yang diserap oleh tubuh.
Untuk itu, ibu memerlukan tips untuk mengatasi muntah ini. Muntah atau mual saat hamil sering disebut morning sickness. Ini merupakan gejala hormonal yang normal terjadi pada ibu hamil. Untuk itu, tidak ada cara yang bisa mencegah namun kamu bisa mengurangi morning sickness dengan menerapkan beberapa tips. Ibu perlu mencari info ibu hamil untuk mengurangi gejala morning sickness.
Masalah Pada Plasenta
Jika ibu mengalami penurunan berat badan saat hamil, ibu perlu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan untuk memastikan apakah berat badan ibu atau berat badan janin yang turun. Pasalnya, ada kemungkinan janin tidak berkembang sehingga berat badannya tetap dan bahkan turun. Padahal, janin dikatakan sehat jika berat badannya semakin bertambah, bukan? Untuk itulah diperlukan pemeriksaan kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.
Jika ternyata berat badan janin yang turun, maka ibu harus cari penyebabnya. Bisa jadi hal tersebut disebabkan masalah plesenta. Plasenta ini bagian yang sangat penting dalam perkembangan janin dalam kandungan lantaran plasenta merupakan jalan nutrisi untuk janin. Ibu perlu untuk tahu lebih lanjut tentang info ibu hamil khusus tentang kesehatan plasenta.
Akan tetapi, jika ternyata berat badan ibu yang turun sementara janin dalam kandungan memiliki berat badan ideal, maka yang perlu ibu lakukan adalah menambah asupan gizi dengan cara mempersiapkan menu makanan sehat untuk ibu hamil setiap hari. Konsumsilah makanan yang mengandung tinggi protein agar berat badan ibu naik secara signifikan.
Inilah informasi yang perlu ibu ketahui mengenai berat badan ibu hamil. Semoga ibu lebih bisa menjaga kesehatan selama masa kehamilan setelah mengetahui info ibu hamil ini.

No comments:

Post a Comment